TIPS MEMILIH DAN MENGOLAH IKAN

Tips Memilih Dan Mengolah Ikan-Salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein, baik itu protein nabati yang berasal dari tumbuhan maupun protein hewani yang berasal dari hewan. Sebagai contoh sumber protein hewani adalah ikan.

TIPS MEMILIH DAN MENGOLAH IKANIkan sangat bagus untuk tubuh terutama bagi otak, karena mengandung omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak. Namun apabila tidak mengetahui cara memilih dan mengolahnya maka yang terjadi justru akan merusak atau mengurangi nilai gizi yang terkandung didalam ikan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih dan mengolah ikan yang benar :
1. pilihlah ikan segar
Ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah kondisi ikan masih bagus atau tidak. Yaitu yang pertama pastikan warna ikan masih segar, biasanya berwarna kemerahan. Jika ikannya memiliki sirip, siripnya juga harus berwarna merah serta ujung ekornya masih lemas. Jika memungkinkan jangan memilih ikan dalam kondisi yang sudah dibekukan. Pastikan pula badan ikan tidak lembek atau masih keras.
Selain hal tersebut diatas, untuk mengetahui apakah ikan masih segar atau tidak adalah dengan melihat matanya, apakah masih jernih ataukah sudah terlihat buram.
2. menghilangkan bau amis
Aroma amis adalah aroma yang melekat pada ikan. Maka untuk menghilangkan aroma amis tersebut cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh ikan, kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Langkah selanjutnya adalah dengan memberi bumbu yang memiliki aroma dan rasa yang kuat, seperti kunyit, ketumbar, jahe, daun serai ataupun jeruk nipis.
3. cara mengolah ikan
Dibandingkan dengan jenis lauk yang lainnya, ikan memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut. Dimasak sebentar saja ikan akan segera cepat matang, baik digoreng ataupun dimasak dengan metode lainnya.
Tips Memilih Dan Mengolah Ikan agar nilai gizi pada ikan tidak hilang, maka masaklah ikan dengan cepat. Masukkan terlebih dahulu bumbu-bumbunya, baru kemudian ikannya dimasukkan paling terakhir. Dengan begitu kesegaran ikan dan segala nutrisi yang terkandung didalam ikan dapat kita nikmati.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.