BUAH HATI ANDA TIDAK SUKA MAKAN SAYUR, INGIN TAHU TRIKNYA?


BUAH HATI ANDA TIDAK SUKA MAKAN SAYUR, INGIN TAHU TRIKNYA?-Tidak sedikit anak-anak yang tidak mau makan sayur, padahal didalam sayur terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat diperlukan bagi tumbuh kembang si kecil. Biasanya anak-anak memilih makanan yang sesuai dengan lidah mereka meskipun makanan tersebut tidak ada kandungan nutrisinya. Anak-anak suka makanan yang manis-manis dan gurih. Buah hati anda tidak suka makan sayur karena tidak ada enaknya, tidak seperti kalau makan ayam goreng tepung ataupun makanan manis lainnya. Bagi anak-anak sayur tidak ada rasanya serta bentuknya sama sekali tidak menarik. Tapi anak-anak yang tidak suka makan sayur jangan dibiasakan mengkonsumsi suplemen makanan. Karena suplemen makanan pun sebenarnya tidak bagus untuk perkembangan anak-anak. Justru membuat kebiasaan si kecil yang tidak suka makan sayuran akan terbawa sampai mereka besar.
Lantas bagaimana ya membuat anak-anak kita mau untuk mengkonsumsi sayuran?
Jika buah hati anda tidak suka makan sayur sebagai orang tua terutama ibu harus mulai bisa berkesperimen atau mempunyai inovasi dan kreasi dalam menyajikan makanan bagi keluarga. Terutama bagi si kecil yang tidak suka makan sayuran. 
Berikut ada beberapa kiat-kiat atau trik agar anak-anak mulai menyukai makan sayuran :
  • Berulang tapi bertahap, sedikit demi sedikit si kecil mulai diperkenalkan dengan berbagai jenis sayuran. Tapi berikan porsi yang kecil terlebih dahulu sebagai perkenalan.
  • Mulai dengan sayur yang manis, contohnya wortel. Karena memang wortel memang termasuk jenis sayur yang rasanya manis dan cenderung disukai anak-anak.
  • Berikan variasi pada bentuk dan warna makanan, sekarang mudah ditemukan di toko-toko beraneka cetakan berbentuk hewan ataupun bentuk-bentuk lain yang lucu. Kita dapat menggunakannya untuk membuat makanan menjadi semenarik mungkin sehingga anak-anak antusias untuk memakannya. Selain itu kita bisa mengaturnya sedemikian rupa sehingga membuat tatanan makanan menjadi menarik. Kemudian ajak anak bersama-sama untuk menyebutkan warna-warna yang terdapat dalam tatanan piring. Anak-anak akan senang melakukannya.
  • Sederhana, sajikan makanan yang tidak rumit dalam pengolahannya. Jangan terlalu banyak bumbu yang menyertainya. Si kecil pasti akan lebih suka makan sayuran yang dimasak secara sederhana.
  •  Ajaklah anak untuk berbelanja atau memasak bersama, sesekali ajaklah serta anak-anak untuk ikut berbelanja sayuran ke pasar atau supermarket. Kemudian ajak si kecil untuk mengolahnya juga. Anak-anak akan sangat antusias bisa melakukan kegiatan tersebut. Hal yang terpenting adalah anak-anak harus selalu dalam pendampingan dan pengawasan kita. Apabila kita mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan tersebut, anak-anak akan lebih paham bagaimana cara mendapatkan dan mengolah makanan.
  •  Anak-anak suka meniru, memang anak-anak mendapatkan julukan sebagai peniru ulung. Mereka akan sangat mudah menirukan berbagai tingkah laku kita. Maka dari itu kita, orang tua sebagai orang terdekat juga harus memberikan contoh yang baik untuk suka makan sayuran. Tunjukkan pada anak-anak bahwa kita pun juga gemar makan sayur.
  • Berikan dalam bentuk cerita atau contoh, memberikan cerita tentang khasiat bayam yang di makan Popeye, sehingga popeye memiliki badan yang sehat dan kuat. Atau anda juga bisa memberikan cerita-cerita atau contoh-contoh orang yang menjadi pintar karena makan sayur. Seperti guru mereka, dokter dan lain sebagainya. Dengan begitu anak akan menjadi terinspirasi untuk mulai mengkonsumsi sayur.

Jangan lupa ya berikan pujian ataupun penghargaan lainnya apabila anak-anak sudah mulai suka makan sayur.

[Baca : Makanan Membantu Menajamkan Otak; disini ]

 Demikian semoga ulasan ini dapat membantu mengatasi BUAH HATI ANDA TIDAK SUKA MAKAN SAYUR.  Yang terpenting adalah kita harus ekstra sabar dan pelan-pelan dalam membujuk si kecil agar mau makan sayur. Semoga bermanfaat.


Kata Kunci :

  • Cara atasi anak susah Makan Sayur
  • Balita sulit makan sayur
  • Taktik-trik-tips  agar anak suka makan sayur
  • Agar anak suka makan sayur-sayuran