LEBIH CANTIK DENGAN GIGI TERAWAT

Lebih Cantik Dengan Gigi Terawat-kebanyakan wanita beranggapan bahwa yang membuat seorang menjadi cantik adalah terletak pada rambut ataupun wajah serta kulit yang halus terawat. Namun ternyata ada hal yain yang dapat membuat seorang wanita tampil lebih cantik dan menarik, yaitu adalah gigi yang terlihat bersih dan terawat.
LEBIH CANTIK DENGAN GIGI TERAWATBiasanya seorang wanita yang ingin tampil cantik dan menarik adalah dengan pergi ke salon atau dapat juga dengan melakukan perawatan sendiri di rumah. Terutama merawat wajah, rambut dan kulit. Namun ada hal khusus yang wajib wanita ketahui, untuk menunjang agar tampilan menjadi cantik dan menarik, yaitu adalah perawatan gigi. Kecantikan akan lebih sempurna apabila ditunjang dengan gigi yang sehat dan terawat. Tentunya para wanita tidak menginginkan gigi yang dimiliki rusak atau buruk, hingga mengalami sakit gigi. Karena selain tidak mengenakkan, tentunya dapat mengurangi nilai kecantikan wanita tersebut.
Lantas bagaimana merawat dan memelihara agar gigi senantiasa sehat, bersih dan cantik? berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti atau dilakukan.
  1. Pemilihan sikat gigi
Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih sikat gigi. Diantaranya adalah : pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut atau tidak begitu keras, lembek dan jarang. Dengan pemilihan sikat yang benar diharapkan dapat memaksimalkan pembersihan gigi. Selain itu menyikat gigi juga harus benar dan rutin atau teratur.
  1. Menyikat gigi dengan benar
Perhatikan ujung sikat gigi dan ujung bulu sikat sedekat mungkin. Apabila ujung sikat gigi sudah mentok ke bagian belakang, tapi bulu sikat tidak kena gigi, berarti ada bagian gigi yang tidak tersikat dengan baik. Hal tersebut dapat mengakibatkan gigi geraham bungsu menjadi tidal sehat. Cara yang benar dilakukan adalah gerakan sikat gigi secara vertikal dari arah gusi  menuju ujung gigi. Sementara untuk rahang atas ke bawah dan untuk rahang bawah, dari bawah ke atas. Untuk bagian permukaan, luar dan dalam yang biasanya untuk mengunyah, menyikatnya harus dengan teliti, usahakan tidak keras namun mantap. Gusi pun demikian juga harus disikat, supaya sisa-sisa makanan yang terdapat dileher gigi hilang. Secara tidak sadar menyikat gusi sama juga telah melakukan pemijatan gusi, sehingga gusi juga menjadi sehat, tidak gampang berdarah dan kenyal. Dan juga dengan tidak langsung menyikat gusi telah dapat mencegah munculnya karang gigi.
  1. Hindari makanan yang merusak gigi
Makanan-makanan manis seperti permen, dodol, cokelat dan yang sejenis lainnya, dapat berakibat merusak gigi. Oleh karenanya apabila setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sebaiknya langsung berkumur ataupun menyikatnya. Karena jika tidak maka sisa-sisa makanan tersebut dapat tertinggal dan mengakibatkan gigi rusak. Tidak beda jauh dengan cokelat dan permen, teh, kopi ataupun minuman-minuman ringan yang mengandung soda dan juga rokok, juga dapat menipiskan lapisan pada gigi yang biasa disebut Stain, yang mengakibatkan gigi berubah warna menjadi kecoklat-coklatan dan menjadi terlihat kusam. Lapisan stain yang terdapat pada lapisan gigi bersifat kasar sehingga sisa-sisa makanan ataupun kuman sangat mudah menempel, sehingga akan terbentuk plak, yang apabila tidak dibersihkan akan menjadi keras sehingga menimbulkan karang gigi dan dapat merambat ke akar gigi. Apabila telah mencapai akar gigi maka gigi akan lebih mudah goyang dan berdarah atau juga menjadi mudah patah. Apabila dibiarkan terus menerus akan menimbulkan bengkak pada gigi atau yang biasa disebut dengan abses. Maka dari itu biasakan selalu untuk berkumur maupun menyikat gigi setelah makan ataupun minum.
[Baca : Gigi rusak, Apa Penyebabnya? ]

  1. Waspada terhadap perubahan warna gigi
Pernahkah kita menyadari apabila warna gigi kita mengalami perubahan warna, bisa berubah menjadi kecoklatan ataupun kuning karena mengkonsumsi kopi, teh ataupun rokok yang setiap hari kita konsumsi?perubahan-perubahan yang demikian dapat ditanggulangi dengan pemutih gigi. Akan tetapi apabila yang terjadi adalah pembentukan karang gigi, maka tidak dapat secara langsung untuk dihilangkan dengan pemutih. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membersihkan karang giginya. Beda lagi penangannya apabila warna gigi yang berubah menjadi kusam karena faktor usia. Tidak dapat juga diputihkan secara langsung dengan pemutih, harus ada lapisan-lapisan lain yang digunakan agar gigi terlihat cantik kembali. Yaitu dengan kosmetika-kosmetika gigi seperti selongsong porcelain, tambal ataupun juga dengan cara membentuk kembali gigi.
Jadi bagi para wanita kecantikan itu tidak hanya dipandang dari rambut, wajah ataupun kulitnya. Lebih Cantik Dengan Gigi Terawat kebersihan dan kesehatan gigi juga ikut mempengaruhi kecantikan para wanita semua. Untuk itu rawatlah gigi agar senantiasa sehat dan segar, sehingga akan menambah kecantikan.

Semoga bermanfaat.