TIPS CARA MENJERNIHKAN AIR

Tips Cara Menjernihkan Air- Air sebagai unsur kehidupan  yang dibutuhkan dalam kehidupan makluk hidup di dunia ini. Air merupakan  zat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.  Selain untuk diminum,  ada kegunaan lain dari air seperti ; air untuk mencuci, mandi,  membersihkan kotoran, untuk pengairan sawah, industri/pabrik, pemadam kebakaran, wisata air , dan lain-lain.
Tips Cara Menjernihkan air
Air Jernih
Bisa dibayangkan bagaimana seandainya air yang kita perlukan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan untuk kita minum tercemar atau terkontaminasi. Berbagai macam penyakit akan ditimbulkan dari air yang tercemar. Melalui air pula penyakit-penyakit tersebut dapat menular ke siapa saja. Untuk mengetahui apakah air tercemar atau tidak dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan mencium aromanya juga melihat warna airnya. Dalam membuat sumur juga harus diperhatikan kedalamannya jika sumur terlalu dangkal maka kemungkinan tercemar lebih besar.
Air dapat tecemar karena dua hal, yang pertama karena faktor alami  yang kedua karena faktor buatan manusia.  Pada saat ini pencemaran yang sering terjadi adalah karena faktor yang kedua yaitu faktor buatan manusia. Faktor inilah yang justru dapat membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup.
Polutan buatan manusia biasanya berasal dari limbah rumah tangga, limbah industri atau pabrik, juga dari sektor pertanian.
  1. Limbah dari rumah tangga seperti air bekas cucian, baik cuci baju atau cuci piring.
  2. Limbah industri atau pabrik lebih banyak macamnya karena biasanya pabrik menggunakan beragam bahan-bahan kimia yang berbahaya.
  3.  Limbah Pertanian berasal dari pupuk dan pestisida.

Air yang sudah tercemar dapat diketahui dari aroma dan warnanya. Jika tercium bau menyengat dan warnanya sudah tidak jernih lagi maka dapat dipastikan bahwa air tersebut sudah terkontaminasi dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.
Lantas bagaimana jika air sudah tercemar?apakah ada cara yang dapat kita lakukan untuk menjernihkannya lagi?
Ada cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjernihkan air. Ada yang harus kita perhatikan terlebih dahulu sebelum proses penjernihan, yaitu apakah sumur bor atau sumur gali kita sudah memenuhi kriteria untuk proses penjernihan.
  • Sumur bor adalah sumur yang dibuat menggunakan alat pengeboran air manual maupun pengeboran dengan mesin air, kedalaman suur maksimal 20 meter dan memiliki diameter pipa minimal 4”.
  • Sumur gali yaitu sumur yang dibuat dengan menggali tanah, serta lubang sumur  berdiameter 50-200 cm, dengan tingkat kedalaman 2 sampai 8 meter.
[ Baca : Tips dan trik merawat batik ]

Jika kriteria yang ada pada kedua sumur tadi sesuai standar maka proses penjernihan dapat dilakukan.
I. Tips Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Uji Coba Terlebih Dahulu
Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui bahan penjernih apa yang akan kita gunakan. Karena permasalahan yang dihadapi setiap sumur berbeda-beda. Maka diperlukan bahan yang cocok untuk mengatasinya.  
Bahan dan alat yang diperlukan :
  • Gelas kaca bening ukuran besar  : 4 buah
  • Kaporit : 1 kg
  • Kapur gamping : 1 kg
  • Tawas : 1 kg
  • PAC bubuk (Poly Alumunium Chloride) : 1 kg

Bahan-bahan tersebut diatas dapat dengan mudah kita peroleh di toko-toko material bangunan.
Langkah yang harus kita lakukan selanjutnya yaitu :
  1. Keempat gelas kita isi dengan air sumur kita
  2. Gelas pertama kita masukan ¼ sendok teh kaporit, diaduk rata
  3. Gelas kedua dimasukkan ¼ sendok teh kapur gamping, kemudian aduk rata
  4.  Gelas ketiga kita isi dengan ¼ sendok teh tawas, diaduk rata
  5. Gelas keempat diisi ¼ sendok teh PAC, diaduk rata

Jangan lupa untuk memberikan label bertuliskan bahan-bahan apa yang ada dalam gelas. Agar tidak terjadi kesalahan dalam menganalisa.
Kemudian keempat gelas tadi kita diamkan selama kurang lebih 3 jam lalu kita amati, gelas mana yang lebih cepat jernihnya?
Jadi dengan uji coba tadi kita dapat menarik hasilnya bahan mana yang cocok untuk menjernihkan air sumur kita.

II. Tips Cara Menjernihkan Air Dengan Mengukur Dosis
Apabila bahan penjernih sudah kita peroleh, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menentukan takaran yang pas untuk dimasukan didalam sumur.
Caranya yaitu :
  • Bahan penjernih yang sudah kita tentukan kita masukkan ke dalam ember yang telah diisi air dari sumur yang bermasalah sebanyak 1 kg. (tapi untuk kaporit hanya ½ kg saja)
  • Masukkan campuran tadi kedalam sumur, lalu biarkan selama lebih kurang 6 jam, selama 6 jam tersebut sumur tidak boleh kita pergunakan. Sampai  bahan penjernih air tadi terendap dalam sumur.
  • Baru setelah kurang lebih 6 jam, air sumur dapat kita pergunakan kembali. Sambil kita amati selama 3 hari apakah mengalami perubahan atau tidak.
  • ika belum ada perubahan kita dapat menambahkan kembali bahan penjernih sesuai kelipatannya. Sampai sumur benar-benar jernih.

Bagaimana Tips Cara Menjernihkan Air, mudah sekali kan cara untuk menjernihkan air? Selamat mencoba..!!