MAKANAN PENDAMPING ASI UNTUK BAYI USIA 6 BULAN

Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan-Sampai umur enam bulan ASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan yang terbaik bagi bayi. Jangan memberikan makanan-makanan lain sebelum bayi menginjak usia enam bulan. ASI memberikan peranan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Nutrisi-nutrisi yang dimiliki ASI tidak bisa didapatkan dari makanan-makanan lain. 
makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulanBaru kemudian setelah bayi memasuki usia enam bulan mulai kita perkenalkan makanan-makanan lain atau makanan pendamping ASI sebagai tambahan nutrisinya. Sebelum usia enam bulan aktivitas bayi memang masih sedikit dan ASI sudah cukup sebagai sumber energinya belum begitu penting memikirkan makanan pendamping ASI. 
Namun setelah memasuki usia enam bulan aktivitas bayi mulai meningkat sehingga bayi membutuhkan makanan pendamping ASI sebagai asupan nutrisi dari sumber makanan lain sebagai tambahan sumber energinya.
TAHAP PENGENALAN
Pada saat pertama kali memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan, sebaiknya bayi dilatih terlebih dahulu dengan makanan-makanan yang lumat atau halus, jangan langsung memberikan makanan yang padat. Sebaiknya makanan pertama kali yang kita berikan adalah buatan kita sendiri, seperti bubur susu atau buah. 
Mulailah dengan memberikan sekali saja dalam sehari dengan porsi yang sedikit, untuk memperkenalkan lidahnya  dengan rasa lain terlebih dahulu. Baru kemudian setelah bayi mulai mengenal tambah frekuensi makannya, tapi porsinya tidak perlu ditambah. 
Makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan sebaiknya memiliki kandungan energi, protein dan berbagai nutrisi untuk merangsang sensor motorik dan asupan gizinya dapat terpenuhi. [ Baca : Makanan yang membantu menajamkan otak ]
Yang harus diperhatikan pula pada pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan, pertama kali adalah biasanya bayi mengalami keluhan susah buang air besar atau sembelit. Maka yang harus dilakukan adalah pada saat pengolahan makanan pendamping ASI tersebut harus benar-benar diperhatikan tingkat kekentalan dan keenceran makanan. Dan sebaiknya makanan pendamping ASI pertama kali terbuat dari sayuran dan buah-buahan. Karena biasanya sistem pencernaan bayi belum begitu bisa mengolah makanan. Dengan memberikan makanan pendamping ASI sekaligus dapat memperkenalkan kepada bayi beragam rasa makanan dan mengajarinya bagaimana cara makan yang benar.
VARIASI MAKANAN
Menciptakan berbagai variasi menu bagi bayi juga harus menjadi perhatian bagi orang tua. Diharapkan bayi tidak merasa jenuh dengan satu jenis menu saja. Anda harus pandai-pandai mengkombinasikan beberapa bahan makanan agar bayi dapat merasakan berbagai makanan dan asupan nutrisinya dapat tercukupi. Sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan pertama untuk olahan makanan bagi si buah hati.

CONTOH RESEP SEDERHANA MAKANAN PENDAMPING ASI
  • Pisang lumat halus

Bahan : 
1 buah pisang ambon yang sudah matang

Cara membuatnya :
- Pisang dicuci bersih, kupas memanjang pada sebagian permukaannya.
- Keriklah pisang dengan menggunakan sendok kecil yang bersih.
- Setelah dikerik dapat langsung diberikan pada bayi atau juga dapat dimasukkan ke dalam - mangkok, namun agar tidak berubah warna dapat diberi perasan jeruk nipis.
  •  Bubur susu

Bahan :
2 sendok makan tepung beras (20 gram)
2 sendok teh gula pasir (10 gram)
1 sendok makan susu bubuk
Cara membuatnya :
- Tepung beras dan gula pasir dilarutkan dalam susu, letakkan pada api yang kecil, biarkan sampai masak.
  • Nasi tim bayi

Bahan :
  2 sendok makan peres beras
1 potong tempe atau tahu atau juga kacang-kacangan atau ikan atau sebutir telur ayam.
10 lembar daun bayam atau sayuran hijau lainnya.
2-3 gelas air, 1 sendok makan minyak kelapa atau 2 sendok santan
Garam secukupnya
Cara membuatnya :
- Masukkan air yang telah dicampur minyak kelapa atau santan kedalam panci yang berisi beras, tempe/tahu/lauk lain, tambahkan garam.
- Masaklah bahan-bahan tersebut sampai matang.
- Masukkan daun bayam atau sayuran hijau lainnya yang sudah diiris halus
- Setelah sayuran matang, angkat, dinginkan
- Makanan siap diberikan pada bayi
  • Bolu kecil

Bahan :
½ gelas tepung terigu (25 gram)
1 gelas susu
8 sendok teh gula pasir (40 gram)
1 butir telur
Sedikit mentega dan minyak goreng
Cara membuatnya :
- Telur dipecah kemudian dicampur dengan semua bahan
- Adonan dibagi menjadi 8 dan kemudian digoreng dengan sedikit minyak
- Bolu siap diberikan kepada anak dengan sedikit mentega atau sirup.

Demikian artikel  Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan yang sebaiknya anda tahu untuk buah hati anda tercinta. Semoga bermanfaat dan mari kita saling berbagi informasi kepada teman, keluarga dan semua orang sebagai rasa cinta kita kepada mereka semua.