TEMPAT PALING BASAH DI MUKA BUMI

Tempat paling basah di muka bumiTEMPAT PALING BASAH DI MUKA BUMI-Seperti yang kita ketahui di Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kering atau musim kemarau. Masing-masing memiliki waktu enam bulan. Jadi kita bisa merasakan musim kemarau dan musim hujan. Bahkan di kawasan Eropa bisa merasakan empat musim, musim semi, musim gugur, musim dingin dan musim panas. Lantas pernahkah anda membayangkan bagaimana seandainya jika hidup hanya di satu musim saja sepanjang tahun? ya mungkin anda belum mengetahui bahwa  ada suatu tempat paling basah di muka bumi yang hanya memiliki satu musim saja yaitu musim hujan, tempat itu adalah Waialeale
Jadi sepanjang tahun daerah ini akan selalu basah dan awan akan selalu terlihat mendung. Daerah tersebut ada di Hawai nama daerah tersebut adalah Pulau Waialeale.
Tempat paling basah di muka bumi

Hujan turun sepanjang tahun
Jadi selama satu tahun atau tepatnya 344 hari daerah ini akan selalu diguyur hujan. Awan tebal selalu meliputi daerah ini. Pulau Waialeale akan selalu berselimut kabut.
Hujan yang turun di pulau ini adalah hujan yang sangat deras bukan hanya rintik-rintik.
Tempat yang selalu basah dan licin
Tanah di pulau ini selalu dalam keadaan basah dan pastinya tanah akan Imenjadi licin. Tidak ada yang bisa melewati jalanan yang ada di pulau ini. Jangankan mobil, orang pun tidak akan bisa berjalan kaki melewatinya. Maka dari itu tidak mengherankan jika Pulau Waialeale mendapatkan julukan sebagai tempat terbasah yang ada di muka bumi ini.
Basah tapi haus
Mengapa bisa dikatakan seperti itu?padahal seharusnya daerah yang selalu memdapatkan kucuran air hujan akan memiliki simpanan air tanah yang melimpah. Tetapi jangan salah anggapan tersebut justru keliru, bagi Pulau Waialeale air hujan yang turun dari langit akan langsung menuju ke laut. Jadi tidak akan ada mata air atau sungai yang mengalir di pulau ini. Jika orang berada di pulau ini bisa mengalami dehidrasi karena tidak terdapat mata air. Pulau Waialeale merupakan sebuah pulau kecil yang meliputi pegunungan yang lumayan curam. Sehingga mengakibatkan air hujan yang turun di pulau ini akan menjadi air terjun di sekitaran punggung pegunungan. Air hujan yang turun di pulau ini juga akan menyebabkan erosi. Erosi tersebut justru akan menghasilkan tebing-tebing curam yang indah di pandang mata.
Tidak berpenghuni
Namun pulau Waialeale sangat sulit untuk dikunjungi karena kondisi jalan yang licin dan banyak tebing-tebing yang curam. Sehingga menjadikannya sulit untuk dilewati. Juga tidak ada orang yang mau menghuni pulau ini, karena tidak ada mata air maupun sungai yang mengalir.
Akan tetapi karena keunikan dan keindahannya, pulau ini sempat dijadikan lokasi pembuatan film Jurassic Park. Film mengenai hewan-hewan purba ini mengambil pulau Waialeale sebagai tempat pembuatan film karena menganggap pulau ini sangat cocok apabila dihuni oleh dinosaurus dan teman-temannya.

Jadi sekarang anda tahu TEMPAT PALING BASAH DI MUKA BUMI , bahwa ada tempat yang sangat basah dan licin sepanjang tahun.

Kata Kunci :

  • Tempat terbasah di bumi
  • Tempat paling basah di dunia