CARA BENAR MAKAN DAN MINUM

Cara Benar Makan Dan Minum-MENGAPA TIDAK DIPERBOLEHKAN MAKAN SAMBIL BICARA DAN MINUM SAMBIL BERDIRI ?


Masih ingatkah anda..? Waktu kecil orang tua kita selalu mengingatkan, makan tidak boleh sambil berbicara dan minum untuk duduk tidak boleh sambil berdiri atau sambil berlari lari saat bermain.
Pernahkan anda alami ??  karena makan sambil bicara atau minum dalam keadaan tergesa-gesa atau tidak dalam keadaan tenang dan duduk lalu anda “ tersedak atau batuk-batuk “, tersedak dan/atau batuk  itu sebenarnya sudah dingatkan secara langsung oleh mekanisme tubuh kita yang menolak apabila ada benda asing yang masuk atau menyasar ke saluran udara.
Ternyata larangan tersebut tidak hanya mengenai hal kesopanan saja tetapi ada kaitannya dengan kesehatan. Jadi jangan sepelekan larangan orang tua kita itu, anda pasti tahu akibatnya kan? Kalau saluran udara kemasukan benda asing yang tidak kita inginkan.

cara benar makan dan minum

Coba kita ketahui, kenapa ya kok tidak diperbolehkan?
·      MAKAN TIDAK BOLEH BICARA
Dalam leher kita ada dua saluran yang berbeda fungsinya :
1.   Saluran makanan dari mulut yang menuju lambung (Esofagus), atau yang kita ketahui dulu waktu dibangku sekolah Kerongkongan untuk jalur makanan.
2.   Saluran udara dari hidung atau mulut yang menuju ke paru-paru (Trakea), atau yang kita ketahui dulu waktu dibangku sekolah Tenggorokan untuk jalur udara.
Dimana diantara cara kerja kedua saluran tersebut terdapat  semacam katub pengatur atau disebut Epiglotis (jaringan tulang rawan ) yang berada di puncak pernafasan. Dimana katub tersebut bekerja sesuai fungsinya secara otomatis dan akurat menutup trakea (saluran udara) saat kita makan/menelan makanan dan sebaliknya katub tersebut posisi terbuka saat kita bernafas dan/ atau aktivitas berbicara.
Jadi apa yang akan terjadi, apabila katub tersebut yang seharusnya posisi tertutup tetapi yang terjadi malah terbuka saat kita menelan makanan alias aktivitas makan bebarengan dengan aktivitas bicara, akan fatal akibatnya apabila benda asing menyasar masuk ke saluran udara.
Sehingga kita mengalami tersedak atau batuk, karena mekanisme tubuh menolak benda asing yang masuk ke saluran udara.
Jadi saya ingatkan lagi, apa anda ingin buat epiglotis bingung dalam melaksanakan fungsinya yaitu katub posisi terbuka  yang seharusnya posisi tertutup dan membiarkan benda asing belok menyasar ke saluran udara. Jangan makan sambil bicara.
cara benar makan dan minum

·      MINUM  SAMBIL BERDIRI
Pada saat haus melanda maka segera mungkin kita cari air minum untuk meredakan rasa haus tersebut. Tapi kita sering lupa karena haus yang sangat dasyat tersebut kita langsung ambil minum  dan meminumnya dengan posisi berdiri. Tahukah anda “Kenapa Minum Tidak Boleh Sambil Berdiri ?” Mengapa ??

Minum sambil berdiri penyebab gangguan pada ginjal dan saluran air k*ncing. Menurut penjelasan secara medis dimana organ manusia mempunyai filter yang disebut Sfringer yang otomatis bisa menutup dan membuka, dimana filter ini dalam posisi terbuka disaat kita sedang duduk dan posisi tertutup saat kita sedang berdiri. Semua air yang kita minum tersalur ke pos pos filter pada ginjal.

Minum dengan berdiri kondisi filter penyaringan dalam posisi tertutup sehingga air langsung masuk kantong kemih tanpa melalui proses filter, dalam hal ini akan terjadi pengendapan di ureter. Kejadian seperti ini dan terus terjadi akan menyebabkan gangguan ginjal.

Sebaliknya, minum dengan cara duduk kondisi filter penyaringan dalam posisi terbuka sehingga melalui proses dahulu sebelum disalurkan keseluruh organ tubuh lainnya, lalu diolah untuk diteruskan ke kantong kemih. Dengan cara duduk rasa haus segera hilang setelah meminum air.

[ Baca : Makanan ini dilarang disimpan di kulkas ]

Demikian Cara Benar Makan Dan Minum , semoga bermanfaat.