MANFAAT KACANG PANJANG

Manfaat Kacang Panjang-Sayur dan buah adalah salah satu kudapan sehat yang wajib kita konsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh kita.
Manfaat Kacang Panjang
Kacang Panjang
Pastinya kita berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga, jangan sampai tergiur dengan makanan-makanan cepat saji  yang harganya justru mahal tetapi kandungan nutrisinya belum terjamin. Makanan dan sayur yang kita olah sendiri pastinya lebih terjamin kebersihan dan nutrisinya.
Banyak sayuran dan ditemukan disekitar kita, dengan harga yang terjangkau tetapi memberikan banyak manfaat.
Contohnya adalah kacang panjang, kacang panjang kadang disepelekan oleh kebanyakan orang. Tetapi tahukah anda jika kacang panjang memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi tubuh kita. Sayuran hijau yang tumbuhnya merambat ini dapat dijadikan menu sehat sehari-hari bagi keluarga kita.
Kandungan gizi apa saja yang bisa kita dapatkan dalam kacang panjang, diantaranya :
@ sebagai sumber protein
Kacang panjang merupakan salah satu sumber protein nabati. Untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati, kita bisa mengolahnya dengan mengirisnya kecil-kecil agar mudah dicerna si buah hati. Atau dapat juga dicampurkan pada nasi tim dengan ditambahkan hati ayam untuk menambah nutrisi buah hati.  
@ mengandung vitamin B kompleks
Kerja fungsi sistem saraf sangat dipengaruhi dengan asupan vitamin didalam tubuh kita.  Vitamin B1 dan vitamin B2 yang terkandung dalam kacang panjang cukup membantu asupan nutrisi dalam tubuh kita. Di dalam kacang panjang juga mengandung thiamin, riboflavin, asam pantotenat, dan niacin.
@ tinggi serat
Metabolisme lemak tubuh kita akan terjaga dan dapat terhindar dari kegemukan. Karena sayuran hijau ini mengandung serat yang tinggi sehingga membantu menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat yang terkandung dalam kacang panjang merupakan serat yang sangat mudah larut sehingga kadar gula dalam tubuh selalu dalam kondisi normal. Kandungan serat ini berbentuk pectin.
@ mineral
Kacang panjang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, yang mampu mendukung fungsi kerja saraf dan otot agar dapat bekerja maksimal. Didalam kacang panjang juga terdapat kalsium yang bisa menjadi sumber mineral yang penting untuk membantu membentuk tulang dan gigi agar tetap sehat.
Kacang panjang juga mengandung magnesium yang sangat membantu kinerja enzim dalam tubuh kita. Magnesium dan kalsium yang bekerja sama dengan baik mampu memperbaiki sitem kerja pada saraf dan tetap terjaga kekuatan ototnya.
Disamping kandungan-kandungan nutrisi yang ada dalam kacang panjang terdapat pula khasiat atau manfaatnya bagi kesehatan. Diantaranya yaitu : bagi penderita leukimia dan kanker dengan mengkonsumsi kacang panjang dapat mengurangi keluhan-keluhan sakit, dapat pula mengatasi hipertensi, dapat mengobati rheumatik serta dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

[ Baca : Manfaat Sayur Oyong; disini ]
Ada manfaat kacang panjang lainya yaitu bagi anak-anak yang terserang eksim dapat diobati pula dengan kacang panjang ini. Gangguan fungsi ginjal juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang panjang ini.