8 MAKANAN MEMBANTU MENAJAMKAN OTAK

makanan membantu menajamkan otak
8 Makanan Membantu Menajamkan Otak
MAKANAN MEMBANTU MENAJAMKAN OTAK-Jika anda mulai mengalami kesulitan dalam penghitungan-penghitungan padahal dulu anda sangat mudah melakukannya, atau anda kini sering lupa akan detail kejadian padahal baru saja terjadi. 

Menurut dokter ahli  kemunduran fungsi otak, hal tersebut sangat wajar terjadi seiring pertambahan usia maupun adanya perubahan gaya hidup. Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena kita dapat memperlambat proses tersebut dengan mengkonsumsi 8 makanan membantu menajamkan otak.  Bukan hanya kita yang membutuhkan makanan ini tapi anak-anak juga sangat membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi ini agar kecerdasan otak anak bertambah.
8 makanan membantu menajamkan otak, yaitu :
  •  Ikan Salmon

Berdasarkan penelitian orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur dapat membantu perkembangan otak menjadi lebih baik.  Terutama jenis ikan yang berminyak karena memiliki paling banyak kandungan omega 3. Jenis ikan itu ada pada salmon, tuna, makarel. Menurut penelitian omega 3 tidak hanya memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak-anak, tetapi omega 3 juga berperan menjaga fungsi otak pada orang dewas. Tidak hanya anak-anak dan dewasa bahkan manula pun membutuhkan omega 3. Di dalam omega 3 juga memiliki kandungan DHA dan asam lemak yang penting untuk perkembangan otak dan kesehatan saraf tubuh. Kekurangan DHA mengakibatkan resiko serangan alzheimer    atau penurunan fungsi otak atau lebih sering disebut dengan pikun.

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak fungsinya bagi otak. Kandungan magnesium pada brokoli mampu meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian brokoli menjadi terapi yang sangat bagus untuk penderita alzheimer. Diantara jenis sayur yang lain brokoli memiliki sifat anti-asetilkolinesterase yang paling kuat.  Enzim tersebut mirip dengan khasiat obat-obatan yang diberikan kepada penderita alzheimer. Tapi yang harus diperhatikan adalah apabila memasak brokoli tidak boleh terlalu lama, agar kandungan nutrisi di dalamnya tetap utuh.
  • Biji Kuaci

Kuaci  sering kita jadikan sebagai bahan untuk ngemil. Tapi tahukah anda jika kuaci yang kita makan dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Tapi kuaci yang kita konsumsi  harus kuaci yang memiliki kadar garam yang rendah. Biji bungan matahari dan jenis biji-bijian lain memiliki  kandungan triptofan atau asam amino nonesensial yang membantu melepaskan hormon serotonin ke dalam darah. Hormon ini dapat mendatangkan rasa rileks sehingga dapat mengatasi kondisi stres dan depresi. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin B komplek dan B6 yang berperan dalam metabolisme protein yang terbukti meningkatkan kapasitas memori otak dan kemampuan berpikir. Kandungan vitamin E pada kuaci juga yang paling tinggi.
  • Kacang Kedelai  

Kacang kedelai kaya akan vitamin E. Juga terdapat kandungan senyawa lesitin yang mempunyai sifat lipotropik atau sifat yang mendorong pengangkatan asam lemak dari hati ke jaringan-jaringan tubuh serta membantu pembakaran lemak di hati.  Dengan begitu   akan memaksimalkan distribusi oksigen ke dalam otak. Gabungan antara lesitin dan kolin juga dapat meningkatkan fungsi daya ingat otak dan melindungi otak dari penyakit degeneratif bahkan alzheimer.
  • Blueberry

Blueberry memang enak dan lezat. Selain itu juga kaya manfaat. Ekstrak blueberry dipercaya dapat memperbaiki gangguan memori jangka pendek (short term memory loss) dan jika dikonsumsi teratur dipercaya dapat menguatkan daya ingat. Buah mungil yang berwarna ungu kehitaman ini memiliki antosianin yang bersama asam klorogenik dan reserveratrol memiliki efek antioksidan sehingga mampu melindungi  sel-sel saraf dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Juga memperbaiki fungsi memori yang mulai melemah.
  • Cokelat

Mengkonsumsi cokelat menurut penelitian dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berhitung. Berdasar penelitian di dalam cokelat ada kandungan Flavanol yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Flavanol di dalam cokelat mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Lantas adakah batasan kita mengkonsumsi cokelat?berdasarkan penelitian cokelat yang kita perlukan adalah sekitar 6 atau 7 gram setiap hari. Atau sebanding dengan satu bungkus kecil cikelat, atau kurang lebih dua atau tuga kali dalam sepekan. Cokelat yang kita pilih adalah jenis dark chocolate.
  •  Avokad

Avokad memang banyak memiliki lemak tetapi jangan salah kandungan lemak yang terdapat dalam buah ini justru adalah lemak baik yang bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh yang terdapat di dalamnya mampu memperlancar peredaran darah ke otak, sehingga asupan oksigen dalam otak terpenuhi. Potasium dalam avokad dapat menstabilkan tekanan darah, juga dapat menurunkan resiko stroke. Apabila tekanan darah stabil dapat melancarkan kemampuan berpikir. Avokad juga memiliki asam folat yang memiliki peranan untuk memelihara kesehatan sel-sel saraf dan otak.
  • Teh Hijau

Berdasarkan penelitian di dalam teh hijau terdapat kandungan senyawa polifenol yang efektif melawan perkembangan penyakit alzheimer. Apabila sudah dicerna oleh enzim di dalam usus akan lebih efektif.
Di dalam teh hijau juga terdapat asam amino yang bernama teanin yang efektif memberi rangsangan pada aktifitas otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Mekanisme ini akan memberikan efek rileks dan kewaspadaan mental  seperti pada saat kita melakukan meditasi. Setiap 100 miligram teanin yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi teh sebanyak 4 cangkir, sudah sangat ampuh untuk membantu anda mengerjakan tugas-tugas dengan lebih fokus.

Demikianlah artikel 8 MAKANAN MEMBANTU MENAJAMKAN OTAK , semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Jangan lupa bagikan info bermanfaat ini, indahnya dalam hidup bila kita saling berbagi. Sekian dan terima kasih.