KANDUNGAN, KHASIAT DAN MANFAAT DAUN BELUNTAS BAGI TUBUH MANUSIA

Kandungan, Khasiat Dan Manfaat Daun Beluntas Bagi Tubuh Manusia-Sebagian besar masyarakat belum mengetahui bagimana bentuk dan pemanfaatan dari daun ini. Daun ini juga sering di sebut dengan daun luntas. Bagi masyarakat di pedesaan biasanya tumbuhan yang memiliki banyak sekali cabang dan daunnya yang sangat rimbun ini digunakan sebagai tanaman pagar dan bahkan juga ada yang memanfaatkannya sebagai salah satu bahan makanan.

KANDUNGAN, KHASIAT DAN MANFAAT DAUN BELUNTAS BAGI TUBUH MANUSIABeluntas biasanya yang sering digunakan adalah bagian daun dan bagian akarnya. Penggunaannya bisa langsung dimakan segar atupun diolah terlebih dahulu. Lantas apa khasiat yang kita peroleh dari daun beluntas bagi kesehatan tubuh kita ? akan tetapi sebelum kita membicarakan perihal khasiat atau manfaatnya bagi tubuh, ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu zat-zat apa yang terdapat didalamnya sehingga membuat daun beluntas menjadi sangat berkhasiat bagi tubuh kita.


Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam daun beluntas diantaranya yaitu :
  •   Asam amino
  •  Alkaloid
  • Flavonoida
  •  Fosfor
  • kalsium
  • Lemak
  • Magnesium
  • Minyak atsiri
  • Natrium
  • Tanin
  • Vitamin A dan C

Berbagai kandungan yang terkandung di dalam daun beluntas membuatnya memiliki manfaat  yang sangat berkhasiat bagi tubuh kita.
Khasiat atau manfaat apa saja yang kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi daun beluntas, diantaranya adalah :
  1. Beluntas mampu mengatasi keluhan bau mulut dan juga bau badan. Untuk mengatasi bau mulut dan bau badan kita dapat menggunakan daunnya sebagai lalapan. Namun sebaiknya sebelum dimakan daun beluntas tersebut di kukus terlebih dahulu. Dengan penggunaan yang rutin dan teratur niscaya bau mulut maupun bau badan dapat teratasi.
  2. Beluntas sebagai anti bakteri. Berdasarkan penelitian, berbagai jenis bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh kita dapat dicegah dengan mengkonsumsi beluntas. Bakteri pathogen seperti E. coli dan bakteri lain penyebab keracunan makanan yang dapat mengakibatkan diare juga dapat diatasi dengan beluntas.
  3. Beluntas membantu mengatasi masalah pencernaan pada anak-anak. Bagi anak-anak yang memiliki keluhan susah makan dan masalah pencernaan dapat menggunakan beluntas untuk mengatasinya. Biasanya daun beluntas dicampurkan dalam makanan ataupu dibuat sayur. Atau ada juga yang menggunakannya sebagai bahan cekok.
  4. Beluntas mengatasi masalah kewanitaan. Permasalahan yang sering dihadapai oleh para perempuan adalah keputihan dan rasa nyeri pada saat datang bulan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi daun beluntas. Yaitu dengan cara daun beluntas dicuci bersih kemudian direbus dengan air lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat, dilakukan secara teratur.
  5. Beluntas sebagai penurun demam. Untuk mengatasi demam pada anak-anak dapat menggunakan daun beluntas dengan cara dibuat minuman. Caranya adalah daun beluntas dicuci bersih, direbus kemudian disaring, airnya diminum pagi dan sore.  Atau dapat juga dengan di makan, namun terlebih dahulu dicuci bersih lalu direbus, kemudian dimakan menggunakan nasi, pagi dan sore hari.
  6. Beluntas mengatasi tekanan darah tinggi. Daun beluntas dicuci bersih, kemudian direbus, air rebusan tersebut lalu diminum secara rutin tiga kali sehari.
  7. Beluntas mengatasi TBC kelenjar leher. Cara yang dilakukan adalah setelah daun dicuci bersih lalu ditambahkan rumput laut, kemudian dibuat tim hingga lunak, lalu di makan.



Demikian penjabaran mengenai Kandungan, Khasiat Dan Manfaat Daun Beluntas Bagi Tubuh Manusia, zat-zat yang terkandung di dalam daun beluntas, dan juga apa saja khasiat dan manfaat yang kita peroleh apabila mengkonsumsinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.