GIGI RUSAK, APA PENYEBABNYA ?

Gigi Rusak, Apa Penyebabnya ? – Menjadi Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa makanan maupun minuman yang mempunyai  kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Namun kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa beberapa makanan dan minuman ini juga dapat mengakibatkan gigi menjadi rusak. Apalagi gaya hidup sekarang yang serba instant membuat orang tidak lagi memperhatikan apakah makanan dan minuman tersebut memiliki manfaat bagi gigi atau justru malah menyebabkan gigi rusak.
Gigi Rusak, Apa Penyebabnya ?
Gigi Rusak
Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab gigi rusak, makanan dan minuman tersebut adalah :
  • Acar

Acar dan asinan memang sangat segar, apalagi dinikmati pada saat cuaca yang panas. Namun acar termasuk makanan yang dapat merusak gigi, karena tingkat keasaman acar yang cukup tinggi. Acar yang rasnya asam biasanya dibuat dengan banyak menambahkan cuka dan juga ada rasa manis dari gula. Kedua bahan tersebutlah yang dapat mengakibatkan lapisan pada gigi dapat terurai. Untuk menetralisir setelah makan acar kita dapat mengkonsumsi keju, karena keju banyak mengandung kalsium dan tidak berasa asam.
  • Kacang almond

Kacang almond memiliki sifat yang keras. Terkadang jika kita mengkonsumsi kacang ini dalam jumlah yang cukup banyak dapat mengakibatkan gigi kita patah atau rusak, untuk itu sangat dianjurkan apabila mengkonsumsi kacang almond sebaiknya dalam bentuk potongan-potongan kecil agar kerja gigi tidak terlalu berat.
  •  Minuman bersoda

Minuman bersoda ini tidak memiliki manfaat tapi justru lebih banyak keburukkannya, termasuk Juga untuk gigi. Karena minuman bersoda memiliki rasa asam yang begitu dominan. Ada baiknya jika minum minuman bersoda jangan ditahan didalam mulut namun langsung kita telan. Agar tidak terjadi kontak langsung dengan gigi.
  • Buah-buahan kering

Buah-buahan yang dikeringkan juga dapat merusak kesehatan gigi. Karena biasanya buah-buahan yang dikeringkan akan menggunakan gula dan gula tersebut menjadi sangat lengket apabila kita konsumsi. Bisa dikatakan kadar manis pada buah-buahan kering lebih tinggi dibandingkan dengan permen.  Untuk itu lebih baik makan buah-buahan segar saja.
  • Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Ada baiknya jika kita menikmati hidangan jangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Diamkan dulu sementara waktu baru kita mengkonsumsinya. Karena makanan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin dapat menyebabkan lapisan pada gigi menjadi rusak dan gigi akan cepat berlubang.

Namun selain dari faktor makanan dan minuman, penyebab gigi rusak dari kebiasaan atau cara makan yang keliru, sehingga menyebabkan gigi menjadi rusak. Kebiasan-kebiasan yang dapat menyebabkan merusak gigi diantaranya adalah :
  • Mengunyah es

Mengunyak es tidak dapat membahayakan gigi namun apabila dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan gigi rusak secara permanen karena gig akan mengalami retakan-retakan kecil , lama kelamaan retakan menjadi lebih besar dan gigi akan patah.
  • Merokok

Kebiasaan merokok memang bukan kebiasaan yang baik, selain dari segi kesehatan juga dapat penyebab gigi rusak. Kegiatan merokok membuat mulut menjadi kering dan akan timbul plak-plak pada gigi.
  •  Memakai gigi untuk kegiatan lain selain mengunyah

Terkadang tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan gigi untuk kegiatan lain seperti : membuka kemasan makanan atau membuka penutup kaleng. Hal tersebut juga mengakibatkan gigi menjadi rusak.
  • Botol susu bayi

Apabila bayi terlalu lama menggigit botol maka dapat menyebabkan kerusakan awal pada giginya. Karena gula yang terkandung dalam susu dapat bekerja dengan bakteri yang terdapat pada mulut yang akan menyebabkan email gigi terpecah dan gigi menjadi rusak.

[ Baca : Cara merawat rambut berjilbab ]

Demikian bahasan mengenai  Gigi Rusak, Apa Penyebabnya ?, makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kesehatan gigi kita terganggu. Akan tetapi bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya, hanya saja lebih baik porsinya dikurangi, serta harus memperhatikan bagaimana cara kita memakannya. Semoga bermanfaat.