RASA PEDAS SELAIN CABAI (CABE)

Rasa Pedas Selain Cabai (Cabe)-Bagi penggemar pedas rasanya tidak lengkap jika makan tanpa sambal atau makanannya tidak ada rasa pedasnya. Rasa pedas tidak hanya diperoleh dari cabai saja melainkan ada bahan makanan lainnya yang juga dapat menimbulkan sensasi pedas.
Lantas apa saja rasa pedas selain cabai ?
rasa pedas selain cabai
Merica Putih
  • Rasa pedas selain cabai (cabe) yang pertama adalah White Pepper / Merica Putih

Merica memiliki bentuk butiran kecil berwarna krem dan memiliki permukaan kulit yang halus,  berasal dari India.
Merica putih diperoleh dengan cara mengambil dari buah merica utuh yang sudah matang kemudian direndam satu minggu. Kulit ari yang masih tersisa dibersihkan hingga yang tertinggal hanya inti biji yang berwarna keabuan, kemudian di jemur sampai kering.
Di pasaran merica biasa dijual dalam bentuk butiran maupun bubuk.
Walaupun rasa pedasnya tidak sedasyat cabai rawit namun merica tetap bisa mendatangkan rasa pedas tersendiri.  Di dalam merica terkandung zat yang bernama protein piperine. Zat inilah yang dapat menimbulkan rasa panas di mulut dan tengggorokan.
Di hampir semua masakan pasti menggunakan merica sebagai bumbu masakan. Bahkan orang-orang Eropa sangat menyukainya.
Contoh masakan yang menggunakan merica : hampir semua masakan diseluruh dunia menggunakan merica.
rasa pedas selain cabai
Merica Hitam
  • Rasa pedas selain cabai (cabe) yang kedua adalah Black Pepper / Merica Hitam

Hampir sama dengan merica putih, hanya saja merica hitam diambil dari buah merica yang belum terlalu matang. Kemudian biji tersebut difermentasi dengan cara ditumpuk  selama dua sampai tiga hari, baru kemudian dijemur hingga berubah warna menjadi hitam dan keriput.
Aroma black pepper lebih menyengat dibandingkan dengan aroma white pepper.  Karen di dalam black pepper terdapat zat yang dapat membangkitkan aroma seperti : linalool, pinene, limonene, sabinene, dan caryophyllene.
Baik merica hitam maupun merica putih selain digunakan sebagai bumbu masakan yang memiliki rasa pedas selain cabai, keduanya juga dapat digunakan untuk herba, sebagai campuran untuk minyak urut, serta dapat juga digunakan sebagai campuran minuman dalam bentuk spirit.
Contoh masakan yang menggunakan black pepper : biasanya digunakan sebagai bahan membuat saus dalam masakan Eropa dan Cina.
rasa pedas selain cabai
Szechuan Pepper
  • Rasa pedas selain cabai (cabe) yang ketiga adalah Szechuan Pepper

Sebenarnya bumbu khas ini tidak termasuk dalam golongan merica. Di sebut pepper karena memiliki bentuk dan pedas serta hangat mirip dengan merica.
Bentuknya seperti merica tetapi memiliki dua ruas kulit buah.
Akan keluar biji hitam jika sudah merekah. Biasanya dapat diperoleh di toko bahan masakan Cina dalam bentuk yang sudah kering.
Bumbu khas ini berasal dari kulit luar tumbuhan zanthoxylum ( jeruk-jerukan).
Namanya di ambil dari Provinsi Szechuan, Cina.  
Meskipun tidak memiliki rasa pedas yang panas seperti cabai dan merica, namun merica szechuan dapat memberikan efek kelu pada lidah seperti kebas.
Di Indonesia juga mengenal jenis merica ini, hanya saja dalam versi  yang berbeda. Di Indonesia merica ini dalam tampilan warna hijau, masih muda, dan segar.  Dan orang Sumatra Utara menyebutnya sebagai buah andaliman.
Biasanya yang menggunakannya adalah penduduk Sumatra Utara.
Contoh masakannya adalah : hampir seluruh masakan di Szechuan Cina menggunakan bumbu masakan ini. Di Sumatra Utara andaliman biasa digunakan untuk sambal dan penyedap dalam saksang dan arsik.
rasa pedas selain cabai
 Wasabi
  • Rasa pedas selain cabai (cabe) yang keempat adalah Wasabi

Bumbu khas yang satu ini juga memiliki rasa pedas selain cabai. Berasal dari Jepang dan sangat populer di negara sakura tersebut. Wasabi berasal dari akar jenis kubis-kubisan asli Jepang.
Memiliki rasa yang menyengat hidung, serta mempunyai bentuk bubuk dan pasta dengan warna hijau. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan plastik atau tube.
Pedasnya wasabi tidak seperti cabai dan merica, yang berasa pedas di mulut dan tenggorokkan. Rasa pedas wasabi langsung menyengat hidung dengan tajam.
Selain sebagai bumbu masakan ada juga yang menggunakan wasabi sebagai bahan kosmetik.
Contoh masakannya adalah : makanan-makanan Jepang seperti soba, sashimi, ochazuke dan sushi.  Bahkan di perkembangan kuliner sekarang ini ada yang menggunakan wasabi didalam rasa es krim

[ Baca : Ciri-ciri Beras Bebas Bahan Kimia ]

Demikian tadi mengenai bumbu-bumbu masakan yang mempunyai rasa pedas selain cabai (Cabe).  Semoga informasi tersebut dapat menjadi alternatif bagi anda yang tidak terlalu suka akan rasa pedasnya cabai.

Semoga bermanfaat.