GEJALA DAN SOLUSI RADANG TENGGOROKAN

Gejala Dan Solusi Radang Tenggorokan-Pada saat tenggorokan terasa sakit, susah bernafas disertai batuk hingga demam, biasanya kita menyebutnya dengan radang tenggorokan. Padahal sebenarnya belum tentu. Maka dari itu lebih baik kenali terlebih dahulu semenjak dini gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan.
GEJALA DAN SOLUSI RADANG TENGGOROKANApabila terdapat keluhan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk dan susah bernafas hingga demam, belum tentu keluhan ini menjadi indikasi radang tenggorokan. Karena jika ada keluhan ini muncul, maka yang perlu diwaspadai ada tiga tempat yaitu tenggorokan (faring), adenoid yang berada di belakang hidung, serta sepasang amandel yang terdapat di kanan dan kiri tenggorokan (tonsil palatina).
Ada tiga (3) faktor penyebab radang tenggorokan antara lain : infeksi, virus, iritasi dan alergi. Biasanya indikasi lain yang menyertainya adalah gejala sulit menelan, susah bernafas, batuk dan demam. Bahkan pada kondisi tertentu ada juga yang disertai dengan pembengkakan di leher.
SERANGAN KUMAN
Infeksi yang sering menyerang tenggorokan sehingga menyebabkan radang tenggorokan ada tiga (3) macam yaitu : yang berasal dari gigi dan mulut, sinusitis, dan amandel. Kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yang terganggu, seperti gigi berlubang yang membusuk dan infeksi dapat meyebabkan tenggorokan terkontaminasi. Karena di dalam gigi yang busuk biasanya terdapat sarang kuman. Karena hal tersebutlah sangat penting untuk menjaga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi, karena bisa saja kuman-kuman yang terdapat dalam mulut dan gigi masuk ke dalam tenggorokan dan meyebabkan infeksi.
Selain itu infeksi pada amandel juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya radang. Karena amandel terletak di tenggorokan, sehingga sangat memungkinkan dapat mengganggu tenggorokan. Dan biasanya orang yang sudah memiliki riwayat amandel, akan mengeluhkan sakit pada tenggorokannya apabila sakit amandelnya sedang kambuh.
Tidak beda jauh dengan sinusitis yang biasanya menyerang hidung sinusitis. Karena pada saat seseorang terserang atau mengalami sinusitis, lendir akan terus menerus mengalir di belakang tenggorokan dan hidung. Hal inilah yang menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan menimbulkan radang.
Sebagai penanganan untuk radang yang disebabkan oleh infeksi terlebih dahulu harus disembuhkan sumber infeksinya. Semisal penyebabnya adalah sinusitis, maka disembuhkan dahulu sinusitisnya, begitu juga apabila yang menyebabkan adalah karena gigi dan amandel, maka harus sembuh terlebih dahulu.
Apabila sumber penyakitnya sudah tertangani, maka secara otomatis sakit atau keluhan pada radang akan menghilang atau sembuh. Penularan radang yang disebabkan oleh kuman adalah melalui ludah.
SERANGAN VIRUS
Radang tenggorokan selain disebabkan oleh infeksi kuman, juga dapat disebabkan karena adanya virus yang menyerang daya tahan tubuh. Biasanya terjadi pada saat tubuh mengalami influenza. Namun radang yang disebabkan virus ini biasanya akan menghilang apabila tubuh telah sembuh dari flu. Penularan radang yang disebabkan oleh virus biasanya terbawa oleh udara. Sehingga kita harus selalu waspada terhadap lingkungan kita.
IRITASI DAN ALERGI
Selain dua faktor diatas, masih ada satu faktor lagi yang menyebabkan radang tenggorokan, yaitu iritasi dan alergi. Maka dari itu jangan sampai meremehkan iritasi dan alergi yang timbul, yang biasanya disebabkan oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Jika makanan yang kita konsumsi terlalu pedas, panas ataupun asam dapat melukai tenggorokan dan kemudian timbullah radang tenggorokan. Begitu juga dengan iritasi, apabila lingkungan kita terkena terkontaminasi zat-zat kimia yang berbau sangat menyengat, sehingga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Selain itu makanan yang memiliki getah juga memiliki peran terjadinya radang pada tenggorokan. menimbulkan iritasi dan alergi  serta allergen (zat pemicu alergi). Dan akan hilang seiring dengan telah dinetralisirnya sumber alergi dan iritasi.
Gejala Dan Solusi Radang Tenggorokan, Karena pada dasarnya radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan karena penyakit lainnya.
Semoga bermanfaat.