KANDUNGAN DAN KHASIAT CEMPEDAK

Kandungan Dan Khasiat Cempedak-Buah cempedak banyak tumbuh di Sumatera ataupun Kalimantan, jarang kita temui buah cempedak didaerah Jawa, mungkin hanya di Jawa bagian barat. Namun sebenarnya buah ini berasal dari kawasan Asia Tenggara kemudian menyebar hingga sampai di negara kita.
Kandungan Dan Khasiat Cempedak
Cempedak
Sumber : en.wikipedia.org
Buah ini hampir-hampir seperti buah nangka, dari isi dan tekstur daging mirip dengan nangka, namun untuk aroma justru lebih mirip dengan durian. Pohon cempedak memang jarang ditanam oleh petani karena pohon ini mudah terserang penyakit yaitu Erwinia Caratovora dimana penyakit ini menyerang dahan pokok yang akan menyebabkan dahan mengeluarkan getah berwarna hitam kemudian dahan tersebut akan mati. Sehingga para petani enggan untuk membudidayakannya, padahal dibalik kesulitan tersebut banyak kandungan dan khasiat cempedak. Selain itu harga buah cempedak relatif lebih mahal dibandingkan dengan buah nangka.
Buah cempedak lebih nikmat disantap apabila sudah matang, rasanya lebih segar. Namun ada pula yang senang mengkonsumsinya apabila telah digoreng ataupun sudah diolah seperti kolak dengan diberi gula dan santan.
Namun ternyata tidak banyak yang tahu kandungan dan khasiat cempedak yang terdapat dibalik kenikmatan rasanya. Terdapat kandungan yang sangat bagus bagi tubuh yang terdapat dalam buah cempedak.
Kandungan Nutrisi Buah Cempedak :
Didalam buah cempedak terdapat kandungan Vitamin A juga Vitamin C yang tergolong tinggi. Kandungan energi pada cempedak juga tinggi, cempedak juga memiliki kandungan kadar air yang besar, sehingga dapat mengatasi rasa haus yang teramat sangat.
[ Baca : Manfaat Vitamin E ]
Bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan maka mengkonsumsi buah ini sangat cocok, dikarenakan buah ini kandungan lemaknya sangat rendah. Selain itu kandungan serat yang dimiliki buah cempedak juga sangat tinggi sehingga sangat bagus bagi pencernaan.
Khasiat Buah Cempedak :
Selain rasanya yang nikmat buah cempedak ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Khasiat-khasiat tersebut diantaranya adalah :
  1. Karena kandungan Vitamin A yang lumyan tinggi pada cempedak, sehingga cempedak sangat bagus untuk selalu menjaga kesehatan mata.
  2. Kandungan Vitamin C yang tinggi pula yang terdapat pada cempedak, menjadikan cempedak sangat bagus untuk perawatan kulit. Vitamin C berguna untuk antioksidan dan berfungsi sebagai pembentukan collagen agar kulit terhindar dari kerutan dan akan tetap halus dan sehat.
  3. Bagi yang sedang diet, mengkonsumsi cempedak sudah sangat tepat. Karena kadar lemaknya sangat rendah namun kadar seratnya cukup tinggi.
  4. Dapat mencegah penyakit malaria dan tumor. Dikarenakan adanya senyawa heteriflavon C yang terdapat pada kulit batang cempedak. Senyawa tersebut dapat membantu menghilangan parasit yang menyebabkan penyakit malaria.
  5. Apabila di Malaysia, akar dari pohon cempedak dipergunakan sebagai campuran jamu tradisional bagi wanita yang baru saja melahirkan.
[ Baca : Manfaat Dan Sumbernya Vit. B Kompleks ]

Demikian beberapa ulasan mengenai Kandungan Dan Khasiat Cempedak. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat.   

6.    Karena