LANGKAH CERDAS INVESTASI PROPERTI

Langkah Cerdas Investasi Properti-Semakin meningkatnya/bertambahnya permintaan kebutuhan permukiman/ bisnis/komersil , investasi properti salah satu incaran user/ investor/ agen untuk memenuhi kebutuhan dan atau menjalankan bisnisnya dewasa ini sehingga tidaklah kaget kalau harga properti yang terus naik melambung tinggi  karena bertambahnya permintaan dan persedian lahan / tanah yang makin berkurang.
Sebelum kita investasi, coba kita ketahui dulu diri kita ingin bertindak sebagai apa :

  •  Membeli properti sama dengan harga pasar (dan atau dibawah pasar, bila beruntung) dengan mengharapkan keuntungan atau appresiasi (kenaikan) properti untuk jangka panjang/ yang akan datang, perilaku ini dilakukan oleh User (pengguna langsung) dan Investor.
  • Membeli properti dibawah pasar dengan mengharapkan keuntungan jangka pendek/ keuntungan dalam waktu dekat, perilaku ini dilakukan oleh Agen/ Broker.
Tentukan dulu sikap anda ? anda ingin bertindak sebagai apa? User / Investor / Agen ??
Nah.., setelah yakin mari kita bahas lebih lanjut lagi. Apa itu properti dan bagaimana tips yang harus kita ketahui agar tidak rugi dikemudian hari. ?
Investasi Properti
Arti kata properti ada 2 :
1.      Personal Property : barang/ aset/ segala sesuatu yang dimiliki seseorang atau badan hukum sah secara hukum, dapat dipindahkan yang tidak melekat pada tanah/ bangunan . Seperti ; mobil, alat berat, mesin, perabotan dll.
2.      Real Property : Tanah dan semua pengembangan diatasnya/tertanam di tanah serta melekat legalitas kepemilikannya yang diakui secara hukum yang berlaku dan tidak dapat dipindahkan. Terkadang tanah dan bangunan disebut dengan Real Estate untuk memperjelas karakteristiknya. Seperti ; Rumah, Gedung, Ruko, Gudang dll.
Anda dihadapkan 2 pilihan lagi, mana yang akan anda pilih? Personal Property  atau Real Property ? yang akan kita bahas disini adalah Real Property.
Apa yang perlu kita perhatikan dan analisa sebelum  membeli Real Properti untuk kebutuhan tempat tinggal atau untuk bisnis kita, jangan terhipnotis penawaran yang manis - manis tapi akan menjebak investasi kita kedepannya.
Faktor-Faktor yang perlu diperhatikan :
1.      LOKASI
Lokasi pertama yang wajib dimiliki properti adalah akses/jalan. Akses/jalan adalah faktor utama yang harus diperhatikan karena letak properti yang semakin strategis semakin cepat pula kenaikan (appresiasi) terhadap properti. Tapi jangan asal ada akses/jalan, kita harus punya standar minimal yaitu akses bisa dilewati mobil jika kita menginginkan apresiasi properti naik terus kedepannya.
Hal lainnya perlu dihindari dan dipertimbangkan : Tempat Pemakaman Umum, Tempat Pembuangan Sampah, SUTET dan hal lainnya yang mengurangi minat perilaku pasar.
2.      LOKASI
Lokasi kedua yang harus dipenuhi adalah mengenai peraturan-pertauran dan rencana/ peruntukan pengembangan kedepan, informasi ini lebih valid kita dapatkan dari Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) setempat. Faktor ini sebelum kita melihat secara detail kondisi/desain bangunan yang dikembangkan diatasnya. Apakah lokasi yang akan kita pilih melanggar peraturan pemerintah atau tidak dan perkembangan kedepan dengan prospek yang menjanjikan atau tidak sehingga dapat mendongrak nilai properti yang akan datang. Misalnya ; peruntukan permukiman dengan kondisi dibangun untuk gudang/pabrik atau sebaliknya.
3.      LOKASI
Lokasi ketiga masih berkaitan dengan info dari DTRK yang telah kita dapatkan, yaitu mengenai bentuk tanah apakah memenuhi persyaratan untuk peraturan-peraturan yang berlaku (KDB,KLH) dan bila ada bangunan apakah bangunan yang dikembangkan diatasnya sudah sesuai peraturan – peraturan yang berlaku. Lebih bagus lagi kalau pengembangannya sudah tertinggi dan terbaik (Higest and Best Use).
4.      LEGALITAS
Faktor legalitas (Sertipikat dan IMB) harus kita cek secara detail baik dikroscekkan secara fisiknya maupun keabsahan surat-suratnya ke pihak terkait.

Menurut saya itu aspek-aspek penting yang harus dipenuhi dahulu, karena aspek tersebut
yang membuat nilai properti optimal terpenuhi.
Setelah aspek diatas terpenuhi baru langkah selanjutnya adalah ;

5.      KONDISI FISIK
Faktor ini lebih berat ke selera masing –masing dan biasanya mengenai bangunan atau yang sudah dikembangkan diatasnya, yaitu ; mengenai desain arsitek/tampilan/facade, denah ruang, bagunan lama atau baru dan seterusnya. Silahkan sesuai selera anda.

6.      HARGA PASAR
Faktor ini merupakan hal final yang perlu kita ketahui secara mendalam, apakah nilai pasar properti tersebut wajar atau tidaknya. Anda boleh mencari informasi sendiri atau dihitung sendiri atau lewat jasa konsultan penilai independen untuk mengetahui nilai pasar properti tersebut.
Karena anda tidak mau kan, kalau properti yang akan kita beli kemahalan, atau anda suka properti tersebut mau harga berapa saja dan tidak menghiraukan harga (diatas/dibawah pasaran) itu hal lain “FAKTOR SUKA”.

[ Baca : Cara Bank Menilai Rumah Untuk KPR ]

Jadi kesimpulan Langkah Cerdas Investasi Properti itu dititikberatkan ke lokasi dahulu lalu lain-lainnya yang harus dipenuhi dan  tidak jauh lebih penting juga.
Demikian uraian saya mengenai tips untuk investasi properti, apabila ada saran dan tambahan saya terima senang hati. Semoga bermanfaat dan sukses.