6 TIPS AGAR ASUPAN NUTRISI IBU MELAHIRKAN TERPENUHI

6 TIPS AGAR ASUPAN NUTRISI IBU MELAHIRKAN TERPENUHI-Ibu yang baru melahirkan harus memperhatikan asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi, Agar ibu dan bayi memperoleh nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang tepat dapat membantu ibu untuk memperoleh asupan energi yang cukup, mendukung proses pemberian ASI juga dapat membantu menurunkan berat badan.
Tips Agar Asupan Nutrisi Ibu Melahirkan Terpenuhi
Ibu Melahirkan Anak

Tips-tips memperoleh nutrisi bagi ibu baru melahirkan :
  1. Perbanyak minum air putih - Ibu yang memiliki bayi baru lahir pasti akan lebih banyak terjaga sehingga waktu tidur berkurang. Hal ini dapat menyebabkan terjadi dehidrasi. Untuk mengatasinya dengan cara minum air putih paling tidak 9 gelas air setiap harinya.  Namun dapat juga menggantinya dengan mengkonsumsi buah semangka ataupun air kelapa. Karena kedua bahan tersebut mampu menyediakan cairan dan elektrolit bagi tubuh.
  2. Makan teratur - Makan secara teratur 2-3 kali sehari akan membantu tubuh memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Dan juga dapat menyediakan camilan-camilan. Namun perlu diingat camilan yang disediakan adalah camilan yang sehat. Camilan yang sehat adalah sayuran dan buah-buahan, hindari camilan yang banyak mengandung gula. Karena camilan tersebut hanya sementara membuat kenyang setelah itu tubuh justru akan merasa lemas.
  3. Konsumsi lemak sehat - Lemak yang sehat tidak boleh kita hindari, justru setelah melahirkan lemak yang sehat diperlukan oleh tubuh. Karena asupan lemak yang sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori selama proses menyusui. Makanan-makanan yang memiliki lemak yang sehat seperti alpukat dan selai kacang layak untuk dikonsumsi.
  4. Konsumsi jus buah dan jus sayur - Agar lebih mudah dan prakstis dalam mengkonsumsi buah dan sayur maka dapat dibuat jus. Tujuannya adalah lebih mudah dan cepat dalam mengkonsumsinya. Meskipun praktis namun asupan nutrisi tetap terpenuhi.
  5. Konsumsi makanan berserat - Karena biasanya saluran pencernaan akan mengalami gangguan setelah proses melahirkan. Untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat.  Konsumsi makanan berserat  juga dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Makanan berserat tinggi diantaranya : brokoli, gandum utuh, apel ( tanpa dikupas kulitnya), pear.
  6. Vitamin prenatal - Selain mengkonsumsi makanan ada baiknya ibu yang baru melahirkan juga mengkonsumsi suplemen makanan. Namun terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa yang cocok. Biasanya suplemen makanan yang dikonsumsi adalah minyak ikan karena minyak ikan tinggi akan omega-3 dan vitamin D yang sangat bagus untuk ibu yang baru melahirkan dan mendukung proses pemberian ASI.


Demikian ulasan 6 TIPS AGAR ASUPAN NUTRISI IBU MELAHIRKAN TERPENUHI yang disampaikan, semoga tips-tips tersebut dapat menjadi panduan bagi ibu-ibu yang baru melahirkan, agar kebutuhan nutrisi ibu dan bayi dapat terpenuhi.