KROKOT (Portulaca oleracea), TANAMAN LIAR MEMPUNYAI MANFAAT


Krokot tanaman liar mempunyai manfaat -Krokot (Portulaca oleracea) jenis tanaman banyak dijumpai di daerah beriklim tropis dan daerah memiliki empat musim, salah satunya di Indonesia. jenis krokot hingga 100 spesies.
Krokot tanaman liar mempunyai manfaat
Krokot Tanaman Liar
Krokot merupakan tanaman liar di tempat terbuka yang mempunyai cukup sinar matahari dan sebagai tanaman penggangu (gulma) seperti di pinggiran tepi jalan, sawah, pekarangan , kebun, di dataran tanah tandus atau ditanam sengaja sebagai tanaman sayur. Jenis tanaman ini di perkirakan berasal dari daratan amerika tropis di Brasil yang tumbuh didataran rendah sampai 1800 m dpl.
Ciri-ciri dari tanaman krokot :
Batang : batang tanaman ini berbentuk bulat, lembut berwarna cokelat keunguan panjang 10-50 cm, memiliki rasa asam dan asin,  bertumbuh tegak atau sebagian terletak diatas tanah tanpa mengeluarkan akar.
Daun : daunnya tunggal, tebal, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar dengan warna hijau (daun permukaan atas  berwarna : hijau tua dan daun permukaan bawah berwarna : merah tua).
Bunga : Mahkota daun berjumlah lima, berwarna kuning dan kecil. Bunga ini mekar antara jam 08.00 pagi sampai dengan jam 11.00 dan akan layu di sore hari.
Biji : bijinya banyak dengan warna hitam coklat kilap. Tanaman ini didominasi biji.
Kandungan kimia tanaman ini antara lain : KCl, KSO4, KNO3, tanin, nicotinic acid, saponin, Vitamin A,B,C, dopamin, dopa, noradrenalin, I-noradrenalin.

[ Baca : Manfaat Petai ]

6 MANFAAT TANAMAN KROKOT :
1.  Diare
Ambil tanaman krokot yang masih segar sebanyak 50 gram lalu diuapkan selama 3-5 menit, selanjutnya ditumbuk halus dan diperas diambil airnya kurang lebih 150 cc.
Kemudian diminum 3 kali sehari sebanyak 50 cc sampai sembuh.
2.  Bisul
Menyembuhkan bisul dengan cara minum teh krokot setiap hari sebanyak 1/3 cangkir teh. Minum teh krokot hingga bisul mengempis dan kering atau sampai sembuh.
3.  Jantung Berdebar
Ambil krokot secukupnya atau kurang lebih 4 batang krokot segar lalu digiling dengan menambahkan ½ cangkir air putih matang dan madu satu sendok teh.
Kemudian diambil airnya dengan cara diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau sembuh.
4.  Gugup Dan Gelisah
25 gram krokot segar dikukus sebentar kemudian di tumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya lalu diminum, lakukan hingga gejala gugup dan gelisah berkurang.
5.  Radang Kulit
Ambil Krokot segar secukupnya dicuci bersih, ditumbuk sampai halus tambahkan garam lalu oleskan merata pada bagian yang sakit. Lakukan berulang sampai sembuh.
6.  Radang Gusi
Rebus dengan air 200 gram krokot segar, lalu disaring untuk ambil airnya kemudian tunggu air dingin lalu minum. Lakukan hingga penyakit sembuh.