WARISAN UNIK DUNIA PRAJURIT BAWAH TANAH

WARISAN UNIK DUNIA PRAJURIT BAWAH TANAH-Mengapa dikatakan prajurit bawah tanah? apakah prajurit ini berperang di bawah tanah? atau apakah para prajurit ini hidup di bawah tanah?
Ternyata bukan seperti itu, dikatakan prajurit bawah tanah berupa patung-patung prajurit  yang ditemukan di bawah tanah. Menurut sejarah awal diketemukan patung-patung ini adalah karena ketidaksengajaan para petani  di Gunung Li Shan di Xian Cina. Karena pada masa itu sedang terjadi musim kering yang panjang, kemudian para petani ingin membuat sumur baru. Pada saat penggalian tersebutlah cangkul para petani mengenai sesuatu yang ternyata adalah sebuah patung. Kemudian mereka melaporkan penemuan tersebut ke pejabat pemerintahan setempat.
Warisan Unik Dunia Prajurit Bawah Tanah
Patung Terracotta
Berdasarkan hasil penelitian tim arkeologi patung-patung tersebut adalah patung terracotta yang terbuat dari tanah liat. Sampai dengan sekarang sudah ditemukan sejumlah 8099 patung terracotta. Selain patung-patung tim arkeologi juga menemukan patung kuda dan kereta dari kayu. Ukuran dari patung-patung tersebut lebih besar dari ukuran aslinya. Tinggi patung prajurit ini berkisar 180-200 cm. Keseluruhan patung-patung ini juga memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda, bahkan untuk patung kuda pun tidak ada yang memiliki sikap yang sama. Semua patung-patung itu di beri warna yang terang sesuai warna aslinya namun seiring berjalannya waktu cat-cat tersebut menjadi pudar sehingga yang tertinggal hanya warna terakota.  Sepertinya patung-patung ini memang dibuat satu persatu yang membutuhkan hampir 700.000 orang yang diambil dari berbagai propinsi di Cina pada masa itu.
Lantas untuk apa patung-patung prajurit diletakkan atau di kubur di dalam tanah?
Prajuri-prajurit dan pasukan kuda ini dibuat pada masa kepemimpinan kaisar pertama dari dinasti Qin yaitu kaisar Qin Shi Huang. Kaisar Qin naik tahta tahun 246 SM pada umur yang masih belia, 13 tahun. Namun meskipun masih muda kaisar langsung memerintahkan untuk mempersiapkan makam serta pasukan prajurit terracotta. Pasukan prajurit ini dimaksudkan untuk menjaga dan melindungi kaisar di dalam kubur jika kaisar sudah wafat. Kaisar Qin memiliki kepercayaan bahwa meskipun sudah wafat tapi musuh-musuhnya akan tetap menyerang sehingga kaisar tetap membutuhkan pasukan untuk menjaganya. Dan benar saja pada saat kaisar wafat , prajurit-prajurit ini pun dimakamkan bersamaan dengan pemakamam kaisar.  
Pasukan prajurit Terracotta ditemukan dalam tiga ruangan besar di bawah tanah. Ruangan pertama yang ukurannya sangat luas adalah ruangan untuk prajurit utama atau prajurit aktif perwira.  Ruangan kedua untuk pasukan cadangan, sementara ruangan ketiga yang relatif tidak luas adalah untuk rumah komandan dan perwira. Ketiga ruangan besar tersebut masih dibagi menjadi ruangan-ruangan lagi yang memiliki pembatas dinding yang sangat tebal dan lantainya dilapisi bata.
Yang unik juga adalah semua wajah prajurit dan pasukan lainnya menghadap ke timur. Seolah-olah sang kaisar akan mendapatkan serangan dari arah timur.

[ Baca : Sejarah Pasar Klewer Solo ]

Hasil karya prajurit terracotta pada masa kejayaan Tiongkok masa lalu ini memang sangat menakjubkan selain pembangunan tembok raksasa. Bahkan sampai sekarang WARISAN UNIK DUNIA PRAJURIT BAWAH TANAH ini masih menjadi misteri.  Dan pada tahun 1987 pihak PBB melalui UNESCO menetapkan makam prajurit terracotta sebagai warisan budaya dan juga merupakan karya seni pahat terbaik pada zaman Tiongkok kuno.