TIPS DAN TRIK MERAWAT BATIK

Tips dan trik merawat batik
TIPS DAN TRIK MERAWAT BATIK-Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Kita jangan marah saat warisan budaya kita diklaim negara lain/negara tetangga kita, melainkan kita harus bangga dan tidak malu untuk memakai busana dengan bahan kain batik.
Ada beberapa jenis batik, jika ditinjau dari cara atau tehnik pembuatannya  yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing (cetakan). Jika berdasarkan pola atau motifnya ada batik motif klasik dan batik motif pesisir.
Setelah batik Indonesia resmi diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik indonesia masuk dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Kementerian Kebudayaan Dan Pariwisata dengan telah dikukuhkan batik oleh UNESCO, berharap batik Indonesia dapat di apresiasi oleh masyarakat sebagai pruduk warisan budaya dan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari.
Karena makin maraknya untuk berbusana batik saat ini, anda harus mampu bagaimana tips dan trik merawat batik anda dengan baik dan tetap indah.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat batik, kain batik kesayangan anda  agar tetap bagus dan tidak cepat kusam,  diantaranya sebagai berikut :
  1. Menggunakan Shampoo rambut, mencuci  batik dengan shampo  caranya larutkan dahulu shampoo , aduk sampai rata dan pastikan tidak ada yang mengental. Setelah itu celupkan/rendam sebentar kain batik kedalam  air shampoo tersebut. Atau anda bisa cari sabun khusus untuk cuci kain batik yang  banyak dijual di pasaran.
  2. Menggunakan sabun mandi , kulit jeruk dan air hangat,  caranya jika kain batik tidak terlalu kotor cukup menggunakan air hangat tetapi kalau kain batik terkena noda  cukup gunakan dengan sabun mandi saja. Jika noda masih membandel gunakan kulit jeruk, hanya bagian noda saja. Ingat, jangan menggunakan deterjen , digosok/disikat dan jangan menggunakan mesin cuci.
  3. Hindari penjemuran dengan sinar matahari langsung dan jangan diperas saat akan menjemur, yaitu jemur di tempat teduh biar kering secara alami dan rapikan / tarik kain agar serat kain lipatan kembali seperti sediakala.
  4. Hindari panasnya setrika secara langsung, yaitu dengan cara semprotkan air pada kain batik anda lalu lapisi kain lain untuk menyeterika, hal ini untuk menghindari panas langsung dari seterika.
  5. Gunakan koran, jika ingin pakai pewangi atau pelembut kain. Yaitu dengan cara, tutupi kain batik dengan koran terlebih dahulu lalu semprotkan pewangi/pelembut kain.
  6. Jangan semprotkan langsung minyak wangi atau parfum pada kain batik atau pakaian berbahan batik sutera yang berpewarna alami.
  7. Hindari kapur barus waktu penyimpanan di lemari, atau dengan cara lain menggunakan beri mrica atau lada yang dibungkus pakai tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian anda, hal ini dilakukan untuk mengusir ngengat atau anda bisa juga menggunakan akar wangi.
Demikian TIPS DAN TRIK MERAWAT BATIK anda, agar tetap indah dan tidak cepat berubah warna. Semoga bermanfaat dan mari berbagi informasi untuk kampaye dan mencintai batik sebagai produk warisan budaya indonesia. 

Kata Kunci :
  • Cara merawat batik
  • Cara Mencuci kain batik
  • Petunjuk merawat batik