MENGHASILKAN UANG DARI SEMUT RANGRANG [KROTO]


Semut Rangrang(Oecophylla) - serangga sosial dan temperamen (galak) ini sering anda temui habitatnya di pohon dengan membentuk koloni yang biasanya bersarang di ujung ranting dengan membentuk anyaman/ merajut daun.
Semut Rangrang yang disebut dalam bahasa inggris Weaver ant (arti : Semut Penganyam) ini dimanfaatkan manusia sebagai penjaga pohon buah saat berbuah, selain itu sering diambil larvanya ( larva tersebut lebih dikenal dengan sebutan nama : Kroto) untuk pakan burung berkicau atau sebagai campuran umpan untuk memancing ikan .
Semut Rangrang
Kroto yang sering diburu oleh para pedagang pakan burung ini menjadikan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan. Karena semakin banyaknya pecinta burung kicauan, menjadi makin banyak pula kebutuhan kroto yang harus dipenuhi.
Karena semakin mahalnya harga kroto di pasaran menyebabkan makin banyaknya para pemburu kroto yang mencari dan mengambil kroto dengan cara tradisional yaitu ambil kroto dari sarang semut rangrang langsung dari alam bebas sehingga menjadikan salah satu penyebabnya makin sulitnya larva semut rangrang ini.
Karena makin sulitnya larva semut rangrang ini di alam bebas dan makin meningkatnya permintaan pasar, maka dari situ ada peluang usaha untuk menghasilkan uang dari semut rangrang dengan cara budidaya atau pengembangbiakan semut rangrang untuk diambil larvanya/telur yang sering disebut kroto.
Budidaya semut rangrang yang belum banyak digeluti orang ini, kabarnya sudah banyak yang sudah berhasil dan sukses hingga meraup penghasilan puluhan juta per bulannya.
Apakah anda juga ingin ambil peluang usaha budidaya semut rangrang ini? Anda ingin mencobanya ?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari semut rangrang :
·           Cara Tradisional
Metode ini jika anda tidak mau repot mengurusi dan memberi makan, metode yang membiarkan semut rangrang berkembangbiak sendiri secara alami. jadi anda memberi media pohon di kebun atau pekarangan anda untuk berkembangbiaknya semut rangrang dan tinggal ambil hasilnya tanpa harus repot. Tapi metode ini anda harus membutuhkan pekarangan luas dan hasilnya tidak dapat di prediksi karena masih dipengaruhi faktor cuaca.

·           Cara Modern
Metode ini 100 % melibatkan campur tangan manusia, sudah tidak alami lagi. Media sarang  perkembangbiakan semut dibuat oleh manusia. Jadi agak repot mengurusi dan memberi makan tetapi hasil bisa diprediksi dan tidak tergantung oleh perubahan kondisi cuaca /alam.
Media sarang yang dapat digunakan misalnya Bambu, Bekas botol air mineral, Toples dan Peralon Plastik (PVC).
Salah satu contoh cara budidaya semut rangrang dengan media sarang peralon plastik (PVC) adalah dengan cara peralon di potong –potong lalu di tata di rak,  kemudian bibit semut rangrang ditebar diatas rak. Keunggulan pakai media ini pasca panen media mudah dibersihkan, media awet dan tahan lama, dan kabarnya pakai media ini hasil produksi larva/telur semut rangrang lebih optimal.
Nah, apakah anda ingin mencoba masuk peluang bisnis ini?, dewasa ini sudah banyak penjual bibit semut rangrang yang siap untuk di budidayakan. Selamat mencoba dan sukses selalu.