MANFAAT SAYUR BROKOLI

Manfaat Sayur Brokoli
Sayur Brokoli
Manfaat Sayur Brokoli-Brokoli berasal dari bahasa Itali yang memiliki arti “cabang”.  Brokoli mempunyai daun berwarna hijau tua jenis Brassica, yang masih satu keluarga dengan tanaman seperti kangkung, kubis, dan kembang kol. Sayuran ini mulai dibudidayakan di abad ke-17 atau ke-18. Brokoli termasuk sayuran yang digemari di seluruh dunia. Karena sayuran ini dapat diolah dalam berbagai masakan. Brokoli dapat dikonsumsi secara mentah dengan dibuat salad karena kandungan nutrisinya masih terlindungi ataupun bisa diolah menjadi berbagai hidangan. 
Didalam dunia kuliner brokoli dianggap sebagai salah satu makanan super, karena kandungan nutrisi yang dikemas dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. 
Kandungan Brokoli :
Zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C, merupakan zat-zat yang terkandung dalam brokoli. Ada juga kandungan phytochemical penting dan antioksidan, yang dapat mencegah segala penyakit dan infeksi. Brokoli juga mengandung vitamin C yang membuat sayuran ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.
Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh :
1.    Mampu mencegah kanker
Senyawa yang terkandung didalam brokoli yaitu glucoraphanin, didalam tubuh akan di proses menjadi senyawa anti-kanker, yaitu sulforaphane. Senyawa ini memiliki fungsi untuk mengusir bakteri yang ada dalam tubuh, bakteri yang dimaksud adalah Helicobacter pylori. Bakteri ini yang dapat memicu terjadinya risiko kanker lambung. Senyawa lain yang terkandung dalam brokoli yaitu indole-3-carbinol, senyawa antioksidan dan anti-karsinogen ini dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payud*ra, kanker leher rahim (kanker serviks), dan dapat pula meningkatkan fungsi hati.
2.    Menjaga kesehatan jantung
Zat karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat meminimalisir serangan jantung dan juga penyakit stroke. Di dalam brokoli juga terdapat vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mencegah terjadinya radang pada pembuluh darah manusia atau yang biasa disebut dengan aterosklerosis.
3.     Menjaga kesehatan mata
Di dalam brokoli terkandung zat yang mampu menjaga kesehatan mata kita. Karena brokoli merupakan salah satu sumber Vitamin A yang diperlukan dalam pembentukan  retina. Selain itu, di dalam brokoli terdapat zat yang bernama karotenoid lutein (pigmen organik) yang dipercaya mampu mencegah degenerasi makular pada mata.
4.    Menjaga sistem kekebalan tubuh
Dalam brokoli mempunyai beta-karoten yang tinggi, yang  sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Terdapat juga kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium yang merupakan faktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.
5.    Menjaga sistem saraf
Di dalam brokoli terdapat zat yang dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot. Kandungan tersebut adalah kalium.
6.    Menjaga kesehatan tulang
Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Karena di dalam brokoli mengandung kalsium dan Vitamin K yang tinggi. Kedua zat tersebut sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.
7.    Melawan radikal bebas
Vitamin C yang lumayan tinggi yang terdapat dalam brokoli, yang berfungsi sebagai antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Dan juga ada zat antihistamin yang baik untuk meredakan flu yang menyerang.
[ Baca : Manfaat Sayur Oyong ; disini ]

Demikian manfaat sayur brokoli beserta kandungan-kandungan yang terdapat didalamnya, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita . Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita, dan tidak perlu ragu lagi mengkonsumsi brokoli.