MANFAAT KECAMBAH /TOGE

Manfaat kecambah/toge
Kecambah
MANFAAT KECAMBAH /TOGE-Kecambah atau kita lebih mengenalnya dengan toge, pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Toge mempunyai cita rasa yang lain dari jenis sayuran lainnya. Toge berasal dari kata Tauge merupakan serapan dari  bahasa mandarin yang memiliki arti kecambah yang berasal dari kacang-kacangan. Biasanya berasal dari kacang hijau maupun kedelai.  Di negara-negara Asia Timur tauge dijadikan masakan khas bagi masyarakatnya. Kecambah memiliki bentuk yang kecil mungil, warnanya cenderung putih pucat.
Namun meskipun bentuknya kecil dan warnanya pucat, kecambah memiliki banyak kandungan nutrisi dan memiliki banyak khasiat. Kecambah mengandung banyak senyawa fitokimia dan juga antioksidan.
Manfaat Kecambah/Tauge mempunyai kandungan-kandungan nutrisi seperti :
1.    Vitamin A, vitamin B,  vitamin C dan vitamin E
2.    Kalium, protein, asam folat serta karbohidrat
3.    Fosfor, zat besi, seng, potasium
4.    Serat, niacin dan energi
Karena kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dianjurkan apabila memasak kecambah sebaiknya tidak terlalu matang. Atau lebih baik lagi apabila di konsumsi secara mentah. Tapi jangan lupa untuk dicuci bersih terlebih dahulu.
Banyaknya kandungan nutrisi yang ferkandung dalam kecambah membuatnya mempunyai segudang manfaat.  
Manfaat kecambah/Tauge yang kita peroleh apabila mengkonsumsi kecambah diantaranya yaitu :
1.    Kecambah membantu tubuh kita memperoleh asupan Vitamin A, vitamin  B, vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin dalam biji-bijian apabila sudah berbentuk kecambah dipercaya akan bertambah berkali-kali lipat dibandingkan dengan bentuk aslinya.
·         Vitamin A untuk membantu kesehatan mata, sebagai sitem imun, antioksidan serta untuk  mencegah kanker. 
·         Vitamin B kompleks membantu mencegah proses penuaan dini, membantu metabolisme tubuh, membantu meningkatkan kerja otak, dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
·         Vitamin C membantu proses diet, membantu proses penyembuhan, dapat memperbaiki mood  kita.
·         Vitamin E pada kecambah dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, sebagai antioksidan, serta untuk meningkatkan daya tubuh kita.
2.    Kecambah sebagai sumber protein, bagi anda yang hanya mengkonsumsi sayuran atau biasa disebut vegetarian anda dapat memanfaatkan kecambah sebagai sumber protein bagi tubuh kita. Jika anda tidak mengkonsumsi daging dan telur, kecambah dapat menggantikankannya. Karena didalam kecambah tidak kandungan kolesterol, lemak dan juga kalori.
3.    Kecambah sangat mudah dicerna, karena kecambah mempunyai kandungan enzim yang cukup tinggi. Disamping itu kecambah dapat membantu anda yang mengalami perut kembung dan juga dapat mengatasi masalah pencernaan.
4.    Kecambah dapat membantu program diet anda, karena kecambah sangat rendah kalori dan kecambah memiliki nutrisi yang sangat bagus. Selain itu apabila anda mengkonsumsi kecambah, anda tidak akan gampang lapar. Kecambah sangat ampuh membuat anda merasa kenyang lebih lama. Jadi jika anda sedang dalam program penurunan berat badan, masukkan kecambah dalam daftar menunya. Sehingga program diet terlaksana dengan baik dan asupan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi.

[ Baca : Manfaat Labu Siam ]

Banyak sekali ya MANFAAT KECAMBAH /TOGE yang kita peroleh, apabila kita mengkonsumsi kecambah. Meskipun bentuknya sangat kecil tapi tidak dengan manfaatnya. Manfaat mengkonsumsi kecambah sungguh banyak dan bermanfaat bagi tubuh kita.