JANGAN BUANG BIJI PEPAYA, INGIN TAHU MANFAATNYA?

Jangan Buang Biji Pepaya, Ingin Tahu Manfaatnya ?-Buah pepaya yang berasal dari Amerika Latin tepatnya dari Mexico dapat tumbuh subur pula di negara kita. Bahkan sangat mudah untuk menemukan buah yang satu ini karena hampir disetiap daerah terdapat buah yang satu ini. Buah pepaya memiliki zat yang bernama enzim papain, enzim ini memiliki fungsi untuk membantu mencerna protein. Enzim ini terdapat pada getah, daun, buah bahkan bijinya. Kebanyakkan orang hanya memanfaatkan daun dan buah pepaya, sementara bijinya dibuang atau hanya dijadikan sebagai bibit saja.
Jangan Buang Biji Pepaya, Ingin Tahu Manfaatnya?
Biji Pepaya
Jadi jangan buang biji pepaya, ingin tahu manfaatnya ?, tidak banyak yang mengetahui jika ternyata biji buah pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Didalam biji pepaya terdapat karbohidrat meskipun hanya dalam jumlah yang kecil, terdapat pula lemak, abu, protein dan air. Terkandung juga didalamnya asam lemak tak jenuh dalam jumlah yang lumayan tinggi.
Jangan buang biji pepaya..!! lantas manfaat apa yang dapat kita dapatkan dari memanfaatkan biji pepaya? Manfaat yang kita peroleh diantaranya adalah :
  •  Menurunkan kolesterol

Didalam biji pepaya terdapat kandungan zat yang bernama tanin, flavonoid, anthraquinones, saponi anthocyanosides, dan alkaloid. Dengan zat-zat tersebut dapat memberikan efek hipolipidemia. Efek ini dapat menetralkan kolesterol yang tinggi. Disamping itu zat flavonoid berperan sebagai anti oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Kemudian untuk zat saponi anthocyanosides berfungsi untuk menurunkan sirkulasi enterohepatik asam empedu.

Biji pepaya juga dipercaya ampuh untuk mengatasi cacingan yang biasanya terjadi pada anak-anak. Caranya mudah sekali yaitu kita ambil biji pepaya beberapa buah yang telah kering ataupun juga bisa basah kemudian langsung kita telan.
  • Sebagai pembasmi racun hati

Biasanya dalam pengobatan China menggunakan biji pepaya untuk mengatasi keluhan-keluhan yang berhubungan dengan hati (liver).  Yaitu dengan cara satu sendok teh biji pepaya dapat mengeluarkan racun yang terdapat pad ahati. Dan biji pepaya juga dimanfaatkan untuk perawatan pengerasan pada hati,
  • Sebagai anti bakteri

Berdasarkan penelitian biji pepaya dapat membasmi bakteri seperti : bakteri E.coli, salmonella, dan juga infeksi staphylococcus.
  • Membantu melindungi ginjal

Biji buah pepaya sesuai penelitian mampu menjaga kesehatan ginjal kita. Dari ekstrak biji pepaya dipercaya mampu melindungi ginjal dari racun-racun yang dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  • Sebagai pembasmi jentik nyamuk

Biji buah pepaya terdapat toksik yang dapat menganggulangi jentik nyamuk. Cara yang dilakukan sangat mudah yaitu biji buah pepaya kita keringkan terlebih dahulu kemudian kita tumbuk halus lalu kita campurkan dengan tawas yang telah dihaluskan pula. Kemudian campuran kedua bahan tersebut kita masukkan kedalam kain kasa yang lalu kita rendam kedalam wadah air yang terdapat banyak jentik nyamuk.
  • Menghilangkan uban

Biji buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut yang mulai beruban. Cara yang harus dilakukan juga sangat mudah yaitu, biji buah pepaya kita sangrai terlebih dahulu sampai kering kemudian dihaluskan, lalu kita campur dengan minyak kelapa tapi hanya sedikit saja. Setelah itu kita oleskan pada rambut yang beruban rata menyeluruh, lalu rambut kita bungkus dengan handuk dan diamkan terelbih dahulu kurang lebih selama dua jam. Setelah dua jam baru kita cuci rambut dan bilas sampai bersih. Lakukan terus menerus seminggu sekali dalam waktu lebih kurang tiga bulan.
Akan tetapi ada yang harus diingat bahwa para ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi biji buah pepaya ini. Apalagi usia kandungan baru menginjak trimester pertama. Karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan gagalnya kehamilan atau mengalami keguguran. Yang juga dapat beresiko tidak dapat lagi untuk hamil.

Demikian tadi kenapa Jangan Buang Biji Pepaya, Ingin Tahu Manfaatnya ?, ternyata banyak manfaat-manfaat yang kita dapatkan dari biji buah pepaya. Ternyata banyak khasiat yang kita peroleh dari biji pepaya, tidak hanya daun dan buahnya saja yang dapat kita konsumsi namun bijinya pun sangat bermanfaat bagi kita.