MANFAAT KANGKUNG


Manfaat Kangkung - Kangkung dikenal sebagai tanaman yang tumbuh liar di sekitaran sungai, sawah baik dataran kering ataupun tempat berlumpur. Asalkan sinar matahari tercukupi pasti kangkung akan tumbuh dengan baik. Sebenarnya sayuran kangkung yang kita kenal berasal dari negara kita sendiri ini ternyata berasal dari India. Kemudian sayuran ini menyebar ke negara-negara seperti Malaysia, China, Australia bahkan Afrika. Di Indonesia sendiri kangkung sering dimasak sebagai cah atau tumis. Bahkan di Lombok terkenal dengan pelencing kangkungnya yang banyak diminati. 
Manfaat Kangkung
Kangkung
Kita mengenal kangkung ada 2 macam yaitu kangkung darat dan kangkung air. Yang membedakan antara keduanya yaitu : terletak pada warna bunga, bentuk daunnya, dan juga batangnya. Untuk kangkung darat mempunyai daun putih yang panjang dengan ujung daunnya yang runcing, batang putih dan keras. Sementara kangkung air ujung daunnya agak tumpul.
Hampir keseluruhan dari kangkung dapat kita konsumsi, namun yang lebih disukai adalah bagian pucuknya. Karena yang terpenting memang adalah batang muda dan pucuknya, dan biasanya kangkung tua memiliki serat yang kasar susah dikonsumsi sehingga kurang disukai. Tetapi kangkung tua pun masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi mereka yang mempunyai kura-kura.
KANDUNGAN DAN MANFAAT. Kandungan vitamin A yang terdapat pada kangkung sangat tinggi, mencapai 6.300 IU. Kangkung mempunyai sifat sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker dan penuaan dini. Di samping itu ternyata kandungan serat yang terdapat dalam kangkung sangat tinggi sehingga dapat mencegah sembelit. Kandungan fosfor, zat besi, hentrtiakontan dan sitosterol yang terkandung dalam juga termasuk tinggi.

INSOMNIA. Menurut penelitian  kandungan vitamin seperti vitamin A, B dan C serta kandungan mineral yang cukup banyak yang terdapat didalam kangkung memiliki efek menenangkan susunan saraf. Sehingga menyebabkan santai dan tidur nyenyak. Bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

LAIN-LAIN. Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung dapat membantu melancarkan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal. Kangkung juga bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan dan juga bersifat sebagai antiracun.

Kangkung sebagai antiracun. Kangkung memang mempunyai sifat sebagai penenang ( sedatif) dan juga berfungsi sebagai anti racun, karena kangkung mempunyai rasa manis, tawar dan sejuk. Sifat tanaman inilah yang mampu membawa zat yang berkhasiat ke saluran pencernaan tubuh. Itulah mengapa tanaman ini dikatakan mampu menetralkan racun dalam tubuh. 

[ Baca : Manfaat Sayur Pepaya ; disini ]

PERLU DIPERHATIKAN : Tanaman kangkung sering kita jumpai ditanam di tepian sungai dan parit atau tempat yang berlumpur, alangkah lebih baiknya kita mencuci bersih dahulu sebelum dikonsumsi. Namun apabila tidak langsung untuk dimasak, kita dapat menaruh kangkung dalam wadah tertutup lalu disimpan di lemari pendingin agar semua vitamin dan zat gizinya bisa tetap dipertahankan, namun juga dalam kondisi yang sudah dicuci bersih.