ALAT-ALAT DAPUR TRADISIONAL YANG MASIH DIGUNAKAN

Alat-Alat Dapur Tradisional Yang Masih Digunakan-Zaman semakin maju dan berkembang, demikian juga dengan peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga kini lebih berkembang dan memiliki model beragam. Bahkan para ibu rumah tangga kini mulai meninggalkan peralatan untuk memasak tradisional dan beralih menggunakan peralatan yang lebih modern dan lebih canggih. Karena disamping lebih modern dan canggih alat-alat rumah tangga zaman kini dianggap lebih mudah dan praktis serta membuat dapur menjadi lebih bersih.
Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya menggunakan peralatan dapur tradisional mempunyai nilai lebih. Memasak menggunakan peralatan dapur tradisional memberikan cita rasa yang lain dari pada yang lain. Rasa masakan justru lebih lezat apabila menggunakan alat-alat dapur tradisional.
Alat-alat dapur tradisional juga lebih sehat dibandingkan dengan alat-alat rumah tangga modern. Karena alat-alat dapur tradisional terbebas dari bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat-alat dapur modern yang biasanya terbuat dari bahan-bahan plastik dan logam.
Beberapa alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan sampai sekarang diantaranya yaitu :
Alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Cobek atau Ulekan
  • Cobek atau Ulekan

Alat ini biasanya untuk menghaluskan bumbu masak seperti rempah-rempah, bawang merah, bawang putih maupun cabai. Alat masak ini biasanya terbuat dari tanah liat, batu ataupun kayu. Kelezatan, aroma dan cita rasa lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan blender. Itulah yang membuat cobek masih menjadi pilihan ibu rumah tangga untuk membuat bumbu-bumbu masak dan terutama untuk membuat sambal. 
alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Talenan
  • Talenan dari kayu

Talenan dari kayu juga masih banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Alat ini dipercaya lebih awet, karena terbuat dari kayu membuat talenan lebih kuat dari berbagai sayatan dan irisan pisau. Juga tidak akan mengeluarkan zat kimia meskipun tergores irisan pisau karena terbuat dari kayu.
alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Anglo
  •   Anglo

Anglo merupakan alat dapur yang terbuat dari tanah liat. Alat ini digunakan untuk memasak seperti tungku, sedangkan untuk bahan bakarnya menggunakan arang. Meskipun sekarang mulai sedikit orang yang menggunakan namun kebanyakan pedagang makanan masih banyak yang menggunakannya. Karena menurut para pedagang memasak menggunakan anglo tetap dapat merpertahankan kelezatan dan cita rasa serta ciri khas masakan.
alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Tampah
  • Tampah

Alat dapur tradisional ini biasanya terbuat dari anyaman bambu. Tampah memiliki kegunaan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada beras ataupun kacang-kacangan.  Atau dengan kata lain untuk menampi. Tampah juga berfungsi untuk menempatkan kue-kue tradisional, sebagai tepat tumpeng juga untuk menjemur kerupuk.
alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Tumbu
  • Tumbu atau Keranjang bambu

Tumbu biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Bahan-bahan makanan yang biasa disimpan di dalam tumbu adalah umbi-umbian, beras, kacang-kacangan dan juga buah-buahan.
alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan
Irus
  • Irus

Irus adalah alat yang digunakan untuk mengaduk sayur selama proses memasak. Biasanya terbuat dari batok kelapa sedang tangkainya terbuat dari kayu namun ringan. Karena terbuat dari batok kelapa dan kayu membuat alat ini bebas dari karat dan anti bakteri. Meskipun banyak yang sudah beralih menggunakan sendok sayur modern namun irus masih tetap banyak peminatnya.

[ Baca : Permainan Tradisional Untuk Perkembangan Anak ]

Meskipun zaman sudah modern dan peralatan semakin canggih masih banyak alat-alat dapur tradisional yang masih digunakan untuk bisnis warung makan demi menjaga cita rasa masakannya, jadi kita jangan sampai melupakan alat-alat dapur tradisional ini, meskipun kurang praktis tetapi alat-alat dapur tradisional ini sangat ramah lingkungan dan dipercaya dapat menjaga cita rasa masakan anda. Semoga bermanfaat.