MANFAAT PETAI


MANFAAT PETAI-Petai merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali dihindari oleh banyak orang. Jangankan menyantapnya dengan mencium baunya saja orang pasti tidak mau mendekat. Karena biasanya setelah menyantap petai bau mulut kita menjadi kurang sedap, meskipun sudah gosok gigi dan banyak minum air putih, tapi tetap saja aromanya masih ada. Belum lagi bila buang air kecil dapat dipastikan mesti banyak-banyak siram karbol pembersih kamar mandi karena bau yang ditimbulkan. Namun dibalik itu semua ternyata petai mempunyai segudang manfaat.

Menurut penelitian para ahli apabila kita mengkonsumsi dua porsi petai akan dapat memberikan tenaga yang memadai untuk menjalani aktifitas berat selama 90 menit. Karena didalam  petai ada kandungan 3 macam gula yang dikombinasikan dengan serat yaitu : sukrosa, fruktosa dan laktosa. Kombinasi  3 jenis gula ini dapat memberi tenaga secara cepat namun cukup lama dan cukup besar efeknya.
Tidak hanya memberikan tenaga / energi namun petai juga mampu mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit. Sehingga tidak heran bila petai dijadikan salah satu alternatif pengobatan.
Petai

Manfaat Petai diantaranya yaitu :
# Mencegah depresi
Banyak orang merasa lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Ini dikarenakan petai mengadung senyawa tryptophan yang didalam tubuh akan diolah menjadi serotonin. Kandungan ini lah yang akan membuat orang menjadi lebih rileks dan bisa memperbaiki mood  sehingga secara umum  dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Selain itu ada juga kandungan vitamin B6 yang mengatur gula darah sehingga dapat membantu mood seseorang.

# Mencegah anemia
Mengapa petai dapat mencegah anemia?didalam petai mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi yang dapat  membantu menstimulasi  produksi sel darah merah. Ini lah yang menyebabkan mengapa apabila kita makan  petai dapat mencegah terjadinya anemia.

# Melancarkan saluran cerna
Seperti halnya jenis makanan buah dan sayur lainnya, petai juga memiliki kandungan serat alami yang tinggi yang akan mempermudah menormalkan kembali sistem pencernaan, membantu  mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ. Selain itu petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi.
Mengatur suhu tubuh
Petai dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh dan tingkat emosional, seperti di Belanda misalnya ibu hamil yang menanti kelahiran anaknya akan mengkonsumsi petai untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu yang rendah. Karena petai sebagai bahan makanan “dingin” yang dianggap mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya.


Tekanan darah tinggi
Menurut penelitian apabila kita mengkonsumsi petai sebagai pendamping makanan sehari-hari akan menurunkan resiko tekanan darah dan terkena stroke sampai 40%. Karena didalam petai  mengandung kalium yang tinggi, tetapi kandungan garam rendah, sehingga sangat baik untuk mencegah tekanan darah. Bahkan di Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai manfaat petai yang dapat menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Seasonal Affective Disorder (SAD) (penyakit emosional yang kacau)
Apabila dibandingkan dengan apel, didalam petai mengandung protein 4 kali lebih banyak, mengandung 2 kali lebih banyak karbohidrat, mengandung fosfor 3 kali lipat lebih banyak, kemudian mempunyai Vitamin A Dan zat besi 5 kali lebih banyak, serta mineral lainnya. Petai juga mempunyai kalium lebih banyak dan merupakan salah satu bahan makanan dengan nilai makanan terbaik.   Begitu banyaknya kandungan baik yang terdapat dalam petai sehingga membuat petai mempunyai julukan “A Petai a day keeps the doctor away” (makan petai tiap hari akan menjauhkan anda dari dokter)

# Meningkatkan Kemampuan Otak
Kandungan kalium yang tinggi yang terdapat di dalam petai dapat membantu siswa belajar semakin waspada dan teliti. Seperti yang dialami oleh 200 siswa di Twickenham (Middlesex) yang mengkonsumsi petai setiap hari pada saat sarapan,istirahat dan makan siang, membuat siswa-siswa tersebut dengan mudah melalui ujian yang dilaksanakan oleh pihak sekolah.

MANFAAT PETAI
Kata Kunci :
  • Manfaat dan Khasiat Sayur Petai/Pete
  • Kegunaan Sayur Petai/Pete
  • Kandungan vitamin Sayur Petai/Pete
  • Manfaat, kegunaan dan khasiat Sayur-sayuran