MANFAAT BUAH TOMAT

Manfaat Buah Tomat
Tomat
MANFAAT BUAH TOMAT-Tomat berasal dari negara Peru dan Ekuador. Termasuk didalam keluarga Solanaceae. Banyak yang belum tahu kalau ternyata tomat bukan termasuk dalam jenis buah-buahan, tetapi tomat termasuk dalam jenis sayuran. Pada awal ditemukannya tomat, banyak yang menganggap sebagai makanan yang beracun dan masyarakat hanya menggunakannya sebagai tanaman hias.
Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai bisa mengetahui apa saja manfaat tomat. Didalam tomat memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. 



Nutrisi yang terdapat didalam tomat yaitu :
  • Air, kandungan air yang sangat banyak pada tomat banyak yang menyangka bahwa tomat termasuk jenis buah-buahan. Tetapi anggapan itu salah karena tomat ternmasuk dalam jenis sayuran. Kandungan air yang banyak memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
  • Lemak, tomat memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, bahkan hanya sedikit.
  •  Protein, kandungan protein pada tomat termasuk dalam protein nabati karena berasal dari sayuran. Jika banyak mengkonsumsi protein maka apabila kita sakit maka proses penyembuhan akan menjadi cepat. Dan juga dapat menjaga berat badan tetap seimbang.
  • Kapur, membantu untuk pembentukan urat syaraf dan otot.
  • Serat, tomat mengandung serat yang lumayan tinggi sehingga baik untuk pencernaan dan dipastikan kita tidak akan mengalami sembelit.

Selain itu didalam tomat terdapat juga kandungan kalori, terdapat juga vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Ada juga kandungan fosfor yang akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
Masyarakat kita hanya mengenal satu jenis tomat saja, tapi tahukah anda jika sebenarnya memiliki empat jenis tomat, yaitu :
  1. tomat biasa, biasanya ditanam didaerah dataran rendah. Tomat jenis ini mempunyai bentuk bulat cenderung pipih tapi bentuknya tidak beraturan.
  2. tomat apel, disebut tomat apel karena memang bentuknya seperti buah apel. Jenis tomat ini biasanya ditanam dipegunungan.
  3. tomat kentang, bentuknya bulat, besar dan padat hampir sama dengan jenis tomat apel tetapi tidak sebesar jenis tomat apel
  4. tomat keriting, sering juga disebut tomat roma. Jenis tomat ini bertekstur cukup keras, memiliki bentuk yang menyerupai alpukat tetapi beda pada warnanya. Jika alpukat berwarna hijau maka kalu jenis tomat ini berwarna merah. Tapi meskipun teksturnya keras banyak orang yang menyukainya karena jenis tomat ini memiliki kulit yang tebal serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dari keempat jenis tomat diatas, yang sering kita jumpai dipasar-pasar tradisional ataupun supermarket adalah jenis tomat biasa dan jenis tomat apel. 

Selain memiliki banyak jenis, tomat juga mempunyai berbagai manfaat. Kandungan nutrisi yang ada pada tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga untuk kecantikan.
Apa saja sebenarnya manfaat tomat bagi kita :
  • Tomat bagus untuk kulit, tomat memiliki kandungan beta-karotena yang mampu melindungi kita dari pancaran sinar matahari yang dapat merusak kulit. Juga mencegah terjadinya lipatan-lipatan atau kerutan pada kulit. Biasanya tomat digunakan sebagai masker pada wajah untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.
  • Tomat bagus untuk rambut, tomat dapat membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan indah. Juga dapat membuat rambut tidak mudah rontok maupun bercabang.
  • Tomat bagus untuk mata, karena kandungan vitamin A yang tinggi membuat tomat dapat membuat mata terhindar dari penyakit. Sehingga mata akan tetap sehat.
  • Tomat dapat menurunkan berat badan, kandungan kalori yang lumayan rendah menjadikan tomat masuk kedalam daftar menu makanan bagi mereka yang melakukan progra penurunan berat badan. Tomat juga memiliki serat yang tinggi sehingga saluran pencernaan tetap lancar.
  • Tomat dapat mencegah kanker, berbagai macam jenis kanker dapat kita cegah dengan mengkonsumsi tomat. Karena didalam tomat terdapat zat yang bernama Likopen, kandungan vitamin A dan vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas.
  • Tomat sangat bagus untuk ibu hamil dan balita. Sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan balita untuk mengkonsumsi tomat. Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam tomat sangat bagus bagi perkembangan janin.
[ Baca : Manfaat Sayur Nangka ]

Ternyata MANFAAT BUAH TOMAT tidak hanya enak dan segar tapi tomat juga sangat bagus untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi tomat setiap hari secara tidak berlebihan akan membuat kita semakin sehat dan tetap cantik. Jadi jangan ragu lagi ya mengkonsumsi tomat.