KEGUNAAN DAN KHASIAT BUNGA MELATI BAGI KESEHATAN TUBUH

Kegunaan Dan Khasiat Bunga Melati Bagi Kesehatan Tubuh-Begitu banyaknya kegiatan yang kita lakukan baik itu didalam rumah ataupun diluar rumah, hingga terkadang kita melupakan satu hal yaitu kesehatan tubuh kita. Padahal kesehatan merupakan hal terpenting dan tentu saja kesehatan itu mahal harganya.
Maka dari itu sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita. Yang dapat kita lakukan adalah dengan berolahraga teratur dan apabila kita sudah mengalami keluhan sakit yang kita lakukan adalah dengan berobat. Tidak hanya dengan pengobatan medis namun juga dapat memanfaatkan kekayaan alam sebagai alternatif lainnya. Salah satu yang dapat kita gunakan sebagai alternatif pengobatan adalah bunga melati.
Kegunaan Dan Khasiat Bunga Melati Bagi Kesehatan Tubuh
Kegunaan dan khasiat bunga melati lebih populer untuk sebagai bahan kosmetik/kecantikan, bahan pembuatan teh, digunakan sebagai hiasan, baik itu itu hiasan rumah ataupun untuk dekorasi pernikahan, atau bahkan juga digunakan sebagai alat mistis. Tidak banyak yang tahu jika bunga yang memiliki aroma yang sangat harum ini ternyata memilki khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita. Bunga yang bernama latin Jasminum Officinale ini termasuk tanaman semak berbunga yang dapat membuat orang terpesona.  Meskipun bentuk bunganya kecil namun pesona melati tetap memikat hati.
Didalam bunga melati terdapat kandungan-kandungan senyawa yang membuat bunga melati berkhasiat dalam hal pengobatan.  Kandungan senyawa-senyawa tersebut diantaranya adalah : asetat benzilic, livalyacetaat, indole, linalcohol, jasmon, dam minyak eteris.  Bagian-bagian tumbuhan melati yang biasanya digunakan sebagai obat adalah bagian bunga, daun dan akarnya.
Kegunaan Dan Khasiat bunga melati :
  • Mengatasi sengatan lebah

Apabila kita tersengat lebah biasanya efek yang ditimbulkan adalah akan terjadi bengkak dan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman.  Cara yang dilakukan adalah sangat mudah yaitu bunga melati dihaluskan kemudian ditempelkan padan bagian yang terkena sengatan.
  • Dapat meredakan demam

Apabila ada anak kita atau anggota keluarga lainnya terkena demam,kita juga dapat menggunakan bunga melati untuk digunakan meredakannya. Yaitu dengan cara : segenggam daun melati dan kira-kira sepuluh kuntum bunga melati diremas-remas, kemudian jika sudah agak hancur dan lumayan layu rendam dengan air hangat, lalu gunakan rendaman air hangat tersebut untuk  mengompres.
  • Sebagai obat mata

Mata yang terkena iritasi ataupun keluhan mata merah, dapat kita obati dengan ramuan daun bunga melati. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu daun bunga melati yang sudah dihaluskan ditempelkan dekat mata yang sakit atau pada dahi.
  •  Mengatasi ASI yang berlebih

ASI sangat penting, sebagai asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Namun apablia produksinya sangat berlebih tentunya juga dapat mengakibatkan tidak nyaman.  Karena ASI yang merembes akan meyebabkan aroma amis dan dapat meninggalkan noda pada pakaian. Cara lain yang dapat dilakukan selain memompanya adalah dengan cara menumbuk daun bunga melati sampai halus kemudian oleskan ramuan tadi secara merata pada payud*ra.
  • Melancarkan sistem pernapasan

Apabila kita mengalami sesak napas, maka cara yang digunakan untuk mengatasinya adalah dengan merebus terlebih dahulu bunga melati, kemudian rebusan bunga melati tadi kita tempelkan pada dada dan sekitarnya. Niscaya pernapasan akan kembali normal. 
  • Dapat menenangkan syaraf

Jika kita mengalami stres atau tegang atau sedang merasakan kecemasan maka kita dapat menggunakan minyak bunga melati untuk membuat kita tenang. Biasanya minyak bunga melati digunakan sebagai aromaterapi.

[ Baca : Fungsi Dan Sumbernya Vit B Kompleks ]

Demikian tadi bahasan mengenai beberapa Kegunaan Dan Khasiat Bunga Melati Bagi Kesehatan Tubuh yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat memberikan manfaat.