MANFAAT SAYUR TERONG

MANFAAT SAYUR TERONG-Siapa yang tidak mengenal terong? Terong berasal dari negara Srilanka dan India, masih memiliki hubungan kekerabatan dengan kentang  dan tomat. Terong mempunyai nama latin Solanum Melongena. Terong memiliki tiga jenis yaitu terong ungu, terong hijau, dan terong putih. Di Indonesia masyarakat biasa menggunakannya untuk diolah menjadi sayur  juga lalapan.
Namun selain  diolah menjadi sayur dan lalapan, ternyata terong memberikan  manfaat lain. Karena didalam terong terdapat kandungan-kandungan  nutrisi seperti : tembaga, asam folat, tiamin, magnesium, niasin, kalium, fosfor, mangan, serat, vitamin C, K dan B6. Nutrisi-nutrisi itulah yang membuat terong menawarkan berbagai khasiat yang bagus untuk tubuh kita.
Manfaat sayur terong
Terong
Manfaat sayur terong yang kita peroleh apabila mengkonsumsi sayur tersebut, yaitu :
1.    Terong dapat mencegah bayi lahir cacat, kandungan asam folat yang terdapat dalam terong membuat bayi terlindungi  dari cacat bawaan. Sehingga sangat dianjurkan bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung asam folat, salah satunya adalah terong.
2.    Terong dapat mengatasi kejang ataupun epilepsi, biasanya ini dipakai pada pengobatan tradisional. Adanya kandungan skopoletin, skoparon, skopolamin serta striknin dipercaya mampu mengatasi apabila terjadi serangan kejang, sawan, gugup maupun epilepsi.
3.    Terong mampu mencegah anemia, gejala yang timbul bila terjadi anemia adalah mudah lelah, depresi, sakit kepala dan migrain. Agar kita terhindar dari anemia sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi dan tembaga. Kedua zat inilah yang mampu menjaga agar sel darah merah yang ada dalam tubuh kita selalu dalam kondisi normal sehingga kita terhindar dari anemia. Dan terong salah satu bahan makanan yang mempunyai kandungan mineral tersebut.
4.    Terong dapat mengobati sakit pinggang, hal ini sangat dipercaya oleh masyarakat Korea. Mereka memanfaatkan terong dengan cara menjemur terong hingga kering. Kemudian mereka mengkonsumsinya untuk mengatasi keluhan encok, nyeri dan kaku pada pinggang.
5.    Terong dapat menghambat kerusakan pada pembuluh darah, gangguan ini biasanya disebabkan karena adanya timbunan kolesterol dan lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Gangguan ini berdampak pada sistem kerja jantung yang dapat mengakibatkan nyawa melayang. Dan terong ternyata mampu mengatasi persoalan tersebut.
Ternyata banyak paparan tentang MANFAAT SAYUR TERONG apabila kita mengkonsumsinya. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya dan jangan menyepelekannya, karena meskipun harganya murah dan mudah kita dapatkan namun manfaatnya sangat luar biasa.
Semoga bermanfaat.