7 KEBIASAAN SALAH DALAM MERAWAT RAMBUT PANJANG

7 KEBIASAAN SALAH DALAM MERAWAT RAMBUT PANJANG - bagi perempuan rambut merupakan mahkota, apalagi bagi mereka yang memiliki rambut panjang.  Sehingga para perempuan akan melakukan apa saja untuk menjaga dan merawat rambutnya agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Namun terkadang perawatan atau kebiasaan yang dilakukan justru malah membuat rambut menjadi rusak.
Kebiasaan salah merawat rambut panjang
Rambut Panjang

Lantas kebiasaan apa sajakah yang dapat merusak rambut dan bagaimana cara mengatasinya ?
  • Keramas terlalu sering

Ada anggapan bahwa dengan keramas setiap hari membuat rambut menjadi sehat, namun ternyata anggapan itu keliru. Karena dengan keramas setiap hari justru akan membuat rambut menjadi kering. Jadi sebaiknya keramas minimal dua hari sekali.
  • Terlalu sering berganti shampo

Kebiasaan bergonta-ganti shampo tidak membuat rambut menjadi tebal namun malah membuat rambut menjadi tipis, karena banyaknya zat kimia yang terserap dalam rambut.
 Untuk mengatasi dapat menggunakan shampo penjernih yang dapat membuat rambut terjaga kelembabannya, juga tekstur dan akar rambut tidak terlalu banyak menyerap zat kimia.
  • Membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang

Ada baiknya rambut tidak dibiarkan terlalu panjang, dengan cara rutin memotongnya meskipun hanya sedikit. Hal ini juga dapat membuat rambut terhindar dari rambut bercabang. Selain itu rambut yang dibiarkan tubuh terlalu panjang akan mengakibatkan kerontokan, karena akar rambut tidak terlalu kuat menahan panjangnya rambut.
  •   Melilitkan handuk ke kepala

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh perempuan yang memiliki rambut panjang. Tanpa disadari kebiasaan ini justru membuat rambut menjadi rontok.  Jadi lebih baik rambut dibiarkan terurai dan kering dengan sendirinya.
  • Terlalu banyak aplikasi produk untuk rambut

Seringkali setelah keramas kita menggunakan berbagai produk perawatan rambut, seperti kondisioner, serum,spray  dan krim. Namun hal ini justru membuat rambut menjadi tipis karena rontok. Tidak perlu mengoleskan berbagai produk cukup dengan minyak argan alami yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan dapat menumbuhkan akar rambut juga dapat mengembalikan kondisi rambut.
  • Penggunaan temperatur  panas pada rambut

Yang dimaksudkan adalah penggunaan hair spray yang berlebihan. Seringkali kita mengeringkan rambut dengan hair spray, menata rambut seperti blow-dry, curling-iron. Meskipun dilakukan dengan teknik yang paling buat tetap akan membuat rambut menjadi rontok dan juga menghilangkan kelembaban rambut yang akhirnya dapat membuat rambut bercabang.
  •  Menyisir secara berlebihan

Bukan berarti dengan sering menyisir rambut akan membuat rambut menjadi terlihat indah. Menyisir akan mengakibatkan efek hangat pada rambut, efek hangat ini justru akan membuat ujung rambut menjadi pecah atau bercabang.

[ Baca : Cara merawat rambut wanita berjilbab ]

Demikian 7 KEBIASAAN SALAH DALAM MERAWAT RAMBUT PANJANG selain ke tujuh faktor diatas, kerontokan dapat disebabkan karena stres. Sehingga semaksimal mungkin kita dapat menghindari stres. Namun apabila kerusakan rambut atau kerontokan rambut sudah berlebihan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter. Karena bisa saja hal tersebut merupakan indikasi suatu penyakit.

Semoga bermanfaat.