MANFAAT SAYUR BAYAM

Manfaat Sayur Bayam-Kalau anda penggemar kartun pasti sudah tidak asing dengan Popeye si pelaut. Popeye begitu kuat dan tidak tertandingi. Apa yang dimakan Popeye? Ya betul  bayam. Tapi  ternyata bukan hanya sekedar dongeng di dalam dunia kartun semata, bayam memang memiliki banyak manfaat yang bagus bagi tubuh kita.
Sayur Bayam
Bayam mempunyai 2 jenis  yaitu bayam hijau dan bayam merah. Namun kebanyakan  di negara kita lebih mengenal bayam hijau dibandingkan dengan bayam merah.
Zat-zat  yang terkandung dalam sayur bayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Bayam hijau mempunyai kandungan vitamin, zat besi dan mineral yang sangat tinggi. Terdapat pula kandungan beta karotena di dalam bayam hijau.
Khasiat Sayur Bayam
Karena banyaknya kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita yang dimiliki bayam, maka bagi anak-anak dan ibu menyusui memang sangat disarankan untuk banyak makan sayur bayam.

Bermacam vitamin yang terkandung dalam bayam, diantaranya yaitu :

1.    Vitamin A
Zat yang terkandung dalam vitamin A yaitu berupa retinal yang akan menyatu dengan suatu protein yang bernama opsin dan akan membentuk rhodopsin. Rhodopsin merupakan pigmen penglihatan. Sehingga mata akan lebih sehat.
2.    Vitamin C
Vitamin C pada bayam apabila jumlahnya tepat dan teratur akan berkhasiat berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh,  sehingga akan menjaga stamina dan daya tahan tubuh kita.
3.    Vitamin E
Vitamin E berfungsi sebagai pencegah resiko terjadinya pembekuan darah, mencegah penyumbatan pada penyumbatan darah juga untuk meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin E juga membantu kesehatan kulit dan rambut, serta membantu proses reproduksi.

Kandungan lain yang ada dalam bayam yaitu :
1.    Zat besi,
Merupakan zat yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh kita. Zat besi juga memiliki fungsi memproduksi haemoglobin. Apabila tubuh kita kekurangan zat besi akan mengakibatkan mudah terserang penyakit. Itulah sebabnya zat besi sangat penting bagi tubuh.
2.    Mineral,
Mineral memiliki peran sebagai zat untuk membantu kerja jantung, untuk menjaga keseimbangan elektrolit, serta sebagai impul syaraf.
Begitu banyaknya kandungan zat yang terdapat pada bayam, sehingga bayam memiliki khasiat diantaranya :
1.    Membantu menurunkan berat badan, bayam yang tinggi zat besi dan sebagai sumber protein nabati akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera.
2.    Zat besi yang ada dalam bayam juga mampu membuat otot semakin kuat. Untuk hasil maksimal anda bisa membuatnya sebagai jus.
3.    Bayam juga dapat menyegarkan kembali mata yang lelah, karena bayam mempunyai zat yang bernama klorofil yang dapat menyegarkan kelenjar mata. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus bayam kemudian air rebusan yang sudah dingin digunakan untuk mencuci mata.
4.    Kandungan vitamin c dalam bayam juga lumayan tinggi, dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Namun ada yang harus diperhatikan apabila kita mengkonsumsi bayam :
1.    Bayam tidak boleh dimakan apabila sudah dipanaskan berulang.
2.    Bayam tidak boleh dikonsumsi setelah 5 jam di masak, karena justru akan menimbulkan racun bagi tubuh.
3.    Bagi penderita rematik dan asam urat sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi bayam, sebab bayam tinggi akan purin.  Purin akan dimetabolisme menjadi asam urat.


Demikian manfaat sayur bayamberbagai kandungan dan khasiat  yang terdapat di dalam bayam. Jadi bila kita   rutin mengkonsumsi bayam bukan tidak mungkin kita akan menjadi sehat dan kuat seperti popeye.