RAMBU DAN RUMUSNYA B4HASA GAUL

Rambu dan rumusnya bahasa gaul
RAMBU DAN RUMUSNYA B4HASA GAUL-Beda zaman beda bahasa gaul, coba bisa anda tanyakan zaman ayah dan ibu kita, zamannya mereka sebenarnya juga sudah ada bahasa gaul.
Sebenarnya sekitar awal tahun 1970-an bahasa gaul sudah menjadi bahasa komunikasi kelompok tertentu untuk membicarakan hal-hal yang sifatnya rahasia. Namun karena seringnya bahasa gaul digunakan, orang lain jadi tahu artinya, sampai parahnya dipakai bahasa pergaulan sehari – hari anak –anak muda tanpa memperhatikan rambu dan rumusnya bahasa gaul.

Kalau Nggak mengerti rambu dan rumusnya bahasa gaul? Boleh nggak, sih? Boleh saja kita nggak harus ngerti bahasa gaul, namanya saja bahasa gaul, tentu hanya digunakan dalam pergaulan.
Tapi pernahkah anda mendapat pesan / sms dan kalimatnya campur aduk sampai mengernyitkan dahi membaca sms tersebut ?  Pasti anda akan kelimpungan menerjemahkan artinya ketika sms atau pesan yang dikirimkan dari anak-anak  muda zaman sekarang. Contoh sms anaknya ke papanya : “ P4h…Q  pUL  t6L4T...Y .. “ , papanya membaca sambil geleng-geleng kepalanya, pusing nggak mengerti artinya.

Tapi bagi kita yang tidak menguasai  bahasa gaul, kita punya bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Selama kita bisa bahasa Indonesia, jangan malu menggunakannya biarpun dianggap kuno karena tidak bisa bahasa gaul. Namun tidak ada salahnya, bila kita mengetahui bahasa gaul dan memakainya untuk ngobrol sama teman - teman  dalam situasi santai dan main-main.

Kepopuleran bahasa gaul, tentu tidak lepas dari pengaruh perkembangan tehnologi saat ini. Bahasa gaul  makin cepat berkembang biak di dunia maya lewat internet atau lewat handphone, yang mengekspresikan bahasa mereka lewat sms atau status akun tertentu.

Sah – sah saja kita gunakan bahasa gaul, tapi kita harus perhatikan rambu-rambu dalam penggunaanya. Seperti kita rumuskan  berikut  5W+1H :

  • WHAT
Jangan asal gunakan bahasa gaul, dimana artinya kita sendiri tidak tahu. Jangan sampai Sok Gaul , tapi malah salah ngomong.

  • WHO
Perhatikan, dengan siapa kita berbicara. Kalau sama teman akrab, mungkin masih wajar dan boleh gunakan bahasa gaul. Tetapi berbicara dengan guru atau orang tua, sebaiknya kita gunakan bahasa resmi.

  • WHEN
Kapan ?, kapan kita gunakan bahasa gaul, kalau waktu kumpul sama temen akrab sih nggak jadi masalah, yang akan jadi masalah kita gunakan bahasa gaul waktu acara resmi.
Bayangkan kalau kita gunakan bahasa gaul untuk menulis surat lamaran kerja, kacau deh.

  • WHERE
Dimana? Sebaiknya kita gunakan bahasa resmi saja saat kita di kampus atau di sekolah, mari kita mulai gunakan bahasa resmi.

  • WHY
Kenapa ?, Mengapa?..tidak usah malu tidak bisa bahasa gaul. Sesekali digunakan nggak apa-apa, sejauh kita merasa nyaman.
Tidak usah takut untuk tidak menggunakan bahasa gaul, karena penggunaan campur aduknya huruf, angka dan symbol besar kecilnya yang malah bikin kita tambah pusing.

  • HOW
Dengan bijak kita gunakan bahasa gaul, meskipun kamu jago bahasa gaul, bahasa Indonesia tetap bahasa persatuan yang bisa dimengerti semua orang untuk menyampaikan pesan – pesan kita.

Jadi boleh kita gunakan bahasa gaul untuk ngobrol sama orang, tapi kita harus perhatikan RAMBU DAN RUMUSNYA B4HASA GAUL. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti semua orang atas  semua pesan –pesan yang kita sampaikan tanpa harus menggunakan bahasa gaul.

Kata Kunci :

  • Bahasa gaul sekarang
  • Bahasa gaul anak muda
  • Bahasa gaul 2015