PERANAN ORANG TUA SAAT ANAK PERTAMA KALI MASUK SEKOLAH

Peranan Orang Tua Saat Anak Pertama Kali Masuk Sekolah-Tahun ajaran baru ini bagi sebagian anak-anak mungkin ada yang merupakan tahun pertama kali masuk sekolah. Entah itu masuk pra-sekolah atau TK maupun juga Sekolah Dasar atau SD.
Untuk sebagian besar anak pertama kali masuk sekolah merupakan hal yang menyenangkan dan sudah ditunggu-tunggu, namun ada juga dan tidak sedikit sebagian dari mereka yang juga merasakan kegembiraan akan tetapi anak-anak tersebut memiliki kecemasan tersendiri.
PERANAN ORANG TUA SAAT ANAK PERTAMA KALI MASUK SEKOLAHPeranan orang tua saat anak pertama kali masuk sekolah sangatlah penting, karena pertama kali masuk sekolah tersebut dianggap sebagai kendala atau kecemasan bagi mereka.
Karena ketidak tahuan orang tua terhadap kecemasan mereka, justru kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, kadang tindakan yang salah bagi orang tua malah memarahi si anak. Kendala-kendala seperti anak menangis atau juga anak yang selalu menempel pada sang Ibu biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Kecemasan-kecemasan pada anak yang baru pertama kali masuk sekolah dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya :
1.    Kepribadian anak, faktor kepribadian anak yang cenderung tertutup akan lebih sulit beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.  Ditambah lagi anak kurang bergaul dengan lingkungan sekitar, anak hanya sangat dekat dengan orang tua.
2.    Faktor dari orang tua, kecemasan orang tua yang berlebihan justru membuat anak menjadi tambah bingung atau malah stres.
3.    Aturan sekolah yang kurang jelas juga berpengaruh pada anak-anak.  Kemungkinan karena masih dalam rangka tahun ajaran baru sehingga peraturan yang ada disekolah belum dipahami oleh anak-anak. Sehingga anak-anak membutuhkan pemahaman dan pendampingan guru ataupun orang tua untuk memahaminya.
4.    Belum terbiasa dengan lingkungan baru. Mungkin saja teman-temannya merupakan teman-temannya dulu yang berasal dari TK yang sama, namun gedung sekolah yang baru dan lingkungan sekolah yang baru bisa saja masih asing bagi anak-anak.  Sehingga butuh waktu untuk anak agar bisa menyesuaikan diri. Bagi yang memiliki TK dan SD yang masih satu kompleks mungkin tidak akan terjadi hal tersebut.
Maka dari itu untuk mengindari atau untuk mengatasinya, peranan orang tua saat anak pertama kali masuk sekolah  harus selalu mendukung  dan juga melakukan beberapa hal seperti berikut ini :
1.    Persiapkan anak jauh hari sebelumnya. Sejak  anak masih duduk di TK besar mulailah untuk memperkenalkan dunia Sekolah Dasar. Berikan pemahaman sedikit demi sedikit lingkungan yang akan menjadi sekolah barunya. Ceritakan hal-hal yang menyenangkan jika kelak telah naik ke SD. Sesekali ajak anak untuk berjalan-jalan di sekitar sekolah yang akan menjadi sekolahnya.
2.    Kenali perubahan sikap anak. Perhatikan terus apa yang terjadi pada anak, perubahan-perubahan apa yang terlihat. Baik perubahan secara fisik maupun perubahan secara mental. Tenangkan anak, berikan pemahaman yang dapat dengan mudah dimengerti oleh anak-anak. Jangan memarahi atau membentaknya karena justru akan membuat anak menjadi semakin minder dan takut. Orang tua juga harus menyikapinya dengan tenang, jangan ikut panik.
3.    Ajak anak untuk bermain dengan teman-temannya. Biarkan anak bergaul dengan teman-teman barunya. Biarkan anak bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan dan teman barunya.
4.    Berikan rasa kegembiraan ketika berangkat sekolah. Mulai dari bangun pagi berikan aktivitas dan suasana yang riang gembira. Agar anak juga terus merasa gembira hingga sampai ke sekolahnya.
Memang sifat dan karakter anak berbeda-beda oleh karena itu perlu Peranan Orang Tua Saat Anak Pertama Kali Masuk Sekolah, sudah selayaknya orangtua yang harus lebih memahami dan mengerti akan mereka.


Beda karakter beda pula penanganannya, memang disitulah seninya peranan orang tua saat anak pertama kali masuk sekolah. Semoga bermanfaat, silahkan berbagi informasi demi  tumbuh kembangnya generasi bangsa yang lebih baik.