MANFAAT SAYUR PARE

Siapa yang tidak tahu mengenai sayur yang satu ini. Sayur yang rasanya pahit ini bernama pare. Banyak yang tidak menyukai sayur ini, karena rasanya yang pahit. Namun tidak sedikit pula ibu-ibu rumah tangga yang mengolahnya menjadi suatu masakan yang lezat. Selain enak dibuat masakan ternyata sayuran pahit ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh.
Sayur Pare

Apa saja manfaat si sayur pahit ini bagi kesehatan tubuh kita?

1.    Membantu mengobati sakit diabetes secara alami
Jika anda mengalami keluhan penyakit diabetes, tentu anda ingin menjalani pengobatan yang tidak mahal, aman dan pastinya menyehatkan. Salah satu yang bisa mengobati penyakit tersebut adalah dengan pare. Karena di dalam pare terdapat sifat atau zat yang bernama pare hipoglikemik.
Zat inilah yang mampu mengontrol atau menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita.

2.    Bermanfaat Menekan Penyebaran Sel Kanker
Sebuah riset di pusat penelitian penyakit kanker di University of Colorado, mereka berhasil mengungkapkan bahwa didalam pare yang pahit ternyata memiliki zat atau kandungan yang dapat berguna untuk menghambat berkembangnya sel kanker pankreas.

Kandungan yang terdapat didalam pare itulah yang dapat mempengaruhi atau mencegah metabolisme glukosa yang dibutuhkan oleh sel kanker. Karena untuk bertahan didalam tubuh, sel kanker membutuhkan asupan energi dan pare berfungsi mencegah persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut. Untuk pencegahan kita dapat mengkonsumsi pare dengan cara dibuat jus.

3.    Menyehatkan kulit tubuh
Jika anda sering beraktifitas diluar rumah, pasti merasakan kulit anda menjadi kasar ataupun terlihat kusam karena terkena sengatan sinar matahari yang begitu terik.
Tetapi anda tidak perlu risau dan bingung lagi karena ada bahan yang murah dan mudah didapat disekitar kita, yaitu pare. Anda dapat mempergunakan pare sebagai alternatif untuk mengatasi keluhan anda tersebut.
Caranya yaitu dengan dibuat masker, gunakan secara rutin dan teratur. Kulit wajah anda yang mengkerut ataupun terbakar akibat sinar ultraviolet, niscaya akan menjadi sehat dan cantik kembali.

4.    Dapat menambah nafsu makan
Didalam pare memiliki kandungan zat yang bernama asam trichosanat dan momordicin. Kedua zat ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan fungsi pencernaan di lambung. Sehingga apabila kita mengkonsumsi pare maka nafsu makan kita akan kembali baik, dan kita bisa makan dengan lahap.

5.    Dapat Melegakan Pernapasan
Apakah anda memiliki keluhan sering sesak napas atau anda memiliki penyakit asma? Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena ada sayuran  baik yang dapat mengatasi keluhan anda tersebut. Anda dapat mengkonsumsi pare secara rutin. Ada penelitian studi di University of Massachusetts, menyebutkan tubuh merespon terhadap konsumsi makanan yang pahit. Pare dapat  merangsang indera pengecap yang terdapat dalam sel saluran pernapasan. Rangsangan ini membuat saluran pernapasan menjadi lebar sehingga aliran udara jadi lebih cepat dan kuat.
Dengan mengkonsumsi pare secara teratur dan rutin dapat memperlancar sistem pernafasan pada tubuh kita.

6.    Dapat membantu membersihkan darah 
Apabila kita mengkonsumsi pare secara teratur, dapat juga membantu mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi dalam darah. Di dalam pare mempunyai kandungan zat yang bisa membersihkan darah.
Dengan membuat jus pare dan mengkonsumsinya secara rutin, gatal-gatal akibat darah kotor akan teratasi. Sangat dianjurkan apabila meminum jus pare adalah waktu pagi hari pada saat perut masih kosong.
Ternyata dibalik rasa pare yang pahit tersimpan berbagai manfaat yang sangat bagus bagi tubuh kita. Bagaimana? Sekarang anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi sayur pahit ini bukan?


Kata Kunci :
  • Manfaat dan Khasiat Sayur Pare
  • Kegunaan Sayur Pare
  • Kandungan vitamin Sayur Pare
  • Manfaat, kegunaan dan khasiat Sayur-sayuran