CARA PRAKTIS MENGECILKAN PORI-PORI WAJAH

Cara Praktis Mengecilkan Pori-Pori Wajah, bagi kebanyakan perempuan pori-pori yang besar selalu menjadi hal yang mengganggu. Pori-pori yang besar dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut bisa dari dalam maupun dari luar.
Faktor-faktor yang menyebabkan pori-pori membesar atau terlihat sangat jelas diantaranya adalah : 
  1. Produksi sebum yang berlebih pada kulit
CARA PRAKTIS MENGECILKAN PORI-PORI WAJAHSebum merupakan minyak alami yang diproduksi untuk menjaga kelembaban kulit. Namun apabila produksinya sudah berlebih maka dapat mengganggu. Produksi sebum berlebih biasanya disebabkan oleh faktor hormon. Yang sering mengalaminya adalah para remaja yang memasuki usia pubertas, para wanita yang tengah hamil, wanita yang mengkonsumsi pil KB, atau juga wanita yang sedang datang bulan. Hormon yang berlebihan tersebutlah yang menyebabkan sebum berlebih sehingga pori-pori wajah juga semakin terlihat.
  1. Malas membersihkan wajah
Kulit membutuhkan pori-pori untuk bernapas. Apabila kulit tersumbat oleh kotoran-kotoran seperti debu, lemak juga sebum, maka yang terjadi adalah akan sangat mudah muncul jerawat maupun komedo. Penimbunan kotoran pada pori-pori inilah yang menyebabkan pori-pori terlihat lebih terbuka atau lebih besar.
  1. Pemencetan jerawat
Memiliki jerawat ataupun komedo memang menjengkelkan. Namun jangan pernah untuk memencetnya, karena apabila jerawat atau komedo dipencet justru akan membuat pori-pori terbuka sehingga akan semakin jelas tampilannya.
  1. Faktor usia
Lubang pori-pori akan semakin membesar seiring bertambahnya usia seseorang. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan produktivitas kelenjar minyak semakin berkurang.
  1. Faktor genetik atau keturunan
Faktor keturunan atau faktor genetik juga turut berperan sebagai penyebab pori-pori yang besar atau terlihat. Coba telisik urutan keluarga anda, apabila nenek memiliki pori-pori besar, ada kemungkinan anda juga mempunyai pori-pori yang besar. Apabila faktor genetik sebagai penyebabnya, maka bisa dipastikan tidak ada produk kecantikan yang dapat mengecilkan pori-pori yang besar tersebut. Jalan satu-satunya adalah dengan menyamarkan pori-pori yang besar tadi dengan concealer.
Apabila kita sudah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan pori-pori membesar atau melebar, maka kemudian kita harus tahu bagaimana cara mengatasi pori-pori yang besar tersebut.
Cara Praktis untuk mengecilkan pori-pori diantaranya adalah :
  1. bersihkan wajah setelah memakai make-up dan bepergian
Secapek apapun anda, tetap usahakan meluangkan waktu untuk membersihkan riasan muka. Meskipun hanya berada didalam kamar tetapi tetap saja ada debu yang menempel. Apalagi seharian berada di luar ruangan, maka harus rutin untuk membersihkan wajah. Gunakan pembersih, toner dan masker untuk membersihkan wajah dari segala kotoran, baik make-up maupun debu dan kotoran yang menempel.
  1. Pilih produk yang sesuai
Pemilihan produk yang sesuai dapat mengatasi permasalahan pori-pori yang besar. Pilihlah sabun muka dan pelembab yang memiliki bahan dasar Salicylic Acid dan juga Algae Extract. Kedua bahan tersebut dapat bekerja secara efektif pada permukaan kulit sehingga dapat membuat tampilan pori-pori menjadi lebih kecil dalam waktu yang lumayan lama. Kulit juga nampak halus dan tidak berkesan mengkilap.
  1. Hindari panas matahari secara langsung
Apabila hendak bepergian keluar rumah, lindungi kulit dari terpaan sinar matahari yang terik. Gunakan payung atau jaket dan juga gunakan krim tabir surya agar kulit tetap terlindungi.
Selain cara-cara tersebut diatas, cara praktis mengecilkan pori-pori kita juga dapat menggunakan bahan-bahan alami atau cara-cara yang mudah yang dapat kita gunakan untuk mengecilkan pori-pori.
Cara praktis mengecilkan pori-pori wajah dapat juga menggunakan es batu untuk mengompres wajah, putih telur dan tomat sebagai masker, jeruk nipis, campuran madu, gula dengan minyak zaitun, campuran apel dan mentimun.

[Baca : Gigi Rusak, Apa Penyebabnya]

Lakukan perawatan-perawatan tersebut secara rutin dan telaten, niscaya pori-pori yang besar akan mengecil.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.