AKIBAT DAN DAMPAK KEKURANGAN VITAMIN K

Akibat Dan Dampak Kekurangan Vitamin K
Sayur Sayuran
Akibat Dan Dampak Kekurangan Vitamin K-Banyak sekali vitamin yang diperlukan oleh tubuh, dan masing-masing vitamin mempunyai fungsi tersendiri bagi tubuh kita. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah Vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Sebenarnya sangat kecil prosentasenya orang mengalami kekurangan Vitamin K, akan tetapi jangan sepelekan hal ini. Karena dampaknya kekurangan vitamin K juga sangat berbahaya bagi tubuh kita. Vitamin K biasa terdapat pada sayur-sayuran, hanya sedikit yang dapat kita temukan pada buah-buahan.


Vitamin K mempunyai fungsi sebagai pengontrol pembekuan darah, sebagai pencegah kalsium yang berlebihan didalam tubuh, sebagai obat diabetes juga sebagai pencegah osteoporosis. Dampak yang kita dapatkan akibat kekurangan Vitamin K adalah :
  • Pembekuan darah menjadi terhambat

Kekurangan Vitamin K akan mengakibatkan darah menjadi sukar membeku. Apabila terjadi luka maka darah akan tetap encer keluar dan darah sukar membeku. Selain itu jika kita kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin K dapat berakibat anemia. Untuk mengatasinya perbanyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, selada, kol, bayam dan sawi. Untuk lauknya kita bisa mengkonsumsi telor, daging. Juga perbanyak makan buah-buahan.
  • Pada bayi yang baru lahir mengakibatkan penyakit Hemoragik

Apabila pada saat ibu mengandung kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K akan berakibat bayi lahir dengan kelainan Hemoragik. Hemoragik adalah kelainan pada fungsi hati yang belum sempurna untuk dapat memudahkan pembekuan darah. Hal tersebut dapat diketahui dari ciri-cirinya, seperti bayi mengalami buang air kecil dan air besar berdarah serta muntah darah. Jika terjadi hal tersebut berarti bayi mengalami Defisiensi Vitamin K. Agar tidak terjadi Defisiensi Vitamin K, maka sangat dianjurkan pada saat hamil dan menyusui ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi terutama yang banyak mengandung Vitamin K.
  • Kepadatan tulang berkurang

Asupan vitamin k yang tidak tercukupi mengakibatkan tingkat kepadatan tulang menurun. Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang sangat membantu tubuh untuk dapat menyerap kalsium. Karena apabila kalsium tidak terserap oleh tubuh maka akan menyebabkan tulang tidak dapat berkembang secara baik. Untuk itu kita harus selalu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung Vitamin K.



Demikian ulasan mengenai akibat dan dampak kekurangan Vitamin K, yang ternyata tidak hanya menyebabkan namun juga dampak-dampak lain yang ditimbulkan. Jadi mulai sekarang rajinlah untuk selalu mengkonsumsi makanan-makanan bergizi yang terutama mengandung Vitamin K agar terhindar dari hal-hal tersebut diatas. Semoga bermanfaat.