MANFAAT LABU SIAM

MANFAAT LABU SIAM- Labu siam yang memiliki nama lain gambas (masyarakat Sunda) dan jipang (masyarakat Jawa) memang mudah ditemukan dan harganya sungguh terjangkau. Labu siam memiliki warna hijau, berbentuk bulat cenderung lonjong, daging buahnya gemuk, ada getahnya dan memiliki serat-serat.
Labu siam rendah kalori, rendah sodium, tidak ada kolesterol tapi tinggi akan kadar vitamin C nya. Serta dapat juga berfungsi untuk mengatasi sembelit karena tinggi akan serat.
manfaat labu siam
Labu Siam
Berikut khasiat atau manfaat labu siam :
  1. labu siam dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat, karena kandungan asam folat yang lumayan tinggi sehingga labu siam dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai asupan nutrisi dan untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat.
  2. labu siam mengatasi asam urat, efek diuretic yang dimiliki oleh labu siam sangat baik dikonsumsi penderita asam urat. Karena saluran kandung kemih tidak tersumbat sehingga membantu keluarnya air seni dari dalam tubuh.
  3. labu siam dapat mengobati gusi berdarah dan sariawan,
  4. labu siamdapat mengatasi keluhan hipertensi, labu siam memiliki kalium yang lumayan tinggi. Kalium yang terkandung dalam labu siam berfungsi sebagai pengatur tekanan darah. Disamping itu juga terdapat kandungan alkaloid yang dapat membuka apabila saluran pembuluh darah kita tersumbat.
  5. labu siam dapat menurunkan kolesterol, terdapat bagian dari vitamin B kompleks yang disebut dengan Niasin. Niasin memiliki nama lain yaitu vitamin B3, ini berfungsi mengontrol VLDL (very low density lipoprotein), yang kemudian akan dapat menekan produksi LDL(low density lipoprotein) dan trigliresida yang menyebabkan  kolesterol.
  6. labu siam dapat mengatasi diabetes, labu siam mempunyai kandungan karbohidrat yang termasuk tinggi. Bagi penderita diabetes dianjurkan mengkonsumsi labu siam dengan cara mengukusnya dan digunakan untuk menggantikan nasi. Karena biasanya para penderita diabetes mengurangi nasi untuk menekan kadar gula dalam darah. Dan labu siam dapat memenuhinya.
  7. labu siam mengatasi tumit kaki yang kasar dan hitam, untuk hal ini yang digunakan adalah getah dari labu siam. Dengan cara mengupas labu siam kemudian getahnya dioleskan pada tumit, tunggu sampai kering. Kemudian tumit dicuci bersih.
[ Baca : Manfaat Kacang Panjang ]

Ternyata banyak sekali ya MANFAAT LABU SIAM. Padahal ini mudah ditemukan dan harganya murah. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi labu siam dan rasakan manfaatnya.