MEMANFAATKAN KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN

Memanfaatkan Kumis Kucing Untuk Kesehatan-Bentuk bunganya memang seperti kumis kucing, maka dari itu tanaman ini disebut kumis kucing. Tanaman ini berasal dari keluarga Lamiaceae / Labiatae. Konon kabarnya tanaman ini berasal dari wilayah tropis Afrika yang kemudian menyebar ke seluruh wilayah Asia maupun Australia. Termasuk sampai juga di wilayah negara kita.
Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini sebagai tanaman obat, terutama sebagai pengobatan alternatif selain pengobatan medis. Pemanfaatan tanaman ini bisa dalam kondisi basah ataupun juga dapat dikeringkan terlebih dahulu. 
MEMANFAATKAN KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN

Di dalam tanaman kumis kucing diketahui memiliki beberapa zat yang mengakibatkan tanaman ini sangat berkhasiat bagi pengobatan non medis. Senyawa-senyawa kimia yang terdapat didalam tanaman kumis kucing tersebut diantaranya adalah : saponin, minyak asiri, zat samak, minyak lemak, orthosiphonglikosida, sapofonin, myoinositol.
Karena memiliki senyawa-senyawa kimia yang berkhasiat tersebut maka tanaman kumis ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Khasiat atau manfaat yang diberikan oleh tanaman kumis kucing ini antara lain adalah :  
1.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati masuk angin.
Tanaman kumis kucing dapat mengatasi masuk angin. Apabila kita terserang masuk angin, maka cara yang dilakukan adalah dengan merebus daun kumis kucing kurang lebih satu sendok makan dengan menggunakan air kurang lebih satu gelas air. Rebus sampai mendidih hingga hanya tersisa kurang lebih setengah gelas air rebusan. Kemudian saring dan langsung diminum.
2.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang atau nyeri encok.
Penyakit yang biasanya mendera orang-orang dewasa ataupun juga manula ini bisa juga diatasi dengan mengguanakan ramuan dari tanaman kumis kucing. Cara yang dilakukan adalah dengan : ambil daun kumis kucing kurang lebih sebanyak tujuh lembar kemudian akar kumis kucing sebanyak kurang lebih dua, lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak satu gelas, rebuslah sampai mendidih hingga tersisa kurang lebih setengah gelas, diamkan terlebih dahulu agar dingin lalu disaring dan langsung diminum. Lakukan secara rutin sesuai anjuran.
3.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati keputihan.
Bagi para perempuan memiliki keluhan keputihan memang sangat tidak mengenakkan. Keputihan dapat terjadi karena adanya infeksi kuman pada area kewanitaan. Untuk mengatasi keputihan dengan tanaman kumis kucing caranya adalah : ambillah beberapa lembar daun kumis kucing beserta beberapa lembar daun beluntas, dicuci bersih kemudian direbus dengan air, lalu tambahkan kurang lebih satu sendok the biji jinten dan 10 biji tanaman kemukus. Rebuslah sampai mendidih, setelah mendidih diamkan terlebih dahulu, setelah dingin saring lalu diminum rutin sesuai anjuran yang diberikan.

4.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati batu ginjal.
Penyakit batu ginjal biasanya terjadi dikarenakan karena adanya penyumbatan pada saluran kencing. Sehingga mengakibatkan terjadinya radang dan membuat rasa nyeri pada saat buang air kecil. Penyumbatan yang terjadi pada saluran kemih dapat terjadi apabila ada kelebihan kalsium dalam tubuh atau juga karena menderita asam urat. Langkah yang dilakukan untuk mengatasi gangguan batu ginjal dengan menggunakan tanaman kumis kucing adalah dengan cara : ambil kurang lebih dua puluh (20) lembar daun kumis kucing dan juga kurang lebih lima (5) lembar daun keji beling. Cuci bersih terlebih dahulu baru kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak dua (2) gelas. Rebus hingga mendidih, lalu saring dan diminum secara teratur sesuai anjuran.
5.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati sakit gula (diabetes).
Penyakit ini disebabkan karena kandungan gula dalam darah seseorang meningkat. Penyakit diabetes sering juga disebut dengan penyakit kencing manis. Untuk mengobati diabetes dapat dilakukan dengan cara : cuci bersih kurang lebih 15 lembar daun kumis kucing, kemudian direbus dengan menggunakan dua gelas air, rebus hingga mendidih dan tinggal tersisa kurang lebih satu gelas saja, baru kemudian disaring dan minum seperti yang sudah dianjurkan secara rutin.
6.    Kumis kucing bermanfaat untuk mengobati syph*lis ( raja singa).
Penyakit raja singa merupakan penyakit yang menyerang organ kemaluan baik pria maupun wanita. Penyakit ini menular, dan penularannya biasanya karena hubungan s*ksual. Penyakit ini juga dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan dari tanaman kumis kucing. Cara yang dilakukan adalah : ambil beberapa lembar daun kumis kucing dan juga beberapa lembar daun alang-alang, cuci bersih terlebih dahulu baru kemudian direbus, setelah mendidih tunggu hingga tersisa kurang lebih untuk takaran satu gelas, dinginkan dan disaring lalu diminum.
Demikian Memanfaatkan Kumis Kucing Untuk Kesehatan beberapa penjabaran mengenai kandungan senyawa dan khasiat dari tanaman yang bernama kumis kucing. Setelah kita mengenalnya semoga kita dapat memanfaatkannya.