TIPS MENYETIR MOBIL YANG BAIK

TIPS MENYETIR  MOBIL YANG BAIK -berkendara menggunakan mobil pribadi dianggap sudah yang paling aman. Namun ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat menyetir. Sedetik  saja anda  mengantuk  atau tengah asyik dengan ponsel, nyawa anda maupun nyawa orang lain melayang. Menyetir  mobil harus memperhatikan hal-hal seperti di bawah ini :
Tips Menyetir Mobil Yang Baik
Tips Menyetir
  • Kenali  Karakter Kendaraan

Anda harus memperhatikan apakah mobil anda bertransmisi manual atau transmisi otomatis. Mengendarai mobil dengan jenis MPV sangat berbeda dengan jenis SUV, lain juga dengan jenis sedan.  Sesuaikan pola pikir anda dengan karakter kendaraan.
  • Buat Manajemen Perjalanan

Pengemudi yang baik akan selalu berpikir tentang segala kemungkinan yang akan terjadi pada saat menyetir.  Bukan hanya mencari jalan alternatif untuk menghindari macet. 
Namun sebaiknya anda memiliki catatan atau mencari data-data dan membuat tanda dimana saja ada lokasi-lokasi yang dapat menganggu konsentrasi perjalanan anda, seperti : jalan rusak atau berlubang, tanjakan atau kelokan tajam, jalan yang rusak atau berlubang, lokasi keramaian (pasar,sekolah).
  •  Kendalikan Emosi

Mulai dari awal menyalakan mesin kendaraan, harus dipastikan kondisi mood anda dalam keadaan tidak terganggu. Karena pada saat menyetir  anda harus dalam keadaan yang selalu berpikiran positif.
Meski keadaan jalan sedang macet anda harus dapat menahan diri. Mengendalikan emosi dan mood adalah hal terpenting dalam mengemudi. Apabila kita emosi atau dalam kondisi marah di jalan raya justru makin membuat kita stres. Pengemudi yang terburu-buru menjadi kurang sabar sehingga terjadi salip-menyalip.
Disiplin di jalan raya dan berkendara harus tetap kita jaga.
  • Smart Phone

Anda benar-benar harus menghindari mengemudi sambil menggunakan telepon genggam, maupun komunikasi dengan sosial media lain seperti facebook, twiiter ataupun bbm.
Hal-hal tersebut dapat merusak fokus kita saat menyetir. Terlebih aktifitas menggunakan smart phone memerlukan keaktifan jari-jari tangan. Padahal jari-jari tangan anda harus selalu sigap memegang kemudi mobil.
  • Hati-hati Minum Obat

Cermati dulu obat yang anda konsumsi. Perhatikan anjuran yang tertulis dalam kemasan obat dan apa kata dokter. Karena sebagian obat yang di jual bebas ada yang mengandung bahan aktif yang dapat membuat konsentrasi dan kemampuan refleks anda menurun. Yang dapat mengakibatkan anda akan kesulitan untuk merespon apabila ada kondisi darurat.
Jadi jaga selalu kesehatan anda, jangan abaikan juga sakit-sakit yang ringan seperti batuk, masuk angin atau flu. karena meskipun hanya sakit ringan tapi tetap saja dapat mengurangi tingkat konsentrasi kita saat mengemudi.
  •  Awas Jangan Mabuk

Baik mabuk ringan maupun mabuk berat  tidak diperbolehkan untuk mengemudi, karena sangat berbahaya. Kecelakaan yang diakibatkan karena pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang sangatlah fatal. Fatal untuk pengemudi maupun untuk pengguna jalan lain.
  • Jangan Memakai High Heels

Sebaiknya anda mengenakan sandal atau sepatu yang rata atau flat shoes. Karena hak tinggi dan ujung yang runcing akan menyulitkan kita untuk menekan pedal rem ataupun gas. Tapi tidak dianjurkan pula menggunakan sandal jepit atau bahkan tanpa sandal. Karena membuat kaki tidak nyaman.
  • Jangan Melepas SeatBelt

Terkadang para pengendara mobil merasa risih bila harus mengenakan sabuk pengaman. Padahal sangat penting dan banyak manfaatnya jika mengenakan seatbelt.
  • Jangan Sambil Berdandan

Meskipun kondisi jalan macet maupun jalanan sedang sepi hindari berdandan sambil menyetir. Berdandan sambil mengemudi akan membuat konsentrasi buyar. Jika ingin berdandan menepi terlebih dulu akan lebih baik. Walaupun hanya memakai bedak atau cuma mengoleskan lipstik, tapi hal tersebut juga dapat berakibat fatal.

Jadi anda harus benar-benar memperhatikan tips menyetir mobil yang baik tersebut. Tips  Menyetir Mobil  Yang Baik , apabila kita sedang mengendarai mobil. Bukan hanya nyawa kita yang jadi taruhan tapi nyawa banyak orang yang akan menjadi korban. Jadi mulai dari sekarang berhati-hatilah dalam menyetir mobil dan perhatikan selalu rambu lalu lintas, karena keluarga di rumah selalu menanti.