MANFAAT DAN KANDUNGAN NANGKA

Manfaat Dan Kandungan Nangka-Setiap orang pasti mendambakan hidup sehat,hidup sehat yang diinginkan tidak hanya diperoleh dari berolahraga. Namun asupan makanan yang masuk dalam tubuh turut berperan penting untuk menjaga tubuh kita kebal terhadap penyakit. Dari kesadaran masyarakat ini kemudian memunculkan istilah superfood. 
Superfood maksudnya adalah bahan makanan yang biasanya berasal dari alam yang kaya nutrisi akan tetapi kandungan kalorinya tetap rendah. Salah satu bahan makanan yang termasuk dalam superfood adalah nangka muda. Masyarakat pasti sudah tidak asing dengan bahan makanan yang satu ini. 
Nangka merupakan bahan makanan yang mempunyai rasa dan bau yang khas. Beberapa negara mengkonsumsi bahan makanan ini, diantaranya Indonesia, Srilanka dan Bangladesh. Apabila sudah masak aromanya sungguh harum dan rasanya manis, biasanya digunakan sebagai campuran dalam es, puding maupun kue. Akan tetapi tidak hanya buahnya saja yang enak dikonsumsi, nangka yang masih mudapun lezat untuk diolah menjadi sayur. Diantaranya lodeh, gulai nangka muda dan yang paling terkenal adalah biasanya diolah menjadi gudeg, yang merupakan makanan khas dari yogyakarta.
Manfaat Dan Kandungan Nangka
Nangka
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam nangka diantaranya :
ü  Mengandung banyak energi  karena mengandung gula alami seperti fruktosa dan  sukrosa akan tetapi kalorinya cukup rendah dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
ü  Kesehatan mata dan kulit dapat terpelihara karena didalam nangka juga mengandung vitamin A dan antioksidan.
ü  Tinggi vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih, sehingga tubuh akan lebih kebal dari penyakit.
ü  Nangka mengandung fitonoutrien seperti isoplavon, saponin dan lignan, yang dapat membantu proteksi tubuh untuk melawan tumbuhnya sel kanker.
ü  Tinggi kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
ü  Kandungan serat yang ada dalam nangka merupakan serat yang tidak larut dalam air yang disukai bakteri baik, jenis serat ini dapat membantu memperlancar proses buang air besar.
ü  Zat besi yang terkandung didalamnya juga tinggi sehingga membantu pencegahan anaemia dan membantu peredaran darah dalam  tubuh.
ü  Dapat mengobati asma, namun yang digunakan adalah bagian akarnya.

Perlu diketahui pula bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam nangka tidak hanya ada dalam daging buahnya, daun dan biji nangka pun mempunyai senyawa yang baik yang diperlukan bagi tubuh. 
Ekstrak daun nangka telah dimanfaatkan sebagai obat anti diabetes, serta sebagai obat luka luar. Sedang untuk biji nangka biasanya dipergunakan sebagai obat batuk.
Sungguh luar biasa manfaat yang terkandung di dalam salah satu bahan makanan superfood ini. Meskipun kandungan nutrisinya bagus akan tetapi dianjurkan jangan sampai berlebihan apabila mengkonsumsi nangka yang sudah masak, bagaimanapun konsumsi yang berlebih tidak bagus bagi tubuh karena dapat meningkatkan gas dalam perut.
[ Baca : Manfaat Krokot ]
Demikian Manfaat Dan Kandungan Nangka semoga bermanfaat bagi semua penggemar nangka.