FUNGSI DAN SUMBERNYA VITAMIN B KOMPLEKS

Fungsi Dan Sumbernya Vitamin B Kompleks -Yang dimaksud dengan vitamin B kompleks adalah adalah vitamin-vitamin yang berjumlah delapan yang sifatnya larut dalam air yang memiliki komposisi berbeda-beda satu sama lain. Kedelapan vitamin tersebut adalah :  Vitamin B1 memiliki nama lain tiamin, Vitamin B2 dengan sebutan lain riboflavin, Vitamin B3 atau niasin, termasuk didalamnya asam nikotinamida  dan nikotinat, Vitamin B5 atau asam pantotenat, Vitamin B6 atau piridoksin, Vitamin B7 mempunyai sebutan lain sebagai vitamin H atau biotin, Vitamin B9, atau Vitamin M dan Vitamin B-c atau nama populernya adalah asam folat dan yang terakhir adalah Vitamin B12 atau disebut juga dengan kobalamin.
Fungsi Dan Sumbernya Vitamin B Kompleks
Vitamin B Kompleks
FUNGSINYA VITAMIN B KOMPLEKS
  1. Menjaga kadar kolestrol agar tetap stabil : Kolesterol dibagi menjadi dua jenis yang pertama adalah kolesterol baik atau yang disebut dengan LDL, jenis kedua adalah kolesterol jahat atau biasa disebut dengan HDL. Vitamin  B kompleks dapat membantu menjaga dan mempertahankan kolesterol  baik serta mengatasi kolesterol jahat.  
  2. Memelihara kesehatan pencernaan : Vitamin B kompleks memiliki peranan dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Dengan memproduksi asam klorida atau HCL yang dapat menghancurkan karbohidrat, protein maupun lemak didalam tubuh.  Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitain B3 dan Vitamin B6. Apabila vitamin tersebut tidak terpenuhi maka dapat mengakibatkan masalah pencernaan yang akut
  3. Sebagai sumber energi : Apabila kita kekurangan vitamin B kompleks dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. Karena vitamin B kompleks dapat merubah gula pada karbohidrat menjadi sumber energi untuk memenuhi kebutuhan energi untuk melakukan berbagai aktivitas setiap hari.
  4. Memelihara sistem saraf : Keseluruhan sistem kerja pada saraf sangat dipengaruhi oleh asupan vitamin B  kompleks. Vitamin B1, B5, B6 dan B12 sangat berperan dalam membantu cara kerja ginjal, membantu tumbuh kembang, serta mengatur kerja saraf. Apabila kita kekurangan asupan Vitamin B kompleks maka dapat menyebabkan kita mudah cemas, gampang stres, sampai depresi.
  5. Menghambat proses penuaan : Asupan vitamin B kompleks juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut,  kuku serta kulit. Apabila asupan vitamin B kompleks tidak terpenuhi maka yang terjadi adalah kulit kering dan pecah-pecah, kulit menjadi keriput,  rambut mengalami patah dan rontok, kuku menjadi tidak sehat. Sehingga kemungkinan terjadinya penuaan dini menjadi lebih besar. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks. Karena vitamin B kompleks mampu menjaga sistesis RNA (ribonucleic acid) juga DNA(deoxyribonucleic acid).
  6. Melindungi kehamilan : Vitamin B kompleks berperan melindungi dan menjaga janin agar terhindar dari cacat bawaan. Vitamin B kompleks yang terutama dibutuhkan pada masa kehamilan adalah asam folat atau Vitamin B9.

SUMBER  VITAMIN B KOMPLEKS
Sumber makanan yang mengandung Vitamin B kompleks dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan-makanan  yang dapat kita jumpai sehari-hari dengan mudah.
1.    Vitamin B1, dapat diperoleh dari : roti, pasta, sereal, sayuran hijau (selada, kobis, bayam), biji-bijian, kedelai, telur, susu, kacang-kacangan.
2.    Vitamin B2, berasal dari : telur, ayam, susu, keju, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan.
3.    Vitamin B3, dengan mengkonsumsi : salmon, tuna, ayam, buah bit
4.    Vitamin B5, diperoleh dari : gandum, brokoli, kentang, susu
5.    Vitamin B6, didapatkan dengan mengkonsumsi : buah-buahan (selain jeruk), kentang, ikan, unggas, daging.
6.    Vitamin B7, didapatkan dari : pisang, daging, kuning telor, ragi, kacang-kacangan dan gandum
7.    VitaminB9, diperoleh dari : selada, sawi, asparagus, kacang-kacangan, biji-bijian, jeruk, alpukat
8.    Vitamin B12, dapat diperoleh dari :  daging, susu, hati sapi, susu, kerang. Karena biasanya sumber Vitamin B12 berasal dari protein hewani maka bagi para vegetarian dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen makanan.

[ Baca : Manfaat Vitamin E Dan terdapat pada makanan? ]   

Demikian pembahasan mengenai Fungsi Dan Sumbernya Vitamin B Komplek, Semoga bermanfaat.