SEBAIKNYA KAPAN SI KECIL MENGENAL KOMPUTER ?

Sebaiknya Kapan Si Kecil Mengenal Komputer-Pada zaman sekarang ini, dimana semua kalangan telah mengenal dan menggunakan komputer, sangat tidak mungkin untuk melarang anak kita untuk ikut menggunakan komputer. Apabila kita melarangnya sama saja dengan kita mengajarkan mereka untuk jalan mundur. Karena tanpa kita sadari banyak keuntungan yang anak peroleh jika kita ajak untuk belajar komputer secara bijak dan benar.
SEBAIKNYA KAPAN SI KECIL MENGENAL KOMPUTER ?Generasi pada masa sekarang ini adalah generasi yang tidak hanya maju dalam pemikiran namun juga harus maju dalam memanfaat berbagai macam perangkat teknologi canggih seperti komputer.   

MANFAAT SEJAK DINI
Berdasarkan penelitian di salah satu universitas di Amerika, membuktikan bahwa anak-anak pra-sekolah yang telah secara rutin mengakses komputer di sekolah ataupun di rumah, menunjukkan nilai IQ dan nilai tes kesiapan bersekolah yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang belum atau tidak mengakses komputer.
Keuntungan yang kita peroleh diantaranya :
  1. mengenalkan beragam bentuk dan warna, melatih visual anak
  2. memperkenalkan berbagai bunyi atau pun suara ( auditorial)
  3. memperluas kemampuan anak mengenal banyak kosakata baru
  4. melatih daya pikir anak saat melakukan tugas
  5. mampu mengandalikan gerak motorik anak, pada saat menekan keyboard atau menggerakan mouse
  6. meski terkadang melakukan kesalahan dalam penggunaan komputer, namun anak tidak malu atau takut, tapi justru ingin mencoba kembali, sehingga tumbuh rasa percaya diri pada anak dari proses trial and error ini
  7. bagi anak belajar akan semakin menyenangkan karena tidak hanya berbentuk tulisan, namun juga dapat berupa gambar dan suara yang lebih menarik

PISAU BERMATA DUA
Teknologi bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi memiliki manfaat untuk memperkaya wawasan anak dan pengetahuan anak, namun di sisi lain ada nuansa negatif yang terkandung di dalamnya. Tanpa ada saringan dan kontrol yang kuat dari orangtua, yang didapat hanyalah kerugian bukan keuntungan. Maka dari itu orangtua lah yang memiliki peranan yang sangat kuat dalam pengendalian anak menggunakan komputer.
Orangtua harus memiliki aturan-aturan main yang tentunya harus ditaati oleh anak, diantaranya adalah :
1. pembatasan waktu
Anak-anak terutama balita memang harus memiliki batasan waktu dalam penggunaan komputer. Pembatasan waktu sangat penting diterapkan karena, layar elektronik pada komputer memungkinkan mata anak untuk menangkap berbagai gelombang sinar yang dapat menganggu kesehatan mata. Gangguan ini dapat ditentukan dari jenis sinar/panjang gelombang, intensitas/lamanya sinar tersebut ditangkap oleh mata. Jadi anak baiknya untuk membatasi anak dalam menggunakan komputer paling tidak satu jam setiap hari. Yang terpenting anak sudah terlihat senang, lalu berhentikan.
Selain menjaga kesehatan mata anak, pembatasan waktu sangat diperlukan agar anak tidak menghabiskan waktu hanya di depan komputer saja. Berikan kegiatan-kegiatan lainnya juga agar gerak tubuh anak tetap seimbang.
2. ada pembimbing
Di dalam penggunaan komputer, orangtua harus berperan mendampingi anak, agar penggunaannya terarah. Temani dan bimbing anak agar anak paham betul apa yang sedang dia lakukan. Selain itu pendampingan diperlukan agar anak lebih fokus tidak tergoda untuk mengerjakan hal lainnya.
3. jangan membebani anak
Jangan memberi beban kepada anak atau juga memberikannya target. Semisal sebelum usianya 5 tahun, dia harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung, atau juga harus sudah bisa berbahasa Inggris.
Biarkanlah anak hanya sekedar tahu dulu apa itu komputer, sebagai media untuk bermain dan belajar. Yang terpenting adalah anak merasa senang tidak merasa terbebani dengan hal-hal yang rumit.  
Sebaiknya Kapan Si Kecil Mengenal Komputer ? Jadi mulai sekarang apabila anda memiliki komputer di rumah dan juga anda memiliki anak balita, mulai perkenalkan mereka secara perlahan-lahan. Pergunakan komputer secara benar dan bijak, dan temukan berbagai manfaatnya.
Semoga bermanfaat