CARA MENGATASI TEKANAN DARAH RENDAH

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah -Apakah anda sedang mengalami keluhan  dengan penyakit  tekanan darah rendah? sebenarnya apa  penyakit tekanan darah rendah itu? Tekanan darah rendah adalah sakit yang disebabkan jantung tidak optimal dalam memompa darah sehingga tidak dapat mencapai otak. 
Memang  detaknya sangat cepat  tetapi denyutnya lemah, sehingga otak tidak mendapatkan asupan energy yang cukup. Karena itu badan akan terasa lemah dan kepala menjadi pusing.

Gejala-gejala apabila kita mengalami tekanan darah rendah diantaranya yaitu :
  1. Selera makan berkurang
  2. Sering mengantuk
  3. Kepala pusing
  4.  Mengalami kesemutan
  5. Keluar keringat dingin
  6. Tidak tahan terhadap sinar
  7. Mudah lelah
Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Penderita tekanan darah rendah cenderung memiliki wajah pucat dan juga bisa mengakibatkan si penderita tak sadarkan diri. Namun terkadang kebanyakan orang menganggap remeh akan keluhan ini. Padahal sebenarnya keluhan ini juga sama berbahayanya dengan keluhan tekanan darah tinggi apabila tidak segera ditangani.  Apabila tekanan darah terlalu rendah mengakibatkan darah tidak maksimal memberikan oksigen ke otak sehingga tidak dapat membuang kotoran dengan sempurna.
Penyebab Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah rendah biasanya diakibatkan karena :
  1. Kurangnya cairan dikarena sedang sakit dema atau terkena diare.
  2. Detak jantung melemah sehingga aliran darah keseluruh tubuh tidak maksimal.
  3. Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan
  4. Otot jantung melemah  sehingga kerja jantung dalam memompa darah juga melemah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah
Penyakit tekanan darah rendah tidak membutuhkan penanganan khusus seperti halnya penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah rendah sebenarnya tidak memerlukan banyak obat-obatan.  Berikut cara mengatasi tekanan darah rendah :
  1.  Hindarilah makanan-makanan yang pahit atau asam seperti mentimun.
  2. Apabila anda dalam posisi tidur dan ingin bangun jangan langsung berdiri, tapi duduk dulu sebentar baru kemudian berdiri.
  3. Makanlah daging contohnya daging ayam maupun daging sapi.
  4.  Perbanyak minum air putih.
  5. Lakukan olah raga ringan secara rutin untuk membantu kinerja jantung.
  6. Konsumsi garam, secukupnya jangan berlebihan.

Makanan-Makanan Yang Membantu Mengatasi Tekanan Darah Rendah
Berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah :
  • Daging

Baik daging ayam maupun daging sapi dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Daging ayam dan daging sapi merupakan protein hewani  yang bagus untuk memperbaiki sel dalam tubuh.

Bayam memiliki kandungan kalium namun rendah sodium. Mengkonsumsi bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat melemaskan pembuluh darah karena tinggi folat, sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Banyak minum air putih dapat membantu mengatasi  tekanan darah rendah. Karena  jika konsumsi air berkurang akan mempengaruhi tekanan darah juga. Minum air putih yang cukup atau sesuai anjuran dokter dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah.
  •  Kacang-kacangan

Tekanan darah akan naik apabila mengkonsumsi kacang-kacangan dikarenakan saluran pencernaan dapat mencernanya secara perlahan.
  • Roti, sereal dan oatmeal

Makanan-makanan tersebut berasal dari gandum. Dan gandum dipercaya dapat mengurangi gangguan tekanan darah rendah karena tinggi akan zat besi.

Demikian Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah ,semoga bahasan mengenai cara mengatasi tekanan darah rendah ini bermanfaat. Apabila masih terdapat keluhan-keluhan sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.