KANDUNGAN, MANFAAT DAN KHASIAT SERTA EFEK SAMPING KOMSUMSI BUAH NANAS

Kandungan, Manfaat Dan Khasiat Serta Efek Samping  Komsumsi Buah Nanas-buah nanas memiliki tekstur kulit luar yang kasar, namun memiliki kandungan air yang cukup besar  dan juga memiliki rasa yang manis namun ada sedikit rasa asamnya sehingga menjadikan buah ini cukup segar apabila dikonsumsi pada saat musim panas. Warna buahnya yang kuning cerah membuat buah ini terlihat semakin segar.  Selain itu harga buah ini relatif terjangkau dan dapat dengan mudah kita temui di toko-toko buah, pasar tradisional ataupun supermarket.

KANDUNGAN, MANFAAT DAN KHASIAT SERTA EFEK SAMPING KOMSUMSI BUAH NANASSelain uraian tersebut diatas masih terdapat beberapa penjelasan mengenai kandungan, manfaat dan khasiat serta efek samping buah nanas, diantaranya yaitu ;
kandungan yang terdapat dalam buah nanas dan juga khasiat apa yang yang diperoleh tubuh apabila mengkonsumsi buah nanas.



Kandungan yang terdapat dalam buah nanas :
  • Nanas tinggi akan vitamin dan mineral

Vitamin yang terdapat dalam buah nanas diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Flavonoid dan antioksidan.  Sementara mineral yang terkandung didalamnya yaitu fosfor, kalium dan mangan.
  •  Nanas memiliki kandungan enzim Bromelain

Enzim ini berfungsi sebagai anti-inflamasi. Selain itu enzim ini akan sangat berfungsi apabila bercampur dengan rempah-rempah seperti kunyit. Enzim bromelain memiliki fungsi sebagai pengurang rasa nyeri pada sendi  yang disebabkan asam urat, mengatasi sakit tenggorokan, mengatasi pembengkakan setelah operasi, dan enzim ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan.
Dengan adanya kandungan yang terdapat dalam buah nanas, maka dapat kita peroleh khasiat atau manfaat bagi tubuh apabila kita mengkonsumsi buah nanas sesuai anjuran.
Khasiat atau manfaat yang kita peroleh diantaranya yaitu :
  1.  Nanas menjaga kesehatan mata, nanas memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk selalu menjaga kesehatan mata kita.
  2. Nanas sebagai peningkat daya kebal tubuh terhadap penyakit, karena mengandung vitamin C yang lumayan tinggi sehingga mampu memperkuat daya tahan tubuh,  mencegah bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh.
  3.  Nanas melindungi kesehatan gusi dan mulut, juga karena kandungan vitamin C yang tinggi yang ada di dalamnya.
  4. Nanas mengatasi permasalahan pencernaan, meredakan asam lambung yang naik, juga mengatasi sembelit.
  5. Nanas membantu menguatkan tulang,  tingginya kalsium  yang terkandung di dalam buah nanas menjadikan buah ini sebagai alternatif untuk menambah  kekuatan tulang.
  6. Nanas mampu mencegah mual, pada awal masa-masa kehamilan biasanya perempuan mengalami mual. Untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi nanas dengan cara dibuat jus,  namun harus diperhatikan bahwa nanas yang dikonsumsi harus yang sudah masak dan tidak boleh melebihi batas yang dianjurkan.
  7. Nanas dapat mengatasi masalah kulit, kulit yang mengelupas maupun kulit yang bersisik dapat dihilangkan dengan membuat parutan nanas dan lalu dioleskan pada kulit yang bermasalah.
  8. Nanas membantu menurunkan berat badan, karena nanas memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan.

Banyak sekali manfaat atau khasiat yang kita dapatkan dari buah nanas, namun selain manfaat yang kita peroleh ternyata buah nanas memiliki efek samping lain jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.
Efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi buah nanas diantaranya :
  1. Menaikkan kadar gula darah, buah nanas yang sudah masak memiliki kadar gula yang lumayan tinggi, sehingga bagi para penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan atau bila dimungkinkan jangan mengkonsumsinya sama sekali.  
  2. Dapat menimbulkan rasa gatal, biasanya akan timbul rasa gatal pada sekitaran area mulut dan lidah setelah kita mengkonsumsi buah nanas. Untuk mengatasi agar tidak gatal maka sebaiknya kita mencucinya terlebih dahulu dalam larutan air garam.
  3.  Nanas muda dipercaya dapat menggugurkan kandungan yang masih dalam trimester awal. Karena nanas muda dapat berfungsi sebagai abortivun yaitu sejenis obat yang mampu meluruhkan kandungan yang masih muda. Maka dari itu nanas sering juga digunakan untuk mengatasi terlambat datang bulan pada perempuan. Namun bagi ibu hamil yang usia kandungannnya masih rentan tidak diperbolehkan mengkonsumsi nanas muda. Boleh makan nanas tap yang sudah masak dan dibuat jus serta dalam dosis yang wajar tidak berlebihan.


Demikian beberapa Kandungan, Manfaat Dan Khasiat Serta Efek Samping  Komsumsi Buah Nanas, semoga bermanfaat. Silahkan share dan berbagi informasi.