5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

5 Obyek Wisata Di Klaten Yang Wajib Dikunjungi -Klaten merupakan kota kecil yang masih ikut Provinsi Jawa Tengah, terletak diantara dua kota besar kebudayaan yaitu Yogyakarta dan Surakarta (Solo). Wilayah Klaten juga terletak di sepanjang atau disekitaran jalan Yogya –Solo yang menghubungkan kedua kota tersebut. Namun ternyata belum banyak yang mengetahui jika kota Klaten menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner sampai dengan wisata religi, baik itu wisata alam asli maupun wisata buatan.
Berikut akan dijabarkan beberapa obyek wisata yang terdapat di wilayah Klaten.
1. Candi Sewu

5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGICandi ini terdapat dikompleks Candi Prambanan, karena konon kabarnya kompleks Candi Prambanan di bagi untuk dua wilayah yaitu wilayah Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah.  Candi Sewu merupakan candi Budha, yang oleh umat Budha digunakan untuk melakukan ritual dan upacara adat seperti halnya Candi Borobudur dan Candi Mendhut di Magelang. Selain Candi Sewu masih banyak terdapat candi lain yang terdapat di wilayah Klaten, terutama wilayah Prambanan. Diantaranya yaitu : Candi Plaosan dan  Candi Sojiwan serta Candi Merak di karangnongko.
2. Pabrik Gula Gondang Winangoen

5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGIObyek wisata ini paling dekat dengan jalan Yogya – Solo, karena letaknya persis di jalan Yogya – Solo. Pabrik gula yang terletak di desa Gondang ini luasnya mencapai hampir seratus hektar mampu menyerap banyak tenaga kerja. Selain terdapat pabrik gula di lingkungan ini juga terdapat museum gula yang konon merupakan pabrik gula tebesar se-Asia Tenggara. Kita dapat menemui berbagai macam hal yang berkaitan dengan proses produksi gula. Mulai dari alat-alat pembuatan tebu, diorama perkebunan tebu dan pabriknya, foto-foto bersejarah tempo dulu juga terdapat alat komunikasi yang sudah tua serta lokomotif pengangkut tebu pada masa dahulu. Selain terdapat museum gula di kompleks pabrik gula ini juga terdapat wahana permainan untuk anak dan keluarga yang bernama Green Park. Wahana ini menyajikan sisi lain dari pabrik gula, karena didalamnya terdapat arena permainan untuk anak-anak juga keluarga. Selain itu kita dapat menikmati pemandangan di sekitar pabrik gula dengan naik kereta yang dikhususkan untuk wisatawan. Terdapat juga auditorium atau gedung serbaguna yang disewakan untuk masyarakat luas. Ada juga restoran atau kafe dan juga rest area atau tempat peristirahatan bagi yang bepergian yang terletak tepat dipinggir jalan Yogya-Solo. Rest area tersebut berada disekitaran pohon beringin dan terdapat air mancur kecil yang menambah asri dan sejuknya suasana, sehingga rasa capek akan cepat hilang.
3. Rowo Jombor

5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGIRowo Jombor terdapat di desa Krakitan kecamatan Bayat, menyajikan pemandangan alam yang indah dan terdapat rawa yang lumayan besar. Oleh masyarakat sekitar rawa tersebut dimanfaatkan untuk saluran irigasi dan juga ada yang memanfaatkannya untuk memelihara ikan didalam terumbu. Karena banyaknya warga yang memelihara ikan maka kemudian dibuatlah warung-warung terapung yang terletak diatas rawa. Warung-warung tersebut menyajikan hidangan dengan menu khas ikan air tawar hasil budidaya warga. Dengan banyaknya warung terapung yang terdapat di Rowo Jombor maka tempat ini sering juga disebut dengan warung apung.
4.Pemandian Cokro Tulung
5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Pemandian Cokro berasal dari mata air Umbul Ingas yang sebenarnya tertutup dan berada di sudut lain pemandian ini. Di pemandian ini terdapat wahana permainan seperti waterboom yang dapat memuaskan pengunjung apabila berkunjung ke pemandian ini. Pemandian ini sangat ramai pengunjung menjelang puasa atau Ramadhan, karena biasanya warga sekitar melakukan ritual padusan atau membersihkan diri. Namun tidak hanya menjelang puasa saja pemandian ini ramai pengunjung, liburan akhir pekan juga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk refresing.      
5. Wisata Religi
5 OBYEK WISATA DI KLATEN YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Ada beberapa wisata religi yang terdapat di daerah Klaten. Wisata religi yang terkenal terdapat di kawasan Bayat. Yaitu makam Ki Ageng Pandanaran,  merupakan salah seorang tokoh penyebar agama Islam yang merupakan murid dari Sunan Kalijaga.  Di kompleks makam ini akan kita temui gapura yang merupakan peralihan budaya dari budaya Hindu ke budaya Islam.

Demikian 5 Obyek Wisata Di Klaten Yang Wajib Dikunjungi ,beberapa acuan mengenai obyek-obyek wisata yang terdapat di Klaten. Semoga dapat menjadi referensi, silahkan bagikan. Jika anda ada referensi lainnya, tambahkan di komentar.