DAMPAK KEKURANGAN KALSIUM BAGI IBU HAMIL

Dampak Kekurangan Kalsium Bagi Ibu Hamil - Mengandung merupakan anugerah yang sangat luar biasa bagi seorang perempuan. Apapun akan dilakukan untuk selalu menjaga dan merawat janin yang berada dalam kandungan. Bahkan terkadang perempuan sampai mengabaikan perawatan untuk dirinya sendiri. 
DAMPAK KEKURANGAN KALSIUM BAGI IBU HAMILPadahal perawatan untuk diri sendiri juga sangat diperlukan, jangan sampai tubuh kekurangan nutrisi karena juga pastinya akan berpengaruh pada janin. Seperti contoh, betapa pentingnya asupan kalsium bagi ibu hamil. Apabila kebutuhan janin belum terpenuhi maka janin akan mengambil asupan nutrisi dari sang Ibu, sehingga kemungkinan si Ibu terkena osteoporosis akan lebih besar.
Seperti yang kita tahu kalsium sangat besar peranannya terutama untuk pembentukan tulang dan gigi. Namun ada beberapa hal lain yang dapat terjadi apabila seorang ibu hamil kekurangan asupan kalsium.
Dampak yang terjadi akibat ibu hamil kekurangan kalsium diantaranya adalah :
  • Tulang menjadi tumbuh tidak sempurna

Akibat kekurangan kalsium selama kehamilan berakibat pada saat lahir bayi akan memiliki tulang tidak begitu sempurna. Kemungkinan tulang menjadi keropos juga lebih besar.
  • Tulang sang Ibu mudah keropos

Seperti yang kita ketahui selama masa kehamilan kebutuhan kalsium sangat tinggi, karena apabila kalsium bagi janin tidak mencukupi maka janin akan mengambilnya dari simpanan kalsium sang ibu. Sehingga apabila sang ibu tidak memiliki asupan kalsium yang besar maka sang Ibu juga beresiko tinggi  terkena osteoporosis.
  •  Resiko kram selama kehamilan

Apabila asupan kalsium ibu hamil tidak terpenuhi secara mencukupi maka dapat juga berakibat terserang kram lebih sering. Kram dapat terjadi karena kurangnya kadar potasium sementara kadar fosfor terlalu tinggi. Selain itu kurangnya asupan kalsium juga berperan mengakibatkan kram. Beban pada masa kehamilan yang semakin besar juga memberikan andil terjadinya kram pada masa kehamilan. Untuk mengatasi kram biasanya sang ibu akan menggerak-gerakkan kaki, telapak tangan ataupun jari-jari secara perlahan ataupun juga dengan menghangatkannya untuk mengurangi nyeri pada saat kram.
  • Tumbuh kembang bayi terganggu

Tanpa disadari akibat kekurangan kalsium berakibat pertumbuhan dan perkembangan bayi setelah lahir akan terganggu. Seperti contoh : pada saat proses merangkak dan duduk bayi akan mengalami keterlambatan.  Dapat juga berakibat ubun-ubun pada kepala si bayi akan terlambat menutup atau terlambat menjadi keras. Selain itu kekurangan kalsium selama masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi terkena rakitis  atau disebut juga penyakit tulang pada bayi.
  •  Pre-eklamsia

Apabila pada masa kehamilan tubuh sang ibu tidak tercukupi asupan kalsiumnya maka resiko terserang pre-eclamsia lebih besar. Pre-eclamsia merupakan penyakit kejang yang diakibatkan karena tekanan darah yang tinggi. Karena kalsium memiliki peranan dalam menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi stabil dan juga menjaga agar pembuluh darah bekerja dengan normal.     

[ Baca : 6 Tips Agar Asupan Nutrisi Ibu Melahirkan Terpenuhi ]

Demikian Dampak Kekurangan Kalsium Bagi Ibu Hamil , Maka dari itu untuk mengatasi agar selama masa kehamilan ibu tidak kerurangan kalsium sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein baik proten nabati maupun hewani serta buah-buahan.
Semoga bermanfaat.