MANFAAT VITAMIN E DAN TERDAPAT PADA MAKANAN APA?

Manfaat Vitamin E dan terdapat pada makanan apa? - Berbagai macam vitamin dibutuhkan oleh tubuh kita, dari Vitamin A, B, C, D, E dan Vitamin K. Masing-masing vitamin mempunyai manfaat dan fungsi sendiri-sendiri. Begitu juga dengan Vitamin E, vitamin E merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. 
Vitamin E memiliki sifat sebagai penghancur radikal bebas, yang artinya vitamin E memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi imunitas tubuh kita. Vitamin E larut dalam lemak namun vitamin ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, jadi vitamin ini hanya dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan yang kita konsumsi setiap hari.  
Manfaat Vitamin E Dan Terdapat Pada Makanan Apa?
Sayur Dan Buah
Selain dari makanan, sekarang sudah banyak kita temui suplemen-suplemen makanan yang biasanya berupa kapsul maupun pil dan dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan Vitamin E pada tubuh kita.
VITAMIN E TERDAPAT PADA MAKANAN APA?
Vitamin E yang diperlukan oleh tubuh kita dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan baik dari sayuran, buah-buahan dan sumber makanan lain.
Sayuran yang menjadi sumber Vitamin E diantaranya :
  1.  Brokoli : seperti halnya manfaat sayur brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak khasiat. Selain sebagai sumber kalsium, brokoli juga dijadikan sumber vitamin E. karena brokoli mampu memenuhi 4  % kebutuhan vitamin E  harian yang diperlukan oleh tubuh.
  2. Bayam : bayam dibalik harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan dimana saja, ternyata manfaat bayam dijadikan sumber vitamin E. sayuran hijau ini selain digemari kebanyakan orang, juga mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya yaitu : kalsium, asam folat, Vitamin A, zat besi dan yang pasti adalah vitamin E. Dengan mengkonsumsi bayam sebesar 100 gram  dapat memenuhi sebesar 20% kebutuhan vitamin E dalam tubuh.
  3. Sawi : banyak tidak mengetahui jika sayur sawi mempunyai kandungan vitamin E yang tinggi, yang mampu menangkal radikal bebas. Maka sangat dianjurkan apabila memasak sawi tidak boleh terlalu matang, agar nutrisi yang dimiliki bayam tidak hilang.
  4. Kecambah : kandungan vitamin E pada kecambah memang sangat tinggi, maka tidak heran apabila banyak orang yang mengkonsumsi kecambah sebagai sumber vitamin E.

Buah-buahan yang menjadi sumber E diantaranya :
  1. Tomat : buah tomat tidak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Tomat juga mengandung Vitamin E yang lumayan tinggi.
  2. Alpukat : selain enak rasanya alpukat ternyata juga memiliki kandungan Vitamin E yang cukup tinggi.  Meskipun memiliki musim tertentu namun kegunaan alpukat sangat banyak. Alpukat juga dapat dijadikan menu diet karena sifat alpukat yang dapat membuat kenyang.
  3. Mangga : seperti alpukat yang hanya memiliki satu musim, namun mangga juga mempunyai kandungan Vitamin E.

Sumber makanan lain sebagai penghasil Vitamin E yaitu :
  • Kacang-kacangan : kacang almond, kacang tanah
  • Biji-bijian : biji bunga matahari, biji labu, biji wijen
  • Daging : daging sapi, daging ayam
  • Telor
  • Minyak sayur

Selain dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan tersebut, untuk dapat memenuhi akan kebutuhan vitamin E pada zaman sekarang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen makanan.
MANFAAT VITAMIN E UNTUK TUBUH KITA
Setelah mengetahui berbagai bahan-bahan makanan yang dapat kita gunakan sebagai sumber vitamin E, sekarang kita harus mengetahu apa saja khasiat atau manfaat dari Vitamin E.
Manfaat Vitamin E :
  • Sebagai antioksidan

Vitamin E digunakan sebagai zat yang dapat menangkal radikal bebas. Sifat radikal bebas adalah  dapat merusak sistem imunitas tubuh sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi berkurang. Sehingga mudah terserang penyakit. Untuk itu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.
  •  Mengurangi kram saat menstruasi

Vitamin E dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena menstruasi. Dengan cara mengkonsumsi vitamin E selama dua kali sehari sebelum siklus menstruasi.
  • Meningkatkan kesuburan

Vitamin E memiliki fungsi untuk meningkatkan hormon testosteron didalam tubuh. Hormon ini sangat berpengaruh pada gairah kaum pria. Apabila hormon ini meningkat maka dapat dipastikan gairahnya pun meningkat.
  • Menjaga kesehatan kulit

Apabila kita ingin mempunyai kulit yang sehat maka dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E. karena dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin E maka akan membuat kulit menjadi terjaga kelembabannya. Selain itu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Demikian bahasan mengenai Manfaat Vitamin E dan terdapat pada makanan apa?, semoga dapat memberikan manfaat. Dan mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung Vitamin E.