MANFAAT SAYUR OYONG

Manfaat Sayur Oyong-Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan oyong atau gambas atau ceme (Luffa acutangula). 
Manfaat Sayur Oyong
Sayur Oyong
Sayur ini banyak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk dibuat sop dan sayur bening. Dari bentuknya, sayur oyong ini memiliki bentuk bersiku-siku panjang. Kulit oyong keras tetapi dagingnya empuk dan lembut berwarna hijau. Sayuran ini banyak tumbuh didaerah yang bersuhu dingin. Oyong yang memiliki nama latin Luffa Cylindrica ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Namun sebagian orang masih belum memahami manfaat yang dimiliki oleh oyong atau gambas atau ceme ini. Daerah yang paham akan sayuran ini salah satunya yaitu masyarakat Jawa Barat. Masyarakat tersebut memanfaatkannya sebagai obat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Apabila ada yang mau menjalani pemeriksaan menjelang pemberangkatan haji, mereka mengkonsumsi biji dari oyong. Dengan mengkonsumsinya selama kurang lebih 2 minggu kandungan kadar gula dalam darah akan berkurang.
Kandungan apa saja yang ada didalam oyong sehingga membuat sayuran ini memiliki khasiat yang luar biasa. Senyawa tersebut adalah cucurbitasin, zat inilah yang terkandung dalam biji oyong, yang menyebabkan biji oyong dapat menurunkan kandungan kadar dalam gula darah.

[ Baca : Manfaat Sayur Pare ]
Manfaat Oyong
Ada kegunaan atau manfaat lain dari sayuran yang masih anggota dari famili  Cucurbitaceae ini, diantaranya dapat mengobati cacingan, melancarkan ASI bagi ibu-ibu yang baru melahirkan, melancarkan peredaran darah serta dapat mengobati asma, radang usus, radang telinga dan radang tenggorokan.
Namun untuk mendapatkan khasiat tersebut harus ada cara-caranya sehingga didapatkan khasiat yang optimal. Cara-cara tersebut diantaranya :
1.    Untuk mengobati cacingan, kita dapat mengkonsumsi biji dari oyong. Dengan cara biji oyong ditumbuk halus, kemudian serbuk tadi diseduh dengan air panas, secukupnya diminum sehari sekali. Untuk anak-anak diperlukan biji oyong hitam sebesar 30 gram, sementara untuk dewasa 40-50 gram biji oyong.
2.    Bagi ibu-ibu yang baru melahirkan, oyong berkhasiat meningkatkan produksi ASI. Yang digunakan adalah oyong dan bijinya, dengan cara dipanggang kemudian ditumbuk halus lalu seduh dengan air panas, diminum 1-2 kali sehari. Diperlukan 6 gram untuk setiap kali minum.
3.    Untuk mengobati asma lebih mudah lagi, hanya dengan mengambil oyong muda beserta tangkainya kemudian dicuci bersih dan dibuat jus. Diminum secara teratur 2 kali sehari.
4.    Bagi yang memiliki keluhan radang usus, oyong yang sudah tua dipotong lalu dijemur sampai kering kemudian ditumbuk sampai halus. Ambil serbuknya seberat 20 gram lalu diseduh dengan air panas setengah gelas dan diminum 1-2 kali sehari.
5.    Sayur oyong juga bermanfaat sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit radang telinga. Yaitu dengan cara memotong oyong kecil-kecil seberat 500 gram dicampur daun sambiloto sebanyak 50 lembar. Kedua bahan tersebut kemudian direbus dengan 2 liter air, biarkan mendidih dan hanya tersisa sekitar 500 cc. Lalu kita minum 2-3 kali sehari.
6.    Oyong juga dapat mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan, dengan cara ambil oyong yang masih muda lalu dibuat jus dengan ditambahkan gula batu ataupun gula pasir. Diminum secara teratur 2-3 kali sehari.
7.    Bagi yang peredaran darahnya kurang lancar dapat mengkonsumsi oyong dan jamur kuping hitam. Caranya yaitu oyong seberat  250 gram, jamur kuping hitam  20 gram, masak sesuai keinginan atau selera kita. Niscaya peerdaran darah kita akan kembali lancar.
Begitu banyak manfaat sayur oyong ini. Jadi jangan ragu lagi kita mengkonsumsi oyong atau gambas atau ceme ini ya.