TANAMAN PERDU ATAU TANAMAN HIAS YANG MENYEHATKAN

Tanaman Perdu Atau Tanaman Hias Yang Menyehatkan-Tanaman perdu atau lebih sering dikenal dengan sebutan tanaman hias, tidak hanya sedap dipandang mata, tidak hanya membuat ruangan atau lahan menjadi lebih sejuk dan asri namun juga ternyata tanaman perdu atau tanaman hias juga dapat membuat rumah menjadi lebih sehat. Tanaman-tanaman tersebut selain sebagai penghias ruangan juga bermanfat sebagai polutan. Yaitu mampu menyerap racun-racun atau gas-gas beracun yang ada diudara didalam rumah.
TANAMAN PERDU ATAU TANAMAN HIAS YANG MENYEHATKANBerdasarkan penelitian di Amerika, terdapat beberapa tanaman perdu atau tanaman hias yang dapat menyerap gas berbahaya maupun polutan seperti :  nitrogen oksida, xilena, benzene, formaldehida, dan beraneka zat-zat kimia berbahaya lainnya yang berada diudara. Sehingga dengan adanya tanaman-tanaman perdu atau tanaman hias ini dapat membuat ruangan menjadi lebih bersih dan juga lebih sehat untuk keluarga.
Beberapa tanaman perdu atau tanaman hias yang menyehatkan tersebut diantaranya adalah :
  1. Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata)
Bentuk tanaman ini sangat khas dan dapat dengan mudah dikenali. Beberapa jenis gas beracun yang dapat diserap oleh tanaman ini adalah : benzene, nikotin, karbonmonoksida, formaldehida, trichloroethylene dan juga dioksin. Tanaman penghias ruangan ini sangat mujarab untuk mengatasi racun-racun udara yang ada dalam ruangan. Hanya dengan lima (5) lembar daun lidah mertua ini mampu membersihkan ruangan dan menyerap racun-racun yang ada dalam ruangan yang memiliki luas 100 m3. 
  1. Palem Bambu
Palem bambu sering juga disebut dengan Palem Kuning. Karena apabila terkena sinar matahari maka daun dan batangnya lebih cenderung berwarna kekuning-kuningan. Tanaman ini sebenarnya untuk diletakkan diluar ruangan, namun kita dapat memanfaatkannya untuk diletakkan didalam ruangan dengan menanamnya di dalam pot. Tanaman palem kuning ini bermanfaat untuk menyerap racun dari furniture-furniture yang ada di dalam ruangan. Juga dapat menyerap polutan dari asap rokok.
  1. Gerber Daisy (Gerbera Jamesonii)
Tanaman perdu atau tanaman hias ini biasanya ditanam didalam pot dan diletakkan didalam ruangan. Tanaman ini mempunyai bunga yang berwarna-warni, maka dari itu biasanya tanaman hias yang satu ini dimanfaatkan sebagai bunga potong, sama seperti bunga tulip, anyelir, mawar ataupun seruni. Namun apabila diletakkan didalam ruangan maka manfaat yang kita peroleh adalah racun trichloroethylene dapat terserap. Tanaman hias ini akan lebih cocok lagi apabila ditempatkan di kamar tidur, kamar mandi ataupun ruangan cuci.
  1. Bunga Peace Lily (Spathiphyllum)
Polutan-polutan didalam ruangan seperti : benzena, xilena, toluena dan formaldehida dapat diserap oleh tanaman perdu yang satu ini. Tanaman yang memiliki daun yang panjang dan berwarna agak gelap ini memiliki bunga yang biasanya berwarna putih atau merah. Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan didalam ruangan karena tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari yang banyak. Namun tanaman ini sangat banyak menyerap air dan mampu menyerap gas beracun dalam ruangan.
  1. Sirih Gading ( Epipremnum Aureum)
Tanaman perdu ini dapat dikatakan sebagai tanaman asli dari Indonesia. Sirih gading dapat  bermanfaat untuk meyerap polutan apabila diletakkan di dalam ruangan, terutama menyerap asap rokok. Meskipun tanaman ini sedikit merambat namun peranannya dalam penyerapan polutan sangat bagus.
  1. Dragon Tree (Dracaena Marginata)
Tanaman perdu atau tanaman hias ini berasal dari Madagaskar. Dan tanaman perdu ini masuk kedalam golongan tanaman semak. Namun apabila tanaman ini diletakkan didalam ruangan maka dapat berfungsi sebagai penyerap racun. Racun-racun yang berasal dari pernis, bensin ataupun lak dapat terserap oleh tanaman ini.
  1. English Ivy (Hedera Helix)
Tanaman perdu atau tanaman hias ini sering disebut juga dengan European Ivy. Berdasarkan penelitian tanaman perdu yang satu ini juga mampu mengatasi polutan yang ada didalam ruangan. Udara-udara kotor yang ada dalam ruangan dapat terserap oleh tanaman ini. Selain itu zat yang bernama formaldehida juga dapat diserap oleh tanaman ini. Zat beracun ini biasanya terdapat pada beberapa peralatan  rumah tangga.
Tanaman Perdu Atau Tanaman Hias Yang Menyehatkan -Tanaman perdu atau tanaman hias ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memiliki tanaman-tanaman perdu seperti diatas. Karena selain menambah keindahan dan kesejukan, kita juga dapat merasakan lebih dekat dengan alam. Dan juga kesehatan keluarga juga tetap terjaga.
Semoga bermanfaat.